8 Tradisi Tahun Baru Cina (Imlek) Yang Umum Dilakukan


Selama Tahun Baru Imlek, orang memiliki banyak hal yang harus dilakukan. Dari satu minggu sebelum festival, hingga hari ke 15 setelahnya, banyak kebiasaan Tahun Baru Cina yang secara luas diadopsi selama ribuan tahun. Apa saja hal-hal menarik yang dilakukan mereka? Berikut ini adalah 8 kebiasaan Tahun Baru Cina yang paling umum.


dekorasi dan tradisi imlek
Ilustrasi flickr.com

Tradisi-Tradisi Umum Pada Tahun Baru Cina (Imlek)

1. Membersihkan

Membersihkan rumah adalah tradisi Tahun Baru Cina yang telah lama dilakukan. Beberapa hari sebelum Tahun Baru Cina, orang-orang akan membersihkan setiap sudut dan barang-barang di rumah.

Dalam bahasa Cina, "Debu" memiliki homofon dengan kata "Chen", yang berarti "yang lama". Oleh karena itu pembersihan akhir tahun diperlukan untuk mengusir hal-hal lama atau nasib buruk jauh dari rumah, dan bersiap-siap untuk awal yang baru.


2. Dekorasi

Setelah pembersihan, orang-orang akan mendekorasi rumah untuk menyambut Tahun Baru. Sebagian besar dekorasi berwarna merah. Dekorasi Tahun Baru yang paling populer adalah huruf Fu terbalik, lentera, paper cuts, chinese knots, dll.

Karakter "Fu", yang berarti nasib baik atau kebahagiaan, digunakan untuk mengekspresikan keinginan baik dan kerinduan masa depan. Karenanya, orang biasanya menempelkannya di gerbang atau furnitur di rumah selama Tahun Baru Imlek. Pada zaman kuno, karakter dan bait ini ditulis dengan tangan. Tetapi sekarang, orang dapat membeli bentuk yang dicetak.


3 . Makan Malam Reuni Keluarga

Makan malam Tahun Baru adalah makan malam yang paling penting bagi orang Cina. Biasanya, ini adalah makan malam reuni keluarga, terutama bagi mereka yang anggota keluarga jauh dari rumah.

Selama makan malam, biasanya ikan utuh akan disajikan. Pangsit juga adalah salah satu hidangan paling penting di Cina Utara. Kedua hidangan ini menandakan kemakmuran. Hidangan lain tergantung pada preferensi pribadi. Mayoritas orang Cina akan makan malam Tahun Baru di rumah alih-alih restoran.


4. Tidur Terlambat (Shou Sui)

Tradisi begadang lewat tengah malam atau biasa disebut shou sui (守岁), adalah kebiasaan menyambut Tahun Baru dimana anggota keluarga biasanya tetap terjaga di malam hari.

Menurut dongeng dan legenda, ada binatang mitos bernama "Nian". Pada malam Tahun Baru, Nian akan keluar untuk menyakiti manusia maupun hewan. Kemudian, orang menemukan bahwa Nian takut akan warna merah, api, dan suara yang keras. Karena itu, pada malam Tahun Baru, orang akan meluncurkan kembang api, menyalakan api, dan tetap terjaga sepanjang malam untuk menangkis Nian.


5. Amplop Merah (Hong Bao)

Amplop merah juga dikenal sebagai uang keberuntungan. Biasanya amplop merah diberikan oleh orang dewasa, terutama pasangan yang sudah menikah, dan lansia kepada anak-anak di hari Tahun Baru. Diyakini bahwa uang dalam paket merah akan menekan kejahatan dari anak-anak, menjaga mereka tetap sehat, dan memberi mereka umur yang panjang.


6. Memakai Pakaian Baru

Orang Tionghoa lebih menyukai segala yang baru untuk festival ini. Meskipun beberapa orang dewasa tidak mengikuti kebiasaan ini lagi, setiap anak mengenakan pakaian baru pada Hari Tahun Baru, dari ujung rambut sampai ujung kaki. Pakaian berwarna merah merupakan yang paling populer.


7. Mengunjungi Teman Dan Kerabat (Bai Nian)

Cara khusus bagi orang untuk menyampaikan harapan baik satu sama lain dan tradisi Tahun Baru Cina yang penting adalah dengan mengunjungi kerabat. Secara umum, orang-orang mampir di rumah keluarga dan teman, membawa hadiah atau amplop merah, dan saling menyapa dengan 'Selamat Tahun Baru'. Bagi keluarga memiliki banyak kerabat, kegiatan ini berlangsung selama beberapa hari.


8. Tarian Singa (Barongsai)

Pertunjukan Barongsai sering terlihat di pusat perbelanjaan dan kadang-kadang di tempat tinggal. Tarian ini dimaksudkan untuk menangkal kejahatan dan mengundang berkah keberuntungan untuk Tahun Baru. Belakangan ini, pertunjukan Tarian Barongsai menjadi lebih berani dan lebih berbahaya.



Baca juga artikel mengenai Hal-Hal Yang Mungkin Tidak Kalian Ketauhi Tentang Tahun Baru Imlek disini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel