Asal Nama Black Forest Cake Dan Sejarahnya

asal nama dan sejarah kue black forest
Ilustrasi pixabay.com/Tabea7

Siapa yang tidak kenal dengan kue Black Forest. Bahan utama dari kue Black Forest adalah ceri, coklat, dan whipped cream. Kue cokelat ini memiliki banyak lapisan dimana tiap lapisnya diberi krim kocok manis dengan ceri yang dioleskan di bagian atas, serta serutan cokelat yang menutupi sisi kue. Namun, darimana sih ide dari pembuatan kue Black Forest ini, dan kenapa dinamai demikian?


Asal Nama Kue Black Forest

Ada banyak pendapat tentang bagaimana kue Black Forest mendapatkan namanya. Beberapa mengatakan bahwa ada kemungkinan kue tersebut mendapatkan namanya dari kostum tradisional yang dikenakan oleh wanita di kawasan Black Forest, di salah satu negara bagian Jerman.

Kostum ini berupa gaun hitam (seperti serpihan cokelat), blusnya putih (seperti krim), dan topinya memiliki pom-pom merah yang mirip dengan buah ceri. Dalam Bahasa Jerman, kue ini disebut Schwarzwderkirschtorte, yang berarti Black Forest Cherry Torte atau Gateau.


Sejarah Kue Black Forest

Sejarahwan percaya bahwa kue Black Forest berasal dari akhir abad ke-16, di kawasan Black Forest (der Schwarzwald dalam Bahasa Jerman) yang terletak di negara bagian Baden-Wttemberg. Nama Schwarzwald, menggambarkan kegelapan dan misteri dari konsep romantis Jerman tentang Waldeinsamkeit atau kesepian hutan.

Pada masa itu, cokelat pertama kali diintegrasikan ke dalam kue. Ini juga didukung karena wilayah Schwarzwald terkenal akan ceri asam dan Kirsch atau Kirschwasser (brendi ceri suling bening yang dibuat dari ceri asam Morello).

Kemudian pada tahun 1915, Josef Keller, seorang koki pastry di Bad Godesberg untuk pertama kalinya menciptakan apa yang disebutnya "Schwarzwaelder Kirsch" atau "Black Forest Cherry". Setelah waktunya di militer, Josef Keller mendirikan kafe sendiri Radolfzell. Josef Keller kemudian memberikan buku resepnya yang berisi resep asli kepada muridnya, August Schaefer.


Seperti Apa Kue Black Forest Yang Asli?

Kue Black Forest merupakan kue dengan kombinasi cokelat dan buah-buahan. Dalam setiap gigitan, akan mengungkapkan rasa ceri yang berada dalam lapisan kue coklat. Singkatnya, ini sangat enak. Tapi tahukah kalian bahwa kue Black Forest yang asli rasanya berbeda?

Versi Jerman dari kue Black Forest yang asli, memiliki lapisan cake yang basah. Sponge cake cokelatnya harus direndam minuman keras. Kemudian diberi krim kocok yang kaya, dan ceri asam di antara lapisan-lapisannya.

Kirsch atau Kirschwasser (bahasa Jerman dari ceri adalah "Kirsch", sedangkan air adalah "Wasser") adalah brendi buah jernih tanpa pemanis dan tidak berwarna. Ini secara tradisional dibuat dari distilasi ganda buah ceri Morello, ceri asam Jerman. Karenanya, kue akan memiliki rasa buah yang kuat dan unik. Tentunya, ini paling baik dinikmati oleh orang dewasa saja.

Terlepas dari asal-usul kue Black Forest dan banyaknya variasinya, kue Black Forest masih tetap menjadi kue yang sangat disukai semua orang.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel