Angka Yang Dianggap Beruntung Dan Tidak Beruntung Di Cina


Seperti dalam budaya Barat, setiap angka memiliki arti unik dalam budaya Cina. Beberapa dianggap menguntungkan dan ada pula yang tidak menguntungkan menurut pelafalan angka dan kesamaannya dengan kata lain.

Dalam budaya Cina, angka selalu memainkan peran penting. Orang Cina menganggap kombinasi angka keberuntungan sebagai pertimbangan penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti ketika mereka membeli tempat tinggal, memilih nomor telepon, memilih tanggal upacara pernikahan, bahkan memilih nomor identifikasi untuk kendaraan mereka.

Tidak hanya itu yang terjadi, tetapi orang-orang Cina akan secara khusus menghindari angka sial selama liburan besar, seperti Tahun Baru Cina, atau sebelum ujian besar seperti SAT atau Gaokao. Berikut akan dibahas mengenai daftar angka yang beruntung dan yang tidak beruntung menurut Budaya Cina.


Angka Keberuntungan


2 (二, ÈR)

Orang Cina percaya bahwa ganda membawa berkah. Banyak dekorasi untuk perayaan datang berpasangan, dan hadiah juga diberikan dalam jumlah genap.

Untuk Tahun Baru Imlek, dekorasi diletakkan secara simetris di kedua sisi pintu. Untuk pernikahan tradisional Tiongkok, dekorasi seringkali menyertakan kata (shuāng xǐ), yang merupakan kombinasi dari dua kata (), yang berarti "kebahagiaan". Bisnis juga akan mengulang kata dalam nama dan slogan, berharap membawa keberuntungan.


3 (三, SĀN)

Pengucapan angka 3 terdengar mirip dengan , yang berarti "hidup" atau "melahirkan" dalam bahasa Cina. Budaya Tiongkok menekankan pada keluarga dan anak-anak yang kuat dan sehat, sehingga ini memiliki konotasi positif.

Dalam agama Buddha, yang dipraktikkan secara luas di Cina, 3 adalah angka yang signifikan karena itu melambangkan Buddha, Dhamma, dan Sangha, sehingga orang membunyikan bel tiga kali untuk menyembah Buddha dan berdoa untuk menghilangkan malapetaka dengan 3 batang dupa.


6 (六, LIÙ)

Angka 6 umumnya dianggap beruntung di Cina, karena pelafalannya terdengar seperti (liú), yang berarti "mengalir". Banyak bisnis menampilkan angka 6 untuk membawa keberuntungan. Ada sebuah idiom Cina yang populer, 六 六大 顺 (liù liù dà shùn), yang berarti segalanya akan berjalan lancar.


8 (八, BĀ)

Delapan adalah angka paling beruntung dalam budaya Cina, karena pengucapannya terdengar seperti (fa), yang berarti "kekayaan" dan "makmur". Kelipatan delapan bahkan lebih baik, karena 88 memiliki kemiripan dengan (shuāng xǐ), atau "kebahagiaan ganda".

Karena nomor 8 diyakini membawa keberuntungan, orang Cina akan berusaha keras untuk menggabungkan 8 di mana pun mereka bisa. Banyak maskapai penerbangan di negara-negara berbahasa Cina akan menggunakan kombinasi 8 sebagai nomor penerbangan.


9 (九, JIǓ)

Pelafalan angka 9 terdengar seperti (jiǔ), yang berarti "tahan lama" dan "keabadian" dalam bahasa Cina. Angka 9 juga secara tradisional dikaitkan dengan kaisar Cina. Jubah kaisar memiliki sembilan naga pada mereka, para pejabat diorganisasi dalam sembilan peringkat, dan ada 9.999 kamar di Kota Terlarang di Beijing. Juga merupakan tradisi antara kekasih untuk mengirim 99 atau 999 mawar, yang membawa harapan terbaik untuk 'cinta abadi'.


Angka Tidak Beruntung


4 (四, SÌ)

Empat adalah angka paling tidak beruntung dalam numerologi Cina karena pelafalannya terdengar mirip dengan (), yang berarti "mati". Di Cina, keberadaan angka 4 dihindari di sebagian besar pengaturan publik. Biasanya tombol lift, alamat, nomor telepon, plat nomor, dan nama produk akan menghilangkan nomor 4 karena takut melekat pada nasib buruk.

Rumah dan apartemen yang memiliki angka 4 pada nomor alamat akan dijual dengan harga lebih murah daripada yang tidak. Memberikan apa pun dengan nomor 4 di atasnya kepada seseorang dapat dilihat sebagai ancaman kematian. Angka ini juga dianggap tidak menguntungkan di Jepang dan Korea.


7 (七, QĪ)

Angka 7 juga dapat dianggap sial karena pelafalannya (qī) terdengar seperti , yang berarti “curang” dan "hilang". Selain itu, bulan ke-7 juga dikenal sebagai "bulan hantu" di Tiongkok, tempat hantu dan arwah diyakini bangkit dari neraka untuk mengunjungi bumi. Itulah sebabnya dalam kehidupan sehari-hari, orang Cina biasanya menghindari untuk menggunakan nomor tersebut.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel