520 : Angka Yang Menggambarkan Cinta Dalam Budaya Cina


Apakah kalian tahu bahwa angka 520 dalam budaya Cina memiliki makna "I Love You" ? Bahkan, tanggal 20 Mei menjadi hari yang sangat spesial bagi orang Cina, karena mereka merayakan cinta pada hari ini.

Tanggal 20 Mei juga bisa dikatakan sebagai hari Valentine di Cina. Selama hari yang indah ini, banyak pasangan yang pergi berkencan atau menghabiskan waktu bersama. Dan bagi mereka yang masih lajang, ini menjadi waktu yang tepat untuk menyatakan cinta kepada orang yang mereka sukai. Namun, bagaimana sih angka 520 bisa menjadi kata untuk menyatakan cinta?


Alasan Mengapa Angka 520 Berarti "I Love You"

Bagi kalian pecinta drama Mandarin, pasti pernah menemui angka special 520. Dan kalian mungkin bertanya-tanya, mengapa angka 520 ini bisa berarti I Love You. Ternyata, jawabannya cukup sederhana. Ini semua tentang pelafalan. Saat kalian mengucapkan angka 5 2 0 - 五 二零 wǔ èr líng dalam bahasa Mandarin, bunyinya sangat mirip dengan kata 我 爱 你 wǒ ài nǐ (I Love You). Meski kedengarannya tidak persis sama, tetapi terdengar sangat mirip.

Orang Cina suka menghubungkan kata-kata dan angka yang homofon, dengan makna tersembunyi. Angka 520 awalnya dimulai sebagai kata slang yang digunakan oleh orang Cina secara online, sebagai jalan pintas untuk mengatakan "Aku Mencintaimu" dalam bahasa Cina, sama halnya seperti "I Love You" dalam bahasa Inggris. Kemudian angka ini dikaitkan dengan tanggal 20 Mei (5.20), dan karenanya menjadi hari yang sangat romantis.


Angka-Angka Yang Menggambarkan Cinta Dan Maknanya

Orang Cina memiliki kepercayaan yang kuat dalam hal angka. Kalian mungkin tahu bagaimana beberapa angka dianggap sebagai beruntung dan tidak beruntung dalam budaya Cina. Ternyata, kombinasi angka tertentu juga dapat memiliki arti rahasia loh.

Misalnya, tanggal 2012.12.12 yang tercatat sebagai rekor pernikahan di Cina. Banyak pasangan di Cina yang menikah pada hari istimewa tersebut, karena dikatakan sebagai hari keberuntungan bagi kekasih. Ini dikarenakan dalam bahasa Cina, kalian bisa mengucapkan 12 一二 sebagai yāo èr (ketika berbicara tentang nomor telepon atau jalan dalam bahasa Mandarin, angka 1 diucapkan sebagai yāo, dan bukan ). Bunyi yāo èr ini mirip dengan bunyi 要 爱 yào ài yang artinya menginginkan cinta. Jadi 2012.12.12 berarti "menginginkan cinta, menginginkan cinta, menginginkan cinta". Jelas merupakan hari yang indah untuk menikah, bukan ?!

Kemudian angka 520 yang telah dibahas sebelumnya. Ini berarti 我 爱 你 wǒ ài nǐ, dan merupakan cara yang bagus untuk menyatakan cinta kepada orang yang kalian cintai. Namun, saat melakukannya, pastikan untuk mengucapkan setiap kata satu per satu, karena mengucapkan 5 五 wǔ dan 20 二十 èr shí tidak memiliki arti sama. Juga, berhati-hatilah untuk tidak mencampurkannya dengan 250 二百五 èrbǎiwǔ, angka lain dengan arti khusus yang sama sekali berbeda. Pengucapan èrbǎiwǔ berarti idiot, bodoh.

Jika kalian menyukai gagasan untuk menyatakan kasih sayang dalam angka, kalian juga dapat memanfaatkannya angka 5201314. Mengapa? Seperti yang sudah kalian ketahui, angka 520 adalah kata untuk menyatakan aku mencintaimu, sementara angka 1314 mewakili 一生一世 yīshēng yīshì (seumur hidup). Jadi jika kalian mengatakan 5201314, berarti kalian mengatakan "Aku mencintaimu seumur hidup". Romantis sekali, bukan?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel