Ternyata Buang Tisu Ke Dalam Toilet Dianjurkan Di Jepang


Percaya atau tidak aturan penggunaan toilet berbeda-beda di setiap negara. Ambil saja contoh di negara Jepang yang terkenal akan kemajuan teknologinya. Di seluruh kamar mandi di Jepang, entah itu kamar mandi umum, kamar mandi hotel, penginapan (ryokan), restoran, stasiun, department store, hingga di rumah-rumah, kita diperbolehkan untuk membuang tisu ke dalam toilet setelah menggunakannya. Bukan hanya itu, ada banyak hal yang mungkin belum kalian ketahui tentang toilet di Jepang. So, langsung saja kita bahas.


Mengenal Lebih Dalam Toilet Di Jepang

Berbicara tentang toilet di Jepang tidak jauh-jauh dari yang namanya bidet. Yang belum tahu apa itu bidet, bidet merupakan penyemprot yang memercikkan air, yang dipasang di dudukan toilet. Ini akan secara efisien membersihkan area pribadi. Ini juga yang menjadi alasan mengapa orang Jepang menyukai bidet di kamar mandi mereka.

Bidet lebih efisien dalam membersihkan area pribadi daripada tisu toilet. Selain itu, prosesnya juga otomatis, yaitu kita hanya perlu menekan tombol. Fitur khusus ini sangat membantu, mengingat adanya kemungkinan kontaminasi mikroba pada tangan dan tisu toilet.

Ada juga bidet yang menyemprotkan air hangat untuk pembersihan. Bahkan ada yang dilengkapi dengan fitur pengering setelah pembersihan. Adapula yang memiliki penutup kursi sekali pakai, yang tentunya sangat berguna bagi yang tidak nyaman untuk duduk di toilet secara langsung. Jadi, jangan heran kalau toilet Jepang dianggap kelas dunia.


Ilustrasi Toilet di Jepang
pinterest.com

Tisu Toilet Di Jepang

Apakah orang Jepang menggunakan tisu toilet? Mengingat keefisienan penggunaan bidet, kalian mungkin menemukan atau tidak menemukan tisu toilet dalam kamar mandi di Jepang. Tetapi lebih seringnya, kalian akan menemukan tisu toilet di sisi dudukan toilet. Hal ini karena orang Jepang sangat perhatian, jadi mereka tetap menyediakan tisu toilet, meskipun mungkin orang tidak membutuhkannya.

Beberapa tempat umum di Jepang bahkan memiliki dua tempat tisu, dan tisu cadangan yang berlimpah di tiap bilik toilet. Contoh paling ekstrim dapat dilihat di toilet Momojirō, salah satu tempat minum di daerah Kyoto. Terdapat 80 tempat tisu yang menutupi salah satu dinding toilet wanita, dan semuanya terisi dengan tisu. Selain itu, dua dinding toilet pria juga tertutupi dengan tempat tisu yang terisi penuh. Karenanya, tisu toilet tidak perlu menjadi kekhawatiran bagi siapa pun di Jepang. ☺

Di Jepang kalian juga akan sering melihat tisu toilet dengan lipatan segitiga di bagian ujung depannya, terutama di hotel dan area akomodasi lainnya. Lipatan segitiga ini merupakan penanda bahwa toilet baru saja dibersihkan. Namun bagaimana jika lipatan itu ternyata dibuat oleh orang yang terakhir kali menggunakan toilet, dan bukannya oleh petugas kebersihan? Hal ini sempat memicu kontroversi online, karena tindakan seperti itu dapat menyebabkan kontaminasi menyebar.


Keunikan Tisu Toilet Di Jepang

Tahukah kalian, bahwa kalian bisa membuang tisu toilet bekas ke dalam toilet mana pun di Jepang? Pasti banyak yang heran akan hal ini, karena kebanyakan negara di Asia tidak mengizinkan hal tersebut. Rahasianya terletak pada keunikan dari tisu toilet Jepang. Jadi, jangan coba-coba membuang tisu asing lainnya ya, karena dapat menyebabkan masalah setelah disiram.

Apa sih keunikan dari tisu toilet Jepang? Sistem sanitasi dan tisu toilet di Jepang memiliki standar khusus, yakni tisu harus dapat larut dalam 100 detik setelah dimasukkan ke dalam air. Namun, tentu saja ini tidak berlaku untuk sampah tidak larut lainnya, seperti tisu biasa, pembalut wanita, serta kantong plastik. Sampah-sampah ini harus dimasukkan ke dalam tempat sampah yang biasa diberi label Sanitarii (kotak sanitasi) atau Echiketto (kotak etiket).

Hal unik lainnya dari tisu toilet Jepang adalah kemasannya. Betapapun pentingnya tisu toilet, masih ada orang yang malu membeli dan membawa gulungan tisu di depan umum. Karena itu, kemasan tisu toilet ada yang dibuat agar terlihat seperti radio atau tas belanja. Hal ini telah menarik perhatian di luar Jepang, bahkan menerima penghargaan iF Design Award di Jerman dan British D&AD Award untuk kreativitas.


Jadi, sekarang kalian tahu kan kecanggihan toilet di Jepang. Bisa dikatakan negara ini merupakan salah satu yang terunggul dalam hal sanitasi dan kebersihan. Fakta ini bisa dilihat dari tisu toilet, hingga fasilitas canggih seperti bidet. Baca juga artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut kecanggihan toilet di Jepang. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan memenuhi rasa penasaran kalian.



Referensi :
https://www.nippon.com/en/guide-to-japan/gu006003/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel