Top 5 Hidangan Dengan Rasa Sakura


Bunga sakura (cherry blossoms) tidak hanya indah untuk dilihat, tetapi juga memiliki rasa yang enak. Di Jepang, bunga sakura beserta daunnya, digunakan untuk membuat makanan ringan dan minuman yang enak dan unik, yang bisa dinikmati saat musim semi.

Jadi seperti apa rasa dari sakura? Untuk mengetahuinya, cobalah salah satu dari lima hidangan rasa sakura yang populer berikut ini.


1. Sakuramochi


Ilustrasi pinterest.com/thespruce.com

Sakuramochi (桜 餅) adalah manisan tradisional Jepang berupa kue beras (mochi) berwarna merah muda. Kue ini memiliki rasa manis, dengan bagian tengah berisi pasta kacang merah (anko), dan dibungkus dengan acar daun sakura.

Hidangan ini terutama populer pada perayaan Hinamatsuri atau Hari Perempuan, yang jatuh pada tanggal 3 Maret. Faktanya, berbagai daerah di Jepang memiliki gaya sakuramochi yang berbeda. Yang paling umum adalah:


Chomeiji (Gaya Kanto)

Pada kue mochi ini, tepung digunakan untuk membuat adonan. Kemudian pasta kacang merah ditaruh di antara adonan yang telah dilipat, dan dibungkus dengan acar daun sakura.


Domyoji (Gaya Kansai)

Kue mochi ini menggunakan beras ketan sebagai bahan dasarnya, dan kemudian dimasukkan anko ke dalamnya.


2. Sakura-cha

Sakura-cha atau teh bunga sakura merupakan salah satu jenis teh Jepang. Rahasianya terletak pada sakura asin yang ditambahkan ke dalam teh. Teh ini mengeluarkan aroma harum dan warna bunga sakura, dengan rasa teh yang sedikit asin.


Berikut langkah-langkah untuk membuat sakura-cha:
  1. Tuangkan air panas ke dalam cangkir yang berisi sebuah sakura dan tunggu selama beberapa menit. Ini akan menyegarkan bunga dan menghilangkan sebagian garam, sehingga teh tidak akan terlalu asin.
  2. Di dalam cangkir yang lain, tuangkan air panas yang baru dan taruh bunga sakura yang sudah segar di atasnya.
  3. Tambahkan air hasil rendaman dari cangkir pertama. Tambahkan sesendok demi sesendok, sampai mendapatkan rasa asin yang diinginkan.
  4. Teh sakura sekarang siap untuk dinikmati.

3. Sakura Matcha Kit Kat


Ilustrasi pinterest.com/8tokyo.com

Kit Kat termasuk snack yang sangat populer di Jepang, dan Sakura Matcha Kit Kat lebih populer lagi, karena biasanya hanya tersedia selama musim semi. Kalian bisa menikmati aroma krim bunga sakura yang terletak di antara wafer berlapis cokelat dengan rasa teh hijau.


4. Starbucks Limited Edition Sakura Drinks


Ilustrasi stories.starbucks.com

Starbucks menawarkan makanan dan minuman bertema sakura yang dirilis selama musim semi. Mereka tidak berhenti menambah varian baru seperti Milk Latte dan Frappuccino, dengan rasa stroberi, cokelat, dan sakura jelly.


5. Sakura Pocky


Ilustrasi twitter.com

Kalian pasti akan teringat pada bunga sakura ketika menggigit Pocky berlapis cokelat dengan rasa sakura yang manis dan asin. Sakura Pocky ini hanya dijual di toko-toko tertentu pada waktu terbatas.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel