8 Jenis Masakan Utama Di Cina


Ada banyak gaya memasak di Cina, tetapi telah diidentifikasi delapan jenis masakan utama di Cina, yang secara resmi dikenal sebagai 中国 八大 菜系 (zhōng guó bā dà cài xì). Atribut unik ini dibentuk oleh kombinasi perbedaan geografis, perubahan budaya, dan ketersediaan hasil bumi dan sumber daya di seluruh wilayah daerah yang berbeda. Pada artikel ini, akan dijelaskan masing-masing dari kedelapan jenis masakan cina tersebut.



8 Jenis Masakan Utama Cina


1. Masakan Shandong (鲁菜 Lǔcài)


dezhou chicken
Ilustrasi Dezhou Chicken english.eastday.com

Masakan ini berasal dari provinsi Shandong dan sangat umum di Cina Utara. Shangdong adalah tempat lahirnya budaya kuliner Cina dan dan sebagian besar teknik memasak. Masakan Shangdong adalah masakan paling sulit dengan sejarah terpanjang dari kedelapan jenis masakan Cina, dan pernah menjadi bagian penting dari masakan kekaisaran.

Terkenal karena rasanya yang jelas, murni, dan tidak berminyak, Masakan Shangdong mempertahankan rasa asli yang berfokus pada aroma, kesegaran, kerenyahan, dan kelembutan makanan. Bawang merah dan bawang putih adalah bumbu yang disukai dalam masakan Shangdong.

Makanan laut merupakan bahan utama untuk Masakan Shangdong, karena Shangdong adalah semenanjung besar yang dikelilingi oleh laut di sebelah timur. Sup juga merupakan fitur dari masakan Shangdong.

Bahan-bahan yang paling populer untuk makanan laut diantaranya kerang, udang, teripang dan cumi-cumi. Sementara sayuran yang biasa digunakan adalah kentang, tomat, kol, jamur, dan terong. Kacang panggang atau asin juga sering digunakan untuk menambah sedikit rasa renyah dan citarasa pada hidangan.

Hidangan Shandong yang paling populer diantaranya Ikan Asam Manis, Braised Abalone, Dezhou ChickenSixi Meatball (Bola daging babi dalam saus kuah).


2. Masakan Guangdong / Kanton (粤菜 Yuècài)


dimsum
Ilustrasi Dim Sum tasteatlas.com

Makanan Kanton adalah gaya paling populer secara internasional. Masakan Kanton dipengaruhi oleh tradisi memasak Oriental dan Barat. Bahan-bahan khasnya termasuk berbagai jenis daging dan sayuran, serta bawang. Bumbu utamanya adalah gula dan garam.

Masakan Kanton berfokus pada kepercayaan bahwa makanan dapat menyehatkan tubuh, sehingga mereka mengubah rasa sesuai dengan musim. Aturan ketat diciptakan untuk mengatur pemilihan bahan, keterampilan memotong, durasi memasak, dan gaya peralatan makan.

Rasa yang kaya dari Masakan Kanton adalah hasil dari penggunaan berbagai bahan flavoursome seperti minyak kacang, anggur beras, anise, kulit cassia, akar liquorice, bubuk jahe, kulit jeruk kering, saus tiram, saus ikan, saus kerang, dan kari.

Penekanan pada pelestarian rasa alami makanan juga merupakan ciri khas dari masakan ini. Perhatian khusus diberikan untuk memastikan bahwa rasanya ringan tetapi tidak tawar, segar tetapi tidak kencang, lembut tetapi tidak mentah, berminyak tetapi tidak berminyak, serta cenderung sedikit manis.

Metode yang digunakan untuk menyiapkan Hidangan Kanton kadang-kadang sangat tidak konvensional dan termasuk memanggang dengan garam, mengukus dengan anggur dan memasak lambat. Hidangan Kanton yang paling terkenal meliputi Dim Sum, Hong Kong Egg Custard Tarts, Wonton, dan Lumpia.


3. Masakan Sichuan (川菜 Chuāncài)


mapo tofu
Ilustrasi Mapo Tofu pinterest.com/ClosetCooking

Provinsi Sichuan menghasilkan masakan yang paling banyak disajikan di Cina. Hidangan mereka terkenal karena rasanya yang pedas. Masakan Sichuan terutama dimulai di Chengdu dan Chongqing.

Masakan Sichuan terkenal karena penggunaan rempah-rempah yang kuat. Bumbu utamanya termasuk cabai, bawang putih, kecap ikan, serta lada Sichuan yang diproduksi secara lokal dan yang jarang ditemukan di masakan daerah lainnya.

Masakan Sichuan memanfaatkan ikan air tawar, tetapi juga daging ayam, bebek, dan daging babi. Sirip hiu, cakar beruang, dan bahan-bahan lain yang tidak konvensional juga digunakan.

Bumbu sangat penting dalam Masakan Sichuan, dan jika juru masaknya cukup terampil, tujuh macam rasa - asam, manis, bitter spicy, tongue-numbing, aromatik, dan asin dapat dideteksi. Hotpot Sichuan mungkin adalah hotpot paling terkenal di dunia, terutama Yuan Yang Hotpot (setengah pedas dan setengah bening).

Hidangan Sichuan yang paling populer adalah Ayam Kung Pao, Tea Smoked Duck, Mapo Tofu (Tahu goreng dalam saus pedas).


4. Masakan Hunan (湘菜 Xiāngcài)


Dong'an vinegar chicken
Ilustrasi Dong'an Vinegar Chicken english.eatsday.com

Iklim di Provinsi Hunan sejuk dan basah, jadi orang-orang di sana suka makan lada merah untuk menyegarkan mereka. Masakan Hunan terkenal karena pedasnya, warnanya yang dalam, dan aroma yang segar.

Rasa kental dan pedas adalah dua karakteristik Masakan Hunan. Cabai, lada, dan bawang merah sering digunakan di Masakan Hunan. Teknik memasak utama termasuk braising, stewing, smoking, dan steaming. Hidangan Hunan yang paling terkenal diantaranya Dong'an Vinegar Chicken, Crispy Duck, Oranye Beef.


5. Masakan Jiangsu (苏菜 Sūcài)


Jinling salted duck
Ilustrasi Jinling Salted Duck travelblog.org

Dikenal sebagai "tanah ikan dan beras" di China, Provinsi Jiangsu menyoroti berbagai macam bahan makanan. Bahan bakunya yang khas adalah produk akuatik yang segar dan hidup. Bahan-bahan memasak lainnya sering kali dipilih dengan hati-hati seperti teh, rebung, jamur, dan pir.

Metode memasak yang bervariasi dan keterampilan memotong yang indah adalah dua fitur dari Masakan Jiangsu. Citarasa Masakan Jiangsu menekankan kesegaran, pengerjaan yang indah, serta bentuk yang elegan.

Masakan Jiangsu memiliki pendekatan yang seimbang terhadap rasa. Rasanya manis dan asin, lembut dan menyejukkan perut. Istilah "红烧 (hóng shāo)" secara harfiah berarti "direbus merah", dan merupakan metode memasak yang dominan di wilayah ini. Ini menghasilkan rasa karamel yang manis dan asin.

Tempat asal utama Masakan Jiangsu adalah Yangzhou, Suzhou dan Nanjing. Makanan Jiangsu yang terkenal adalah Three Set Of Ducks, Ikan Mandarin Asam Manis, Iga Babi Asam Manis, Jinling Salted Dried Duck.


6. Masakan Zhejiang (浙菜 Zhècài)


dongpo pork
Ilustrasi Dongpo Pork english.eastday.com

Provinsi Zhejiang adalah provinsi di selatan Jiangsu, dan berbatasan juga dengan Shanghai, sehingga gaya masakannya mirip, tetapi lebih berfokus dalam makanan segar. Makanan sering disajikan mentah atau hampir mentah, segar, renyah dan musiman. Ini lebih seperti makanan Jepang.

Karena provinsi selatan ini adalah negara bambu, hampir setiap hidangan berisi rebung. Masakan Zhejiang biasanya disiapkan dengan cara digoreng, direbus, atau dikukus. Daging sering direndam dalam campuran cuka dan gula.

Masakan Zhejiang yang paling terkenal adalah Steamed Lotus Root Stuffed With Sweet Sticky Rice, Shelled Shrimps With Longjing Tea, Dongpo Pork.


7. Masakan Fujian / Min (闽菜 Mǐncài)


fotiaoqiang
Ilustrasi Fotiaoqiang english.eastday.com

Provinsi Fujian terkenal karena makanan laut dan supnya yang luar biasa, serta penggunaan rempah-rempah yang memikat tetapi tidak mematikan lidah. Menambahkan banyak hidangan eksotis liar dari laut dan pegunungan membuat hidangan mereka memiliki rasa yang tidak biasa. Ini seperti petualangan liar kuliner.

Bahan-bahan yang paling umum meliputi berbagai jenis makanan laut, termasuk kerang, udang dan ikan. Daging babi, bebek, ayam, dan sapi juga biasa digunakan. Beberapa hidangan mendapatkan rasa manis dan tekstur tambahan dari kacang dan gula, bersama dengan saus ikan, terasi, saus shacha, dan aprikot yang diawetkan.

Hidangan khas Fujian disiapkan dengan cara pertama-tama memotong bahan-bahan dengan halus dan kemudian dengan cepat merebus atau mengaduknya atau menambahkannya ke dalam sup. Masakan lokal di bagian Cina ini sangat didasarkan pada semur, kaldu, dan sup.

Koki Fujian cenderung menggunakan anggur dalam masakan mereka, yang mengarah ke rasa "acar" untuk banyak hidangan. Hidangan Fujian yang terkenal disebut Fotiaoqiang yang meliputi abalone, sirip hiu, teripang, kerang, rebung, dan anggur Shaoxing. Hidangan lain yang juga terkenal adalah Oyster Omelette, Jade Pearl Abalone.


8. Masakan Anhui (徽菜 Huīcài)


fuliji roast chicken
Ilustrasi Fuliji Roast Chicken wayofchina.com

Masakan regional Anhui di Cina timur dianggap sehat dan menarik secara visual dengan rasa sederhana. Masakan Anhui dicirikan oleh penggunaan banyak rempah segar, jamur, beri, daun teh, rebung dan tanaman liar lainnya yang tumbuh di daerah sekitar Gunung Huangshan.

Masakan Anhui sangat mementingkan kualitas minyak, warna hidangan, rasa asli bahan baku dan nutrisi hidangan. Metode yang digunakan untuk menyiapkan hidangan sederhana, terutama terdiri dari braising dan stewing. Memasak dilakukan dengan cara yang menjaga nutrisi makanan.

Perhatian khusus diberikan pada penampilan, warna, rasa, dan suhu hidangan. Kontrol api yang baik dapat mencapai karakteristik Masakan Anhui yang renyah, empuk, harum, dan segar. Beberapa Hidangan Anhui yang paling terkenal adalah Kura-kura rebus dalam sup bening, Fuliji Roast Chicken, Rebung dengan sosis dan jamur kering dan tahu busuk.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel