10 Fakta Tentang Festival Mid-Autumn Yang Jarang Diketahui


Festival Mid-Autumn adalah perayaan terpenting ke-dua di Cina, setelah perayaan tahun baru. Ada banyak tradisi yang dilakukan selama festival ini, tetapi yang terpenting adalah mengagumi bulan sambil menikmati kue bulan (mooncake), menerbangkan lentera, dan mengadakan reuni keluarga. Masih ada banyak hal lain mengenai perayaan istimewa ini yang akan kita bahas lebih lanjut.


Ilustrasi flickr.com

Fakta-Fakta Tentang Festival Mid-Autumn

1. Festival Mid-Autumn terdaftar dalam China’s Intangible Cultural Heritages

Festival Mid-Autumn berasal dari Dinasti Tang (618-907 M) dan berkembang saat Dinasti Song (960 - 1279 M), yang kemudian menjadi festival penting bagi orang Cina.

Pada tanggal 20 Mei 2006, Dewan Negara memasukkannya ke dalam China’s Intangible Cultural Heritages, karena menjadi hari untuk reuni keluarga. Ini kemudian dirayakan secara luas dengan tradisi-tradisi seperti mengagumi bulan purnama dan memakan kue bulan.


2. Pada hari Mid-Autumn, bulan purnama tidak selalu muncul

Pada hari ke-15 di bulan delapan tidak selalu menjadi malam bulan purnama. Ada kemungkinan bulan purnama terjadi pada hari ke-14, 16, atau 17 pada bulan itu.


3. Pernah menjadi Hari Valentine pada masa Tiongkok Kuno

Pada zaman kuno, selain dari Double Seventh Festival, Festival Mid-Autumn dianggap sebagai Hari Valentine lainnya. Itu berakar pada mitologi Cina tentang Lao Ye, Dewa Bulan yang bertanggung jawab atas cinta dan pernikahan.

Pada Festival Mid-Autumn, Lao Ye akan mengikat tali merah antara pasangan yang ditakdirkan menikah dan hidup bahagia selamanya. Jadi festival ini pada awalnya adalah festival untuk berdoa untuk cinta dan pernikahan yang bahagia.


4. "Kue Bulan" dinamai oleh Selir Yang dari Dinasti Tang

Faktanya adalah kue bulan pernah disebut "Hu Cake". Pada suatu malam Festival Mid-Autumn, Li Longji, Kaisar Dinasti Tang (618-907 M) dan Selirnya memakan Hu Cake. Li Longji berpikir bahwa nama "Hu Cake" tidak baik. Bulan terang di langit kemudian mengilhami Selir Yang, dan kemudian dia berkata "kue bulan" lebih baik. Sejak saat itu, nama "kue bulan" secara bertahap menyebar ke seluruh rakyat.


5. Cara yang tepat untuk memakan kue bulan adalah semua anggota keluarga membagikan sebuah kue bulan

Menurut kebiasaan tradisional, cara yang tepat untuk memakan kue bulan yang melambangkan bulan purnama adalah dengan dipotong-potong dan dibagikan ke semua anggota keluarga. Satu potong untuk setiap anggota keluarga, dan jika ada anggota keluarga yang tidak ada di rumah, potongan kue bulan milik mereka harus disimpan sampai mereka pulang untuk memakannya.


6. Libur umum tiga hari selama festival

Akan ada liburan tiga hari selama festival ini. Orang Cina suka menghabiskan waktu bersama keluarga mereka, atau melakukan perjalanan singkat ke luar kota. Tiket kereta api biasanya terjual habis dengan cepat selama festival dan tempat-tempat wisata terkenal biasanya cukup ramai dikunjungi.


7. Tren baru yaitu merayakan secara virtual

Di Cina, generasi yang lebih tua cenderung memberikan kotak kue bulan sebagai hadiah, sedangkan generasi yang lebih muda cenderung merayakannya dengan mengirimkan amplop merah kepada keluarga dan teman-teman mereka di WeChat.


8. Orang-orang Cina suka mendaki bukit atau berjalan di tepi danau untuk mengagumi bulan

Selama Festival Mid-Autumn, sangat populer untuk mengagumi bulan yang cerah. Oleh karena itu, orang Cina suka mencari tempat yang dekat dengan bulan untuk menghargainya sepenuhnya, seperti atap atau puncak gunung. Beberapa orang suka pergi ke tepi danau untuk menikmati malam yang santai bersama teman-teman.


9. Selain Cina, banyak negara Asia lainnya juga merayakan Festival Mid-Autumn

Di beberapa negara Asia, seperti Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, Iran, Thailand, Vietnam, Laos, Kamboja, Indonesia, dan Sri Lanka, orang-orang juga merayakan festival ini, tetapi dengan cara unik mereka sendiri.

Di Jepang, orang menyembah bulan dengan buah-buahan dan nasi, lalu duduk-duduk untuk menghargai bulan dan berbagi makanan. Di beberapa tempat orang-orang berkumpul di depan kuil untuk menyanyikan lagu dan menari.

Di Korea Utara, orang-orang mengagumi bulan, makan kue kacang dan beras ketan yang dibuat dari kacang pinus, chestnut, jujubes dan madu. Di pedesaan, orang juga mengadakan kegiatan olahraga seperti gulat, mengayun, memanah, dan menenun.

Di Sri Lanka, orang merayakan bulan purnama setiap bulan, tetapi perayaan termegah adalah saat Festival Mid-Autumn. Adat istiadat serupa dengan yang ada di Cina, seperti apresiasi bulan, penyembahan bulan, dan reuni keluarga, dengan karakteristik lokal sebagai tambahan.


10. Kue bulan terbesar di dunia

Setiap tahun, orang Cina akan mencoba membuat kue bulan sebesar mungkin untuk memecahkan rekor. Kue bulan terbesar dibuat di Shanghai pada tahun 2013. Beratnya sekitar 2.500 kg dengan diameter sekitar 2,5 meter. Itu jauh lebih besar dari tempat tidur kingsize dan lebih berat daripada mobil keluarga.




Referensi:
https://www.chinahighlights.com/festivals/mid-autumn-festival-facts.htm https://www.chinatravel.com/focus/mid-autumn-festival/facts-you-did-not-know-about-mid-autumn-festival/ https://www.travelchinaguide.com/essential/holidays/mid-autumn-festival-fun-facts.htm


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel