Memahami Diskon di Cina Yang Membingungkan


Cina terkenal sebagai surga belanja. Bagaimana tidak, barang-barang di Cina tergolong murah dengan kualitas yang cukup oke. Tidak hanya itu saja, ada saat dimana dilakukan diskon besar-besaran, seperti saat menjelang natal dan tahun baru. Tentunya, ini akan sangat menggiurkan bagi para shopaholic.

Banyak yang mengatakan diskon di Cina itu membingungkan. Itu BENAR. Diskon di Cina tidak memiliki tanda %, dan tidak berfungsi sama seperti yang kita ketahui. Jika kalian pertama kali pergi ke Cina, dan melihat tanda semacam ini:

9 折 = diskon 90 %

Benarkah??! Jawabannya TIDAK sama sekali. Jangan melihat tanda di atas, dan menjadi kalap dengan memborong banyak barang. Tanda di atas bukan berarti barang tersebut mendapat diskon 90 %. Jangan tertipu !

Jadi, bagaimana cara kerja sistem diskon di Cina? Berikut penjelasannya.

Diskon di Cina ditandai dengan karakter (zhé). Ini berasal dari kata 打折 (dǎzhé), yang berarti memberi diskon. Sistem diskon di Cina sama sekali berbeda dengan yang biasa kita ketahui, dan merupakan kebalikannya.

Jika biasanya kalian melihat diskon 90%, maka menutut diskon di Cina, kalian sebenarnya membayar 90 % dari harga aslinya. Ini berarti, 90折 sebenarnya berarti barang tersebut hanya diskon 10 %.



Rumit? Tenang saja, jangan pusing. Inilah cara yang tepat untuk membaca diskon 折 zhé. Jika kalian melihat:

1 折 , maka kalian akan membayar 10 % dari harga asli (diskon 90 %)

2 折 , maka kalian akan membayar 20 % dari harga asli (diskon 80 %)

4 折 , maka kalian akan membayar 40 % dari harga asli (diskon 60 %)

6 折 , maka kalian akan membayar 60 % dari harga asli (diskon 40 %)

9 折 , maka kalian akan membayar 90 % dari harga asli. (diskon 10 %)

Ini agak rumit pada awalnya. Yang perlu kalian lakukan hanyalah mengalikan harga asli dengan angka yang kalian lihat. Begitulah cara orang Cina melihatnya. Jadi, biasakan untuk berpikir "Saya akan membayar xx % dari harga yang tertera".

Satu tips ekstra terakhir adalah kalian perlu memperhatikan karakter kecil 起 qǐ yang suka menyelinap di samping . Ini artinya "sampai". Jadi tulisan 8 折起 berarti diskon hingga 20 %.

Ngomong-ngomong, 打折 dǎzhé adalah kata yang sangat berguna untuk diketahui. Lain kali ketika kalian berada di restoran Cina, coba tanyakan “打折 吗? dǎzhé ma?” saat kalian akan membayar. Mungkin kalian bisa mendapatkan diskon.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel