Hal-Hal Yang Mungkin Tidak Kalian Ketahui Tentang Tahun Baru Imlek


Tahun Baru Imlek merupakan salah satu festival paling terkenal di dunia. Ini identik dengan lampion merah, petasan, dan hidangan-hidangan tradisionalnya. Namun, artikel ini akan membahas mengenai hal-hal yang tidak diketahui oleh sebagian besar orang tentang Tahun Baru Imlek.

fakta menarik tentang tahun baru imlek
Ilustrasi pixabay.com/CokeLifeCreative

1. Merupakan Migrasi Tahunan Terbesar Di Dunia

Bagian terpenting dari Tahun Baru Cina adalah reuni keluarga. Semua orang harus pulang untuk makan malam Tahun Baru bersama. Setiap Tahun Baru Imlek, lebih dari satu miliar orang bepergian dari seluruh dunia ke kota asalnya menggunakan pesawat, kereta api, bus, dan mobil. Di Cina, fenomena ini dikenal sebagai chunyun (春运) atau Migrasi Musim Semi, dan ini adalah migrasi manusia tahunan terbesar di dunia.


2. Hindari Mengunjungi Orang Lain Pada Hari Ke-3

Menurut takhayul kuno, yang terbaik adalah tinggal di rumah pada hari ke-3 Tahun Baru Imlek. Hari ini dikenal sebagai Chi Kou Ri (hari anjing merah). Anjing Merah adalah Dewa Kemarahan dalam Mitos Cina, sehingga orang lebih cenderung bertengkar dengan orang lain pada hari ini. Ini juga telah dianggap sebagai hari sial dan pergi keluar akan menemui hal-hal yang sial. Namun, tradisi lama ini lebih populer di Cina Selatan dan diabaikan secara bertahap. Tidak heran bahkan beberapa orang Cina tidak tahu kebiasaan ini.


3. Tidak Ada Beras Pada Hari Ke-3

Menurut tradisi, hari ketiga Tahun Baru Cina dianggap sebagai hari ulang tahun beras dan orang tidak boleh makan nasi pada hari ini. Jika seseorang melanggar aturan, itu akan menyebabkan penurunan produksi biji-bijian.

Kebiasaan ini menyiratkan bahwa orang-orang Cina sangat mementingkan pertanian dan menghargai makanan. Lalu apa yang dimakan orang pada hari itu? Jawabannya adalah "Hezi", yang merupakan jenis pasta yang lazim di Cina Utara. Juga, di beberapa tempat, orang akan memilih untuk makan kue.


4. Hari Ke-5 Adalah Hari Kekayaan

Hari ke-5 Tahun Baru Cina dikenal sebagai Po Wu. Secara tradisional, orang merayakannya dengan pesta besar dan kembang api untuk menarik perhatian Dewa Kekayaan. Dibuat juga pangsit besar, yang mewakili batangan emas.


5. Minggu Pertama Tahun Baru Diwakili Oleh Hewan Yang Berbeda

Minggu pertama Tahun Baru diwakili oleh ayam jantan, anjing, babi, domba, sapi, kuda, dan manusia secara berurutan, sehingga setiap hari orang merayakan binatang yang berbeda. Ini adalah fakta yang kebanyakan orang tidak tahu tentang Tahun Baru Cina, bahkan untuk beberapa orang Tionghoa.

Menurut Mitologi Cina, seorang Dewi bernama Nvwa menciptakan hewan dan manusia dalam tujuh hari berturut-turut. Jadi ini adalah perayaan kelahiran hewan dan manusia.


6. Para Jomblo Menyewa Pacar Palsu Untuk Dibawa Pulang

Karena memiliki anak dan mewariskan nama keluarga adalah salah satu bagian terpenting dalam budaya Cina, para jomblo yang putus asa berusaha untuk menyewa pacar palsu untuk dibawa pulang.


7. Tahun Zodiak Kalian Adalah Nasib Buruk

Dari siklus 12 tahun, Tahun Benming atau tahun binatang zodiakmu adalah yang paling sial bagi kalian. Orang Cina percaya bahwa anak-anak dapat dengan mudah ditangkap oleh setan.

Selama tahun ini, senjata pertahanan adalah warna merah. Sama seperti saat mendekorasi rumah dengan warna merah untuk perlindungan dan keberuntungan, kalian juga bisa mengenakan pakaian merah, dan banyak lagi.


8. Gerakan Tangan Yang Benar Untuk Salam Tahun Baru

Isyarat tangan untuk ucapan Tahun Baru adalah etiket yang sangat penting bagi orang-orang Cina. Pastikan kalian telah membuat gerakan tangan yang benar atau itu akan dianggap kasar.

Gerakan ini sedikit berbeda antara wanita dan pria. Pria perlu membuat twist dengan tangan kanan dan meletakkan tangan kiri di atasnya. Dalam Budaya Tiongkok, tangan kanan berarti menyerang. Tetapi ketika ditutupi oleh tangan kiri, itu menunjukkan niat baik. Sedangkan untuk wanita, posisinya berlawanan.


Baca juga artikel mengenai Hal-Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Tahun Baru Imlek disini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel