Perayaan dan Tradisi Telur Merah


Tahukah kalian bahwa telur merah melambangkan harapan baik untuk awal yang baru dalam budaya Tiongkok? Warna merah adalah simbol Cina untuk keberuntungan. Karenanya, telur merah memiliki arti khusus dan digunakan pada banyak perayaan. Berikut ini adalah perayaan-perayaan dimana telur merah digunakan.


1. Perayaan Ulang Tahun Satu Bulan Bayi

Telur merah paling identik dalam perayaan tradisional Cina untuk ulang tahun satu bulanan bayi. Kebiasaan ini telah ada sejak zaman kuno. Di masa lalu, tingkat kematian bayi di Cina tergolong tinggi, dan bayi yang mencapai hari ke-30 diyakini telah melampaui tahap bahaya.

Secara tradisional, ini juga saat bayi diberi nama. Orang Tionghoa percaya bahwa nama dapat berpengaruh pada kehidupan seseorang. Oleh karena itu, memilih nama yang baik untuk anak sangatlah penting. Bahkan, seluruh keluarga dapat membantu dalam memilih nama bayi tersebut.

Telur merah digunakan dalam perayaan ini karena telur melambangkan kesuburan dan pembaruan hidup. Dan bila diwarnai dengan warna merah, dipercaya membawa keberuntungan bagi sang anak. Biasanya, orang tua akan mengirimkan telur berwarna merah cerah ke teman dan kerabat untuk mengumumkan kelahiran anak mereka. Mereka akan mengirim telur berjumlah genap untuk anak laki-laki, dan telur berjumlah ganjil untuk anak perempuan.

Hingga sekarang, tradisi ini terus berlanjut sebagai cara bagi orang tua yang bangga untuk memperkenalkan bayi baru mereka kepada keluarga dan teman lain. Para kerabat kemudian akan menyelipkan atau menyematkan amplop merah berisi uang keberuntungan di pakaian bayi.


Ilustrasi flickr.com


2. Hari Ulang Tahun

Telur melambangkan kelahiran atau awal yang baru. Sementara warna merah berarti kemakmuran dan keberuntungan bagi orang Tionghoa. Hal ini menjelaskan mengapa orang Cina makan telur merah saat hari ulang tahun mereka.


3. Hari Pernikahan

Telur merah juga memiliki arti khusus yang mengimplikasikan kebahagiaan terkait pernikahan atau kelahiran. Telur bergizi tinggi, serta merupakan simbol kesuburan. Karenanya, tidak mengherankan jika kita menemukan telur merah digunakan dalam perayaan pernikahan.


4. Perayaan Paskah Yunani

Telur merah juga mewakili kelahiran kembali, dan digunakan saat perayaan paskah untuk memainkan permainan yang menyenangkan, dimana masing-masing pemain memiliki telur dan mencoba memecahkan telur pemain lain dengan mengetuknya perlahan dari ujung ke ujung. Pemain yang memecahkan telur pemain lain adalah pemenangnya, dan dikatakan memiliki keberuntungan untuk tahun depan.


Cara Membuat Telur Merah

Bahan yang dibutuhkan :

6 butir telur rebus
Pewarna makanan merah
1 sdt cuka (untuk membantu mengatur warna)
1/2 cangkir air panas (kalian bisa juga menggunakan air hasil rebusan telur)
kira-kira 25 tetes pewarna makanan merah
Sendok
Rak Pendingin

Langkah-langkah pembuatannya :

1. Rebus telur hingga matang dan biarkan dingin selama kurang lebih 5 menit.
2. Campur cuka, pewarna makanan, dan air panas ke dalam mangkuk kecil.
3. Dengan menggunakan sendok, masukkan 1-2 butir telur sekaligus ke dalam campuran warna, dan bolak-balik.
4. Angkat telur dengan sendok dan letakkan di rak untuk dikeringkan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel