Sejarah Panjang Terciptanya Kecap

sejarah terciptanya kecap
Ilustrasi pixabay.com/wal_172619

Kecap adalah salah satu penyedap rasa utama dalam masakan Cina. Kecap dibuat dengan merebus dan memfermentasikan kacang kedelai, yang kemudian direndam dalam air garam selama beberapa minggu. Ini kemudian akan menghasilkan cairan tipis berwarna coklat kemerahan, yang memiliki cita rasa utama asin.

Kacang kedelai merupakan bahan utama pembuatan kecap, dan telah dibudidayakan di Cina selama ribuan tahun. Kacang kedelai digunakan dalam banyak hal. Ini dapat diasinkan atau difermentasikan, dibuat susu kedelai, dibuat tahu, bahkan digunakan sebagai pupuk.


Sejarah Terciptanya Kecap

Bagaimana sih kecap tercipta? Sebenarnya pelopor dari kecap adalah penyedap rasa yang dikenal sebagai jiang. Pada akhir dinasti Zhou (1046-256 SM), jiang merupakan pasta asin yang dibuat dari hasil fermentasi daging, ikan, atau biji-bijian.

Kemudian berlanjut ke masa dinasti Han (206 SM-220 M), dimana bahan-bahan itu digantikan dengan kacang kedelai yang lebih mudah diperoleh. Hal ini karena kacang kedelai mudah untuk dipanen bahkan di tanah yang kurang subur.

Selama periode dinasti Han, kacang kedelai difermentasikan untuk dibuat pasta yang disebut douchi. Douchi inilah yang kemudian berkembang menjadi kecap, dan kemudian dikenal sebagai jiangyou pada masa dinasti Song (960-1279).

Sementara penyebaran kecap di Jepang dimulai menjelang akhir abad ke-7, dimana para pendeta Buddha Jepang yang belajar di Tiongkok kembali dan membawa metode produksi kecap bersama dengan ajaran Buddha. Meskipun kecap telah diperkenalkan di Jepang sekitar abad ke-7, popularitas kecap hanya mulai terlihat sekitar abad ke-13. Faktanya, nama inggris dari kecap, soy sauce berasal dari nama jepangnya yaitu shoyu.

Kecap sangat populer karena merupakan salah satu penyedap rasa kuat yang dapat digunakan untuk meningkatkan cita rasa dari makanan vegetarian yang relatif hambar. Pada abad ke-17 dan ke-18, kecap telah menyebar ke wilayah barat, yang akhirnya menjadi salah satu komponen kecap Worcestershir.


Perkembangan Kecap

Sejak ditemukannya kecap, metode produksi kecap telah berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Namun, esensi dasar dari kecap sebagai penyedap rasa yang dapat menambah cita rasa mendalam pada makanan belum banyak berubah.

Saat ini kecap merupakan bahan penting dalam banyak masakan Asia Timur. Kecap juga merupakan bumbu terpopuler ketiga di Amerika, setelah saus tomat dan mayones. Sepertinya kecap akan tetap menjadi penyedap rasa abadi pada banyak masakan di seluruh dunia.



Referensi:
https://theculturetrip.com/asia/china/articles/a-history-of-soy-sauce-in-1-minute/
http://sciencemeetsfood.org/story-science-soy-sauce/



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel