Seni Akrobat Tiongkok, Sejarah, Dan Perkembangannya


Apakah kalian suka menonton atraksi akrobat? Pernahkan kalian menonton Akrobat Tiongkok? Jika belum, kalian harus menyaksikannya. Akrobat Tiongkok telah banyak mendapat pengkauan Internasional. Ini bisa dilihat dari banyaknya penghargaan yang diperoleh dalam kompetisi Internasional. Dapat dikatakan negara Tiongkok atau Cina merupakan negara dengan pertunjukan akrobatik terbaik di dunia.

Dalam perkembangannya yang panjang, Akrobat Tiongkok telah berhasil menciptakan gaya khas yang membedakannya dari tradisi akrobatik lainnya, juga dari tradisi budaya mana pun di Tiongkok. Akrobat Tiongkok memiliki banyak gerakan atraksi yang terkadang tampak menakutkan dan berbahaya, namun ini memberikan sensasi dan keajaiban tersendiri.


Dua Gaya Akrobat Tiongkok

Akrobat Tiongkok mengembangkan gaya mereka berdasarkan seni tradisional kuno seperti tari, teater, seni bela diri, dan pertunjukan sulap. Akrobat mereka memiliki ciri khas yang menggabungkan keterampilan tradisional serta latihan fisik.



Secara umum, ada dua gaya akrobat Tiongkok, yaitu :

Gaya Seni Bela Diri

Rombongan akrobat yang mengkhususkan diri pada seni bela diri akan menampilkan seniman bela diri yang umumnya memerankan adegan pertempuran. Mereka akan tampil dengan berbagai senjata.

Gaya Sirkus

Mereka dengan gaya sirkus akan lebih condong ke arah pertunjukan Akrobat Barat. Para pemain individu dan kelompok akrobat bisanya akan melakukan aksi keseimbangan, juggling, dan senam yang luar biasa. Ini seringkali lebih bersifat menghibur.



Ilustrasi Pinterest.com

Sejarah Akrobat Tiongkok

Diantara semua bentuk seni tradisional Tiongkok, mungkin seni akrobat lah yang paling menghibur. Seni ini telah ada di Tiongkok selama lebih dari dua ribu tahun, sejak Periode Negara Berperang (475-221 SM). Pada masa Dinasti Han, akrobat telah berkembang menjadi bentuk seni yang dikenal sebagai "Ratusan Drama".

Akrobat kuno dimulai sebagai hiburan keliling bagi para buruh dan petani, dan karenanya mengembangkan hubungan yang erat dengan kehidupan dan pemikiran kelas bawah. Hal ini bisa dilihat dari alat peraga yang digunakan dalam akrobat, seperti meja, kursi, kendi, juga dari gerakan seni bela diri sederhana yang digunakan.

Terlepas dari sejarah dan popularitasnya yang besar, akrobat tidak pernah ditampilkan dalam Teater Dinasti Tiongkok. Hal tersebut karena seni ini dipandang rendah oleh kelas feodal. Bahkan pada saat menjelang tahun 1949, akrobat sempat diabaikan. Ini mengakibatkan hilangnya banyak trik-trik akrobat dan membatasi perkembangannya. Pemain akrobat menjalani kehidupan sulit pada masa itu, mereka mengembara dari satu tempat ke tempat lain untuk menjual karya seni mereka.

Pasca Revolusi (1949), pemerintah berusaha keras untuk membina dan mengembangkan kesenian nasional, termasuk membangkitkan kembali bentuk-bentuk kesenian akrobatik. Sejak saat itu, setiap provinsi, kotamadya, dan daerah otonom telah membentuk setidaknya satu rombongan akrobatik.

Rombongan akrobatik memperoleh vitalitas baru dan menikmati dukungan resmi untuk pertama kalinya. Ini membawa seni akrobatik ke level baru, bukan lagi sebagai hiburan jalanan. Seni akrobatik kemudian dipentaskan di atas panggung dengan pencahayaan profesional, desain panggung, iringan musik, dan pergantian kostum.

Di bawah perkembangan ini, banyak gerakan baru diperkenalkan, terutama dalam keseimbangan dan jungkir balik. Sementara itu, aksi Akrobatik Tradisional Tiongkok mendapat sambutan antusias dari penonton, baik di dalam maupun di luar negeri. Saat ini rombongan Akrobatik Tiongkok telah melakukan tur ke lebih dari seratus negara dan wilayah di seluruh dunia, dengan tujuan untuk mempromosikan persahabatan dan pertukaran budaya.


Keistimewaan Akrobat Cina


Fleksibilitas dan Keseimbangan

Dibandingkan Akrobat Barat, Akrobat Tiongkok cenderung lebih menekankan pada keseimbangan dan fleksibilitas ekstrem. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh gaya seni bela diri yang menekankan kelenturan dan keseimbangan yang baik.


Koordinasi Kelompok

Seni Akrobat Cina secara intensif melatih pengaturan waktu dan koordinasi kelompok. Tiap individu dalam kelompok perlu berlatih untuk bekerja sama dengan tepat. Seni ini menekankan kekuatan yang terkontrol dan koordinasi yang harmonis diantara para pemain akrobat dalam kelompok. Ini bertujuan untuk mencapai gerakan yang lancar dan gesit, yang memancarkan kekuatan yang terkendali.


Seni Bela Diri Hiburan

Akrobat Tiongkok menggunakan keterampilan seni bela diri dengan cara yang mendebarkan, dan terkadang mengandung unsur komedi. Contohnya Pertunjukan "Legenda Kungfu" Teater Merah Beijing.


Musik dan Opera

Banyak pertunjukan akrobatik yang menampilkan musik tradisional Cina yang direkam, atau dibawakan secara langsung oleh musisi yang memainkan alat musik tradisional. Kostum dan temanya juga diambil dari Opera yang sudah dikenal.


Legenda Cina

Pemain akrobat biasanya menampilkan adegan dari legenda, cerita, atau novel kuno populer dari masa lalu seperti "The Monkey King". Penonton bisa mengamati cerita dan musiknya, sambil menikmati kostum yang tidak biasa.


Perkembangan Akrobat Tiongkok

Akrobat kuno diturunkan dari generasi ke generasi. Saat ini, akrobat telah berkembang menjadi semacam seni pertunjukan. Selama puluhan tahun terakhir, banyak rombongan Akrobatik Tiongkok yang telah berkeliling di lebih dari 100 negara dan wilayah di seluruh dunia. Mereka memiliki satu tujuan, yaitu mempromosikan persahabatan dan pertukaran budaya.

Sejauh ini, Cina telah memenangkan lebih dari delapan puluh medali emas di Kontes Akrobatik Internasional. Keahlian Akrobat Tiongkok telah mendapat pujian dari orang-orang di seluruh dunia, dan Tiongkok telah diakui sebagai negara terdepan dalam bidang akrobat.

Pemain Akrobat Tiongkok moderen telah menerapkan sistem perancangan dan pengarahan, yang bertujuan untuk menciptakan gambar panggung yang anggun, iringan musik yang harmonis, dan efek pendukung yang baik dari segi kostum, alat peraga, serta pencahayaan. Ini semua demi untuk menghasilkan seni panggung yang berkembang sepenuhnya.



Di Mana Tempat Untuk Menyaksikan Akrobat ?

Dunia Sirkus Shanghai mungkin merupakan tempat dengan rombongan pertunjukan sirkus akrobat terbaik Cina. Pertunjukan di sini menggunakan efek warna dan pencahayaan berteknologi tinggi. Bahkan orang asing menyukai pertunjukan di sini. Tempat lain yang juga menampilkan pertunjukan akrobat adalah Yunfeng Theater dan Beijing Tiandi Theater.

Beberapa pertunjukan akrobat yang populer adalah "The Legend of Kung Fu". Ini bercerita tentang seorang anak laki-laki yang bercita-cita menjadi master kungfu. Ini termasuk salah satu teater akrobat dengan seni bela diri terbaik yang bisa kalian saksikan. Pertunjukan ini menggabungkan kungfu, akrobat, dan menari.

Ada pula serial TV "Kung Fu" yang mempopulerkan Kuil Shaolin. Ini lebih seperti demonstrasi seni bela diri, tidak seperti pertunjukan yang lain. Namun, kalian bisa melihat banyak aksi akrobat dilakukan.




Referensi :
http://en.chinaculture.org
https://www.chinahighlights.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel