Legenda Kue Bulan: Rahasia Pemberontakan Melawan Bangsa Mongol


Festival Pertengahan Musim Gugur 中秋节 (Zhōng qiū jié) yang setiap tahun jatuh pada tanggal 15 Bulan ke-8 akan segera tiba. Ini merupakan salah perayaan paling meriah di Tiongkok, dan tentunya identik dengan menyantap kue bulan 月饼 (yuè bǐng).

Dalam sejarah panjang Tiongkok, ada cerita rakyat mengenai kue bulan yang terus beredar, yaitu kue bulan memainkan peran khusus dalam membantu menggulingkan kekuasaan bangsa Mongol di Tiongkok Kuno. Tahukah kalian tentang hal ini? Mari kita jelajahi lebih lanjut kisah tentang kue bulan ini.


Cerita Rakyat Kue Bulan Untuk Menyelamatkan Orang Cina Han


Ilustrasi pixabay.com/cegoh

Singkat cerita, ini terjadi selama Dinasti Yuan (元朝), yang diperintah oleh Mongol (1271 - 1368 M). Menjelang akhir dinasti, beberapa jenderal Han memutuskan untuk diam-diam mengadakan pemberontakan. Kala itu, aturan Mongol keras bagi orang Cina, karenanya mereka ingin memperoleh kebebasan.

Para jenderal dan penduduk diawasi dengan ketat oleh bangsa Mongol. Tidak semua keluarga Cina Han diperbolehkan untuk memiliki pisau. Hanya satu dari 10 rumah tangga yang diizinkan untuk memiliki pisau. Karenanya, mengirimkan pesan kepada seluruh penduduk untuk mengumpulkan senjata sebanyak mungkin sangat penting untuk tujuan pemberontakan. Mereka harus menemukan cara yang cerdik untuk menyebarkan pesan pemberontakan ini kepada penduduk, tanpa sepengetahuan orang Mongol tentunya.

Saat itu, orang Tionghoa sudah merayakan festival Pertengahan Musim Gugur. Festival ini pertama kali muncul pada masa Dinasti Song (420 M), dan sudah menjadi perayaan penting di Tiongkok. Para jenderal yang banyak akal kemudian memutuskan untuk menggunakan festival Pertengahan Musim Gugur untuk memberontak.

Mereka kemudian memilih kue bulan sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan penduduk dan menyampaikan keinginan mereka untuk menyingkirkan bangsa Mongol. Oleh karena itu, mereka membuat kue bulan khusus dan kemudian membagikannya kepada penduduk. Kue bulan spesial ini semuanya berisi pesan rahasia. Apa isi pesan itu? Itu kira-kira berisi kalimat seperti "Pada tanggal 15 bulan ke-8 bulan lunar, mari kita semua memberontak!"

Versi lain dari cerita rakyat ini mengatakan bahwa pesan dicetak pada permukaan kue bulan dan membentuk bagian dari teka-teki. Untuk membaca pesan tersebut, seseorang harus mengumpulkan bagian kue bulan, untuk mengungkapkan pesan tersebut. Karena pesan harus dirahasiakan, orang-orang kemudian akan memakan kue bulan tersebut setelahnya.


Bagaimana? Menarik bukan kisah mengenai kue bulan ini. Entahlah apakah cerita ini benar atau tidak, tetapi sungguh luar biasa jika hal itu benar terjadi.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel