Apa Sebenarnya Tahu Busuk (Stinky Tofu), Darimana Asalnya, Seperti Apa Rasanya, Dan Bagaimana Penyajiannya

Apa sebenarnya tahu busuk dan bagaimana rasanya
Ilustrasi Stinky Tofu pixabay.com/sgltw2017


Stinky Tofu atau tahu busuk merupakan salah satu makanan paling populer di Hong Kong, Cina, dan Taiwan. Bagi yang pertama kali mencoba, bau busuknya akan terasa sangat menyengat. Namun, jangan salah, hidangan yang satu ini telah menjadi tujuan makanan yang sangat populer bagi wisatawan Asia.

Sampai saat ini, hidangan ini masih menjadi tanda tanya besar bagi banyak orang. Ada banyak yang penasaran seperti mengapa itu disebut tahu busuk, apakah rasanya seperti baunya, mengapa ada orang yang mau memakan itu, bagaimana cara memasaknya? Di bawah ini kita akan mengulas lebih dalam segala hal mengenai tahu busuk.



Apa Sebenarnya Tahu Busuk Itu

Tahu busuk merupakan tahu yang difermentasi dalam air garam yang terbuat dari susu fermentasi, sayuran, dan daging. Dapat juga ditambahkan bahan lainnya seperti udang kering, bayam, sawi hijau, rebung, dan herbal lainnya.

Berbagai kritikus masakan telah mencoba untuk menggambarkan baunya dengan kata-kata seperti bau kaus kaki tua, blue cheese, hingga sampah yang membusuk.

Hidangan ini kebanyakan dimakan sebagai cemilan. Banyak tersedia di Cina dan dikenal dengan sebutan chou dou fu. Namun, hidangan ini paling populer di Taiwan, bahkan dianggap oleh banyak orang sebagai makanan ringan nasional Taiwan.



Sejarah Tahu Busuk

Tahu busuk telah ada sejak zaman Dinasti Qing. Menurut legenda, tahu busuk ditemukan oleh seorang pria bernama Wang Zhi He. Dia adalah seorang yang belajar untuk menjadi pegawai negeri pada masa pemerintahan Kaisar Kang Xi.

Dia telah mengikuti ujian dan gagal berkali-kali. Setiap kali ia meninggalkan kampung halamannya untuk mengikuti ujian di ibukota, ia akhirnya menggunakan semua uangnya untuk transportasi dan tidak punya apa-apa untuk membeli makanan.

Untuk menghemat biaya dan waktu, ia memutuskan untuk mencari nafkah di ibukota sambil mempersiapkan ujian tahun depan. Kebetulan keluarganya memiliki bisnis pabrik tahu, dimana dia telah belajar cara membuatnya pada usia muda.

Dia kemudian menyewa toko di ibukota dan membeli beberapa alat sederhana untuk membuat tahu. Selama waktu itu, panas musim panas menyebabkan tahu segar yang tidak terjual menjadi berjamur.

Karena tidak ingin membuangnya, ia memutuskan untuk memotong tahu menjadi potongan-potongan kecil, menjemur dengan sinar matahari, lalu mengasinkannya dengan garam. Dia kemudian menyimpannya dalam toples. Saat dia membuka toples di musim gugur, dia terpukul dengan baunya yang sangat tajam. Dia mencoba satu dan tidak menyangka rasanya enak.



Bagaimana Rasa Tahu Busuk

Bukan rahasia lagi kalau bau tahu busuk benar-benar mengerikan, namun daya tariknya ada pada rasanya. Kecap asin atau sambal biasa digunakan untuk menutupi bau dan menambahkan cita rasa.

Menggigit tahu busuk goreng memiliki sensasi seperti menggigit soft cheese. Tekstur luarnya krispy dan berwarna kekuningan, sementara lembut di bagian dalam. Hidangan ini harus dimakan dalam keadaan panas, karena kalau dimakan setelah dingin baunya akan semakin menyengat.



Dimana Tahu Busuk Dijual

Kita bisa menemukan hidangan ini di pinggir jalan, warung-warung kecil, pasar malam dan pasar tradisional. Namun, hidangan ini tidak biasa dijual di restoran besar.

Bahkan, Shenkend Old Street di dekat kebun binatang Taipei dikhususkan untuk menjual tahu busuk. Karenanya, beberapa penduduk setempat menyebutnya sebagai Stinky Street.



Bagaimana Cara Penyajiannya

Ada banyak variasi dan versi berbeda dalam proses memasak dan menyajikan tahu busuk. Di Hong Kong, Shanghai, Taiwan dan area Chinatown di seluruh dunia, tahu busuk umumnya digoreng dalam minyak sayur dan disajikan dengan cabai dan kecap.

Tahu busuk goreng dianggap sebagai hidangan klasik yang paling populer. Disajikan dalam bentuk kubus kecil yang diletakkan di atas piring plastik, yang dapat dibawa pulang atau dimakan sambil berjalan.

Tahu busuk goreng sering dilengkapi dengan mentimun, acar, dan saus bawang putih yang biasa ditaruh di atasnya. Atau bisa juga membuat lubang pada tahu dengan menggunakan sumpit dan memasukkan sayuran ke dalamnya.

Versi terpopuler kedua adalah dimasak dengan kaldu pedas atau biasa dikenal dengan Mala Stinky Tofu.

Masih ada banyak versi tahu busuk lainnya, diantaranya dikukus, direbus dalam hot pot pedas, dipanggang di tusuk sate, sampai dicampur dalam bubur nasi.



Apakah kalian merasa tertantang untuk mencobanya? Tahu busuk benar-benar sesuai dengan namanya, tetapi jangan biarkan baunya menghalangi kamu untuk mencoba hidangan ini. Banyak juga yang suka dengan rasanya dan mengatakan bahwa begitu kamu memakannya, rasanya tidak lagi berbau sangat buruk. Kamu tidak seharusnya menilai tahu dari baunya ☺



Referensi:
https://www.taiwanese-secrets.com/taiwan-stinky-tofu/
www.sh-streetfood.org/chou-doufu-stinky-tofu-臭豆腐/
https://www.tripsavvy.com/what-is-stinky-tofu-1536073



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel