Apa Itu Wasabi Dan Bagaimana Cara Menggunakannya?


Apakah kalian tahu yang namanya wasabi? Ketika berbicara tentang wasabi, sebagian besar orang akan membayangkan pasta hijau pedas yang disajikan bersama sushi. Namun, apa sebenarnya wasabi itu? Darimana asalnya dan bagaimana cara penggunaannya?


Apa Itu Wasabi ?


Ilustrasi flickr.com

Tanaman wasabi sejati adalah tanaman yang disebut Wasabi japonica. Tanaman ini merupakan bagian dari keluarga Brassicaceae, yang merupakan golongan yang sama dengan lobak dan mustard. Semua bagian dari tanaman wasabi dapat dimakan. Di Jepang misalnya, daun wasabi sering digoreng dalam adonan tempura, sementara batangnya diasinkan.

Wasabi mendapatkan rasa pedas dan tajam dari akarnya. Penggunaan wasabi tidak perlu banyak, sejumlah kecil wasabi saja dapat memberikan rasa pedas yang dahsyat. Biasanya wasabi akan dibuat menjadi pasta atau diparut.

Beberapa restoran sushi tradisional Jepang akan memarut wasabi tepat sebelum hidangan disajikan. Ini bertujuan untuk menjaga cita rasanya, karena wasabi akan kehilangan aromanya beberapa menit setelah diparut.

Namun karena wasabi otentik harganya mahal, sebagian besar wasabi yang kita temui di restoran sushi atau supermaket biasanya mengandung sangat sedikit wasabi atau tanpa wasabi sama sekali. Wasabi imitasi ini mungkin terbuat dari gabungan mustard, lobak, dan pewarna makanan. Ini mungkin juga mengandung zat pengental seperti tepung jagung.

Penggunaan lobak dan mustard sebagai pengganti wasabi dikarenakan keterkaitannya dengan tanaman wasabi. Selain itu, karena berasal dari golongan tanaman yang sama, cita rasa pedasnya pun berasal dari bahan kimia yang serupa. Perbedaannya adalah bahwa rasa wasabi imitasi ini sedikit lebih tajam, jika dibandingkan dengan wasabi sejati yang terasa lebih halus.


Apa Yang Membuat Harga Wasabi Begitu Mahal?

Alasan dibalik mahalnya harga wasabi adalah karena tanaman Wasabia japonica sangat sulit untuk dibudidayakan. Tanaman ini perlu terendam sebagian dalam mata air mengalir. Di Jepang, wasabi liar tumbuh di kaki pegunungan.

Selain itu, tanaman Wasabia japonica juga merupakan tanaman sensitif yang dapat terbunuh jika terjadi perubahan kecil dalam lingkungan atau kelembaban. Suhu optimal untuk pertumbuhan wasabi adalah antara 10-15 °C.

Kualitas dari wasabi juga sangat bergantung pada kualitas dari air tempatnya tumbuh. Sementara untuk waktu budidayanya, diperlukan waktu antara 15 bulan hingga dua tahun bagi wasabi untuk sepenuhnya tumbuh.

Saat ini Jepang masih merupakan produsen dan konsumen wasabi terbesar, namun demikian sekarang sudah ada banyak negara-negara lain yang membudidayakan tanaman ini, termasuk Taiwan, Korea, bahkan Inggris.


Cara Penggunaan Wasabi

Selain diparut atau dijadikan pasta, wasabi juga dapat digunakan untuk membumbui mentega, mayones, atau ditambahkan dalam saus salad dan bumbu untuk daging dan ikan. Bahkan, ada juga toko es krim yang menawarkan sajian lembut dengan sedikit wasabi.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel