14 Fakta Menarik Tentang Kopi


Apakah kalian termasuk pecinta kopi? Apa saja yang kalian ketahui tentang kopi? Tidak jarang kita menemui orang yang tidak bisa memulai hari tanpa secangkir kopi. Ada yang bahkan sangat menyukai kopi sehingga bisa disebut penggila kopi.

Minum kopi setiap hari bukanlah kebiasaan yang buruk. Faktanya, kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi, disamping manfaatnya, ada juga loh banyak fakta menarik tentang kopi. Baca terus, karena artikel ini akan berbagi berbagai fakta menarik mengenai kopi. 

fakta menarik tentang kopi
Ilustrasi flickr.com

Fakta-Fakta Menarik Tentang Kopi


1. Kopi adalah komoditas paling berharga kedua yang diperdagangkan setelah minyak bumi.

2. Biji kopi sebenarnya bukan biji, melainkan buah beri dari semak pohon kopi.

3. Kata 'kopi' berasal dari bahasa Arab yang berarti 'wine'.

4. Diperkirakan 2,25 miliar cangkir kopi diminum setiap harinya di seluruh dunia.

5. Kopi instan diciptakan oleh seorang pria bernama George Washington pada tahun 1910.

6. Brasil merupakan negara penghasil kopi terbesar selama 150 tahun terakhir.

7. Semak pohon kopi dapat hidup hingga 60-70 tahun.

8. Kopi awalnya dikunyah, bukan diseruput.
Tahukah kamu, menurut sejarahwan, suku-suku Afrika pertama mengkonsumsi kopi dalam bentuk bola-bola kecil. Mereka menggiling buah beri kopi bersama dengan lemak hewani, dan menggulungnya menjadi bola-bola kecil yang bisa dimakan. Baru kemudian pada tahun 1000 Masehi, biji tersebut diubah menjadi minuman.

9. Kopi berbau lebih baik dibanding rasanya. Ini karena air liur dalam mulut mengambil sebagian dari rasanya.

10. Excelso atau Supremo tidak berarti kualitas biji kopi yang lebih baik. Faktanya, ini merujuk pada ukuran dari biji kopi.

11. Enam puluh lima persen dari kopi diseluruh dunia dikonsumsi oleh tiga negara, yaitu Amerika Serikat, Prancis, dan Jerman.

12. Orang Jepang percaya bahwa mandi menggunakan bubuk kopi yang difermentasikan dengan ampas nenas dapat mengurangi keriput dan memperindah kulit.

13. Pada tahun 1600-an di Kekaisaran Ottoman, seseorang dapat dihukum mati karena meminum kopi.

14. Kopi ditemukan oleh pengembala kambing di Ethiopia pada tahun 1500-an.
Dikatakan bahwa si penggembala melihat kambingnya memakan ceri kopi. Setelah itu, ia mengamati perubahan perilaku mereka. Mereka memperoleh jumlah energi yang tinggi dan mereka tidak tidur di malam hari. Sang penggembala membagikan temuannya kepada para bhikkhu setempat yang kemudian menyebarkan berita itu kepada bhikkhu-bhikkhu Ethiopia lainnya dan ke seluruh dunia.


Itu dia fakta-fakta menarik tentang kopi. Sekarang kalian tahu kan. Kalian juga bisa memahami lebih dalam mengenai kopi dengan membaca daftar istilah kopi pada artikel ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel