Memberi Tip Di Korea Selatan, Apa Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dilakukan



Memberi tip bukanlah kebiasaan di Korea Selatan, karena kebanyakan orang percaya bahwa memberikan pelayanan yang baik sudah menjadi standar dan karenanya orang tidak boleh mengharapkan untuk mendapatkan tip. Oleh karena itu, tip bukan sesuatu yang biasa mereka lakukan dan mereka tidak tahu bagaimana meresponsnya.


Ketika berkunjung ke Korea Selatan, kamu tidak diharapkan untuk memberi tip. Ini bukan bagian dari budaya mereka dan beberapa orang mungkin akan bingung atau menentang tindakan ini. Namun, ada beberapa situasi dimana memberi tip diterima. Umumnya memberi tip hanya terjadi di kota besar seperti Seoul atau Busan.



South Korea Tipping Etiquette


Ketika kamu memutuskan untuk memberi tip di Korea Selatan ada beberapa etiket yang harus diperhatikan. Pertama-tama periksa apakah tersedia tipping jar atau tidak. Jika tidak, masukkan uang ke dalam amplop yang bagus sebelum diberikan. Jangan memberikan langsung dari dompet atau kantong.

Pada saat memberikan tip, serahkan menggunakan kedua tangan. Ini sama halnya dengan menyerahkan kartu nama.



Tipping In South Korea

1. Tipping In Restaurant

Turis asing terbiasa untuk memberikan tip, terutama saat makan di restoran. Namun di Korea Selatan, memberi tip adalah sesuatu yang tidak disukai kebanyakan orang, dan banyak yang bahkan menolak untuk menerima tip.

Hal terbaik yang dapat dilakukan di restoran adalah tidak memberi tip, hanya bersikap sopan kepada staf dan berterima kasih atas pelayanan mereka. Namun, saat ini semakin banyak restoran barat mulai menaruh tipping jar di meja. Itu berarti restoran terbuka untuk menerima tip dari pelanggan.

Jika ingin memberi tip, memasukkan tip ke dalam tipping jar, alih-alih memberikannya kepada salah seorang staf. Namun ini hanya direkomendasikan di restoran gaya barat dan bukan restoran tradisional korea.

Jangan lupa ketika memasuki restoran, membungkuklah dengan kepala menghadap staf dan katakan annyeonghaseyo. Ini adalah cara sopan untuk mengatakan halo. Lakukan hal yang sama ketika pergi, tetapi ucapkan kamsahamnida. Ini adalah cara untuk berterima kasih kepada staf atas layanan mereka.


2. Tipping In Hotel And Spa

Staf hotel atau spa di Korea Selatan tidak mengharapkan tip. Bahkan mungkin ditolak ketika kamu memutuskan untuk memberikan tip, jadi jangan tersinggung jika hal ini terjadi.

Jika kamu memutuskan untuk memberikan tip, letakkan uang dalam amplop cantik yang dapat kamu beli di toserba dan tinggalkan tip di ruangan ketika check out.

Di spa tradisional Korea Selatan, kamu tidak boleh meninggalkan tip. Bersikaplah sopan kepada staf dan berterima kasih atas layanan mereka. Jangan lupa membungkuk saat menyapa. Ingat, sangat penting untuk menyapa mereka.


3. Tipping Tour Guide

Dalam hal pemandu wisata, memberi tip dapat dilakukan. Ini dikarenakan sebagian besar pemandu terbiasa berhubungan dengan banyak orang asing yang terbiasa memberi tip.

Memberi tip ini sifatnya tidak wajib, tetapi sebagian besar pemandu wisata akan menghargainya dan senang karena kamu menyukai pelayanan mereka.


4. Tipping Taxi Driver

Korea Selatan adalah negara dengan transportasi umum yang sangat baik. Terkadang jika kamu perlu pergi ke suatu tempat dengan cepat, naik taksi akan menjadi pilihan terbaik. Namun, memberi tip pada supir taksi bukan hal yang umum dilakukan.

Tetapi apabila kamu mungkin ingin memberikan tip atas pelayanan yang ramah, cara terbaik adalah membayar dengan uang tunai dan memberi tahu mereka untuk menyimpan kembaliannya .


5. Tipping In Bar

Tidak ada keharusan untuk memberi tip kepada bartender saat mengunjungi bar di Korea Selatan.


6. Tipping Stylist

Tip tidak diharapkan, tetapi kamu bisa mencoba untuk meninggalkan sedikit uang ekstra jika puas dengan penampilanmu.


Seiring dengan berkembangnya zaman, budaya korea pun ikut berubah, begitu pula budaya tipnya. Orang-orang mulai menerima dan menyambut, bahkan kadang-kadang mengharapkan tip. Saat ini dengan banyaknya turis asing, beberapa staf biasa menerima tip kecil dan akan sangat berterima kasih karena pelayanannya dihargai.



Referensi:
https://www.smartertravel.com/tipping-in-south-korea-the-south-korea-tipping-guide/
https://bemariekorea.com/tipping-in-korea/



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel