Drone: Sejarah, Perkembangan, Hingga Kepopulerannya

sejarah dan perkembangan drone
Ilustrasi pixabay.com/Pexels

Kalian mungkin suka dengan drone, tapi berapa banyak yang kalian ketahui tentang sejarah dan teknologi di balik drone? Tahukah kalian bahwa drone awalnya digunakan oleh angkatan militer? Semua pertanyaan-pertanyaan dan rasa penasaran kalian tentang drone akan dijawab dalam artikel ini.


Apa Itu Drone?

Drone merupakan sejenis kendaraan udara yang dikenal sebagai UAVS (unmanned serial vehicles) atau kendaraan udara tanpa awak. Dengan kata lain, perangkat ini dapat terbang di udara tanpa adanya pengemudi. Ini menjadikan drone sebagai robot terbang.

Drone dikontrol oleh software yang terintegrasi ke sistemnya. Sistem ini bekerja dengan GPS untuk memandu dan melacak pergerakan dari drone.


Mengapa Drone Dinamai Demikian?

Istilah drone pertama kali digunakan dalam bahasa Inggris Kuno untuk mendeskripsikan lebah jantan yang pekerjaan utamanya berpasangan dengan ratu lebah. Hal ini karena lebah jenis ini dianggap sebagai lebah pemalas, bukannya lebah pekerja. Drone juga dikategorikan sebagai pemalas, karena menunggu di sekitar.


Mengapa Drone Diciptakan?

Drone memiliki sejarah yang sangat panjang dan menarik. Drone diciptakan dengan bantuan dari komputer dan teknologi yang canggih.

Awalnya drone hanya digunakan oleh angkatan bersenjata. Tentara Austria adalah yang pertama kali mengembangkan perangkat ini untuk tujuan perang. Pada tahun 1849, Austria menyerang Venesia dengan balon udara tak berawak yang penuh dengan bahan peledak. Beberapa dari balon tersebut bekerja dengan baik, sehingga ini menunjukkan potensi dalam hal pengembangan.


Kapan Drone Menjadi Populer?

Drone militer sudah digunakan sejak Perang Dunia II sebagai senjata yang sangat efisien untuk menghilangkan musuh. Sementara itu, drone komersial telah mengalami perluasan nyata sejak tahun 2006, ketika perusahaan DJI dibentuk di Cina.


Perkembangan Industri Drone

Kendaraan udara tanpa awak (UAV) pengintaian pertama kali dikerahkan dalam skala besar pada Perang Vietnam. Drone juga mulai digunakan dalam berbagai fungsi, seperti bertindak sebagai umpan dalam pertempuran, serta meluncurkan rudal terhadap target.

Setelah Perang Vietnam, negara-negara lain di luar Inggris dan Amerika Serikat mulai mengeksplorasi teknologi ini. Model-model baru yang lebih canggih mulai bermunculan. Dengan peningkatan terhadap daya tahan dan kemampuan untuk mempertahankan ketinggian.

Teknologi telah membawa kemajuan yang sangat pesat bagi perkembangan drone. Selama puluhan tahun terakhir perusahaan seperti Heli-Max, Blade, Walker, Parrot dan DJI telah memproduksi mini drone yang menggunakan teknologi komputer ter-update.

Drone masa kini hadir dengan banyak fungsi dan sejumlah kemampuan yang luar biasa. Tidak hanya memungkinkan pengguna untuk memotret gambar menakjubkan di udara, tetapi juga memungkinkan pengiriman barang, pemantauan perubahan iklim, melakukan operasi pencarian setelah bencana alam, hingga permainan Augmented Reality (AR).

Drone bisa mencapai tempat yang tidak bisa diakses oleh manusia. Entah itu karena terlalu berbahaya atau terlalu sulit untuk dijangkau. Sangat menarik melihat bagaimana drone telah berkembang dari tahun ke tahun. Namun demikian, penggunaan drone yang paling terkenal dan kontroversial adalah untuk pengintaian, pengawasan dan serangan militer.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel