Festival Tulip, Waktu Terbaik Mengunjungi Belanda

Tulip Time di Belanda
Ilustrasi discoverholland.com 


Periode mekarnya bunga di Belanda adalah salah satu peristiwa bunga terbesar di dunia. Bagi banyak orang, Tulip Time ini adalah alasan utama untuk mengunjungi Amsterdam dan Belanda pada bulan Maret, April, dan Mei. Karenanya, tidak heran jika setiap musim semi, Belanda menjadi tempat untuk mengagumi ladang bunga yang berwarna-warni. Pada waktu ini, Belanda akan dipenuhi dengan banyak tulip yang berjejer di jalanan, dan kamu bisa melihat kebun tulip di seluruh kota.


SEJARAH TULIP TIME

Gagasan mengenai Tulip Time pertama kali diperkenalkan oleh Miss Lida Rogers dalam pertemuan Klub Sastra Wanita pada tahun 1927. Beliau yang merupakan seorang guru biologi di Sekolah Menengah Belanda pada masa itu, menyarankan agar Belanda mengadopsi tulip sebagai bunga karena hubungannya yang dekat dengan Belanda.

Kemudian pada tahun 1928, di bawah Walikota Ernest C. Brooks, dialokasikan dana untuk membeli 100.000 umbi tulip. Umbi ini kemudian ditanam di taman kota dan daerah lain. Dengan demikian, pada bulan Mei 1929, ribuan tulip mekar di Belanda. Orang-orang diundang untuk datang  dan menikmati pemandangan tersebut selama seminggu.

Dikarenakan minat yang ditunjukkan pada festival ini sangat besar, maka diputuskan untuk menjadikan Tulip Time sebagai acara tahunan. Festival ini menjadi sarana untuk melestarikan kostum tradisional Belanda, serta adat dan tradisi Belanda kuno. Baik pengunjung serta penduduk kota sangat antusias menyambut festival yang unik dan indah ini.

Festival Tulip Time sempat dihentikan selama Perang Dunia II, tetapi minat masyarakat tetap besar. Karenanya, festival ini kembali dilanjutkan setelah Perang Dunia II. Festival ini terus meningkatkan acara dan kegiatan yang ditawarkan setiap tahun.

Festival Tulip Time ini menyediakan hiburan untuk segala usia, termasuk konser, parade, Tari Klompen, Kompetisi Town Crier, Pameran Seni & Kerajinan, Tur Trolley, Kinderplaats, teater, kembang api, beberapa atraksi daerah yang unik dan masih banyak lagi. 


FESTIVAL TULIP DI BELANDA


Setiap tahun pada festival tulip di Belanda, varietas tulip baru dipajang. Selama Festival Tulip, kamu akan melihat bunga-bunga mekar di 85 lokasi, diantaranya.
  • Area umum Amsterdam
  • Taman-taman, museum, dan hotel di kota
  • Bangunan-bangunan terkenal di pusat kota serta di berbagai distrik di Amsterdam
  • Area publik lainnya


Festival ini berlangsung dari akhir Maret hingga pertengahan Mei. Tergantung saat kapan kamu berkunjung, kamu akan melihat bunga-bunga yang berbeda. Namun, tulip berbunga selama seluruh festival. Kamu juga dapat melihat eceng gondok, bakung, anggrek, dan bunga musim semi lainnya.

Beberapa tulip terbaik dan paling menarik ada di Paviliun Indoor. Paviliun adalah tempat dimana kamu akan melihat hampir semua warna tulip dan jenis yang bisa dibayangkan. Mereka selalu bereksperimen dengan warna dan jenis tulip baru. Kamu juga dapat membeli beberapa umbi tulip untuk ditanam di rumah jika mau. Kamu bisa mendapatkannya langsung di Taman Keukenhof di Lisse atau di pusat taman terapung di kanal-kanal di Amsterdam.



TEMPAT TERBAIK UNTUK MENIKMATI TULIP


1. Taman Keukenhof

Taman Keukenhof  merupakan rumah dari Festival Tulip Amsterdam di Belanda dan merupakan taman tulip paling terkenal di dunia. Taman ini terletak di kota kecil Lisse, bagian selatan Amsterdam dan dapat dicapai dalam waktu satu jam dengan kereta dari Amsterdam.

Untuk tahun ini, Taman Keukenhof buka mulai 22 Maret - 19 Mei 2019. Ada juga Parade Bunga Keukenhof yang terkenal di dunia yang diadakan pada 13 April 2019.


2. Tulip Fields

Kunjungan ke Tulip Fields merupakan hal wajib yang harus kamu lakukan jika berada di Belanda selama musim semi. Sangat disarankan untuk menjelajahi Tulip Fields dengan menyewa sepeda atau mengikuti tur bunga. Setiap hari Sabtu di bulan April 2019, juga tersedia penerbangan helikopter di atas ladang bunga. Kamu bisa menikmati pemandangan ladang bunga yang berwarna-warni dan mengabadikan momen tersebut.


3. Flevoland

Flevoland tidak begitu terkenal, padahal tempat ini memiliki rute tulip terpanjang dan paling indah di NoordoostpolderFlevoland memiliki ladang seluas 5.000 hektar yang dilengkapi kuntum bunga berwarna merah, kuning dan ungu.

Flevoland merupakan salah satu wilayah pertumbuhan bunga paling besar di Belanda. Setiap tahun pada musim semi, terdapat "Flower-bulb Route" yang spektakuler sepanjang lebih dari 100 kilometer dan melalui hampir 2.500 hektar ladang bunga. Rute tersebut telah menjadi rute terpanjang dan terlengkap di Belanda. Bahkan, pada tahun 2009, National Geographic menetapkan rute tersebut sebagai salah satu rute perjalanan darat unggulan.



CARA MENIKMATI KEINDAHAN TULIP


1. Naik sepeda di Tulip Fields

Untuk pengalaman klasik di Belanda, kamu dapat menyewa sepeda dan berkendara di sekitar Tulip Fields di Lisse. Ini merupakan cara yang menyenangkan untuk melihat bidang tulip yang berwarna-warni dan mengambil foto. Kamu bisa menyewa sepeda terlebih dahulu dengan memesan secara online. Sepeda bisa disewa selama 3 jam atau sepanjang hari. Sebaiknya kamu menyewa sepeda untuk sepanjang hari, karena tidak ada perbedaan besar dalam harganya.


2. Mengemudi mobil listrik di Tulip Fields

Jika kamu tidak ingin mengendarai sepeda, cara baru yang benar-benar unik dan keren untuk melihat ladang tulip adalah dengan menyewa mobil listrik. Mobil ini sebenarnya mirip seperti kereta golf. Kamu dapat menyewa untuk mengemudi sendiri di sekitar ladang tulip dengan cara yang ramah lingkungan. Dengan begitu, kamu dapat berhenti dan mengambil foto sesering mungkin di lokasi-lokasi favoritmu.


3. Tur Bunga Tulip 

Bagi yang tidak ingin mengatur perjalanan sendiri, dapat mengikuti Tur Taman Keukenhof dan Tur Tulip Fields. Tur ini diadakan beberapa kali dalam sehari dengan titik awal di pusat kota Amsterdam.


Jika kamu menyukai tulip atau bunga atau berkebun secara umum, kamu akan menyukai festival tulip Amsterdam di Keukenhof. Selama Festival Tulip, kamu akan menemui bunga-bunga tulip yang indah di mana-mana di Amsterdam. Ini merupakan cara yang sempurna untuk menyambut musim semi bagi para penggemar bunga.  Enjoy the tulip ^.^


Referensi:
https://www.tuliptime.com/about/tulip-time-festival-history
https://www.holland.com/global/tourism/plan-your-holiday/events/tulip-festival.htm


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel