Apa Itu Saus Worcestershire?


Saus Worcestershire pada dasarnya adalah bumbu fermentasi yang dibuat dari bahan dasar cuka. Rasanya gurih dan manis dengan bau khas yang dihasilkan oleh cuka. Saus Worcestershire dapat digunakan untuk marinasi dan sebagai bumbu.


Asal Atau Sejarah Saus Worcestershire

Dinikmati selama beberapa generasi, saus Worcestershire dikembangkan pada tahun 1835 oleh dua ahli kimia dari Worcester, Inggris. Kedua ahli kimia ini bernama John Lea dan William Perrins.

Mereka bereksperimen dengan saus bumbu berbahan dasar cuka, dan kemudian meninggalkan saus yang rasanya tidak enak. Tertinggal di ruang bawah tanah, saus tersebut terfermentasi dan mengembangkan rasa yang kompleks.

Pada proses pembuatannya, saus didiamkan selama dua tahun dengan diaduk secara berkala. Campuran tersebut kemudian disaring dan dimasukkan ke dalam botol.

Saus tersebut kemudian menyebar ke seluruh Eropa, Amerika, dan ke seluruh dunia, dan menjadi apa yang kita kenal sebagai saus Worcestershire. Saat ini saus Worcestershire diproduksi oleh banyak pengecer komersial yang berbeda, juga di bawah label aslinya Lea & Perrins.


Ilustrasi flickr.com

Apa Kandungan Dari Saus Worcestershire?

Komponen utama dari saus Worcestershire adalah cuka yang berfungsi memberi rasa tajam dan untuk mengawetkan komponen lain dari saus. Komponen lainnya adalah ikan teri yang menambahkan cita rasa umami (gurih). Sementara untuk rasa unik yang ada pada saus Worcestershire, diperoleh dari asam jawa, buah tamarindus indica atau kurma India dalam bahasa Arab.


Varietas Saus Worcestershire


Gluten-free Worcestershire

Kepopuler dari diet bebas gluten mungkin menjadi salah satu alasan saus Worcestershire versi ini dibuat dengan cuka putih suling, daripada cuka malt yang mengandung gluten. Untuk memastikan apakah saus Worcestershire tersebut bebas gluten, periksa pada labelnya.


Vegetarian atau Vegan Worcestershire

Pada saus Worcestershire versi vegan atau vegetarian, kandungan ikan teri dalam resep aslinya dihilangkan. Hal ini biasanya akan ditampilkan dengan jelas pada label yang tertera.


Low Sodium Worcestershire

Saus Worcestershire dengan merek Lea & Perrins, serta beberapa merek lain menghasilkan versi yang lebih rendah natrium. Ini sangat sesuai bagi mereka yang menjalani diet rendah natrium, atau yang tidak menyukai makanan yang asin.


Bagaimana Rasa Dari Saus Worcestershire?

Saus Worcestershire memiliki rasa tajam, gurih, manis, dan asin. Keseimbangan rasa dari saus Worcestershire membuatnya menjadi bumbu yang sangat baik. Ini terutama disukai karena menambahkan rasa umami.

Meski begitu, rempah-rempah yang disertakan dalam saus Worcestershire dapat berbeda berdasarkan mereknya. Bahkan dalam merek yang sama, seperti Lea & Perrins, versi AS lebih asin dan lebih manis daripada versi Inggrisnya.


Kegunaan Saus Worcestershire

Saus Worcestershire dapat digunakan dengan berbagai cara dalam memasak. Ini sering digunakan sebagai bahan dalam marinasi atau dioleskan ke daging, ikan, atau unggas saat dipanggang atau digoreng. Saus ini dapat juga digunakan saat mengukus, memanggang, atau menumis sayuran.

Selain itu, saus Worcestershire dapat digunakan sebagai bumbu pada sandwich dan kerang, atau bumbu untuk salad. Tidak hanya itu saja, saus Worcestershire juga sering digunakan dalam sup dan semur sebagai bumbu dan penambah cita rasa.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel