Etiket Korea: 11 Kebiasaan Yang Perlu Kalian Ketahui


Beda negara, beda pula kebiasaan dan etiketnya. Korea Selatan memiliki adat istiadat, tradisi, dan etiket tertentu yang telah berkembang selama bertahun-tahun, dan banyak di antaranya berbeda dari kebanyakan negara lain. Meskipun orang Korea pada umumnya menerima segala kecerobohan budaya yang dibuat pengunjung, jauh lebih baik bagi kalian untuk mengetahui etiket yang benar sehingga dapat membuat kesan yang baik. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu kalian ketahui tentang etiket Korea.


11 Kebiasaan Korea yang Perlu Kalian Ketahui


1. Gunakan Dua Tangan Saat Berjabat Tangan


Ilustrasi joelstraveltips.com

Orang Korea mengikuti hierarki sosial yang sebagian besar didasarkan pada usia. Karena kalian tidak selalu bisa mengetahui usia seseorang saat pertama kali bertemu, lebih baik untuk berhati-hati. Salah satu caranya adalah dengan cara kalian berjabat tangan.

Orang Korea membedakan antara menggunakan dua tangan atau satu tangan untuk berjabat tangan. Menggunakan satu tangan untuk berjabat tangan dapat digunakan oleh seseorang yang berpangkat lebih tinggi kepada seseorang yang berpangkat lebih rendah, tetapi tidak sebaliknya. Ini dianggap tidak sopan.

Kalian mungkin juga memperhatikan bahwa beberapa orang Korea akan membungkuk sedikit saat berjabat tangan. Ini biasanya dilakukan untuk seseorang yang lebih tua atau lebih tinggi.

Jadi, apa yang sebaiknya dilakukan? Agar aman, yang terbaik adalah menunjukkan sopan santun kalian dengan menjabat tangan seseorang menggunakan dua tangan saat pertama kali bertemu. Hal yang sama berlaku juga saat menerima sesuatu yang diberikan seseorang kepada kalian. Pastikan kalian menerima barang dengan kedua tangan. Kalian bisa juga menerimanya dengan tangan kanan sambil memegang pergelangan tangan kanan dengan tangan kiri. Tindakan sederhana itu akan sangat bermanfaat.

Begitupula jika seseorang membungkuk saat menjabat tangan kalian, bersikap sopanlah untuk membalasnya. Jelas aman untuk membungkuk kepada seseorang yang lebih tua atau lebih tinggi tingkatnya dari kalian, terlepas dari apakah mereka menawarkan isyarat terlebih dahulu.


2. Jangan Memanggil Orang Dengan Nama Depan Mereka

Meskipun memanggil orang dengan nama depan mereka adalah hal yang lumrah di sebagian besar budaya, namun tidak demikian halnya di Korea Selatan. Cara kalian memanggil nama seseorang harus didasarkan pada hierarki sosial.

Hal yang paling tepat untuk dilakukan adalah dengan menanyakan kepada orang tersebut bagaimana dia ingin dipanggil. Seringkali mereka akan memberikan versi nama Korea atau nama Inggrisnya, sehingga memungkinkan kalian untuk menghindari situasi yang tidak nyaman.


3. Jangan Menulis Nama Dengan Tinta Merah

Menurut kepercayaan orang Korea, adalah nasib buruk untuk menulis nama seseorang menggunakan tinta merah. Beberapa orang sangat percaya pada takhayul ini. Dulu, nama orang yang meninggal ditulis dengan tinta merah di kartu keluarga dan spanduk pemakaman.


4. Ikuti Urutan Makan Di Meja Makan

Menurut budaya orang Korea, Sebelum kalian mengambil sumpit, perhatikan semua yang berada di meja makan. Kecuali jika kalian adalah orang tertua, merupakan sopan santun untuk membiarkan orang tertua memulai sebelum kalian.

Jika kalian tidak yakin dengan usia orang lain, sebaiknya tunggu dan biarkan yang lain memulai terlebih dahulu. Mungkin tuan rumah atau penyelenggara makan malam akan memberi kalian lampu hijau untuk mulai makan. Selain itu, mereka akan terkesan dengan upaya kalian untuk mempelajari tata krama Korea.


5. Gunakan Versi Bahasa Korea Yang Sopan

Jika kalian ingin belajar bahasa Korea, kata pertama yang harus kalian pelajari adalah 고맙습니다 - gomabseubnida (terima kasih). Bahasa Korea memiliki berbagai bentuk kata berdasarkan hierarki dan peringkat sosial, jadi yang terbaik adalah bersikap lebih sopan. Kata-kata biasanya dapat diselesaikan dengan akhiran -seyo "- 세요", contohnya 주세요 - juseyo.


6. Hindari Tempat Duduk Yang Diperuntukkan Bagi Orang Hamil, Lanjut Usia, dan Cacat

Transportasi umum di Korea Selatan merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat menggunakannya, termasuk wanita hamil, orang cacat, dan orang tua. Karenanya, tersedia kursi khusus untuk mereka di bus dan kereta bawah tanah.

Di bus, kalian dapat duduk di kursi tersebut, namun kalian harus bangkit dan menawarkan tempat duduk kepada mereka yang berhak jika kalian melihatnya. Di kereta bawah tanah sendiri, kebanyakan orang biasanya tidak duduk di bagian tempat duduk lansia dan penyandang cacat. Kalian dapat mengidentifikasi kursi dengan melihat gambar yang tertera di atas area tempat duduk atau kalian mungkin melihat tanda 노약자 석 - no yak ja suk, yang berarti "tempat duduk yang disediakan untuk orang cacat, orang tua, dan wanita hamil".


7. Menuang Minuman Beralkohol Dengan Benar

Di Korea Selatan, minum seringkali menjadi bagian dari budaya, dan kalian tidak boleh menuang minuman kalian sendiri. Kalian harus menuangkan minuman orang lain, dan mereka akan membalas menuangkan untuk kalian.

Sama halnya seperti kalian harus menggunakan dua tangan untuk berjabat tangan, pastikan juga menggunakan dua tangan untuk menuangkan alkohol kepada seseorang. Jika kalian menjadi dekat dengan orang lain dari waktu ke waktu atau mereka memiliki tingkatan lebih rendah, kalian dapat menggunakan satu tangan. Jika kalian tidak yakin, yang terbaik adalah menggunakan dua tangan.


8. Menerima Kartu Nama Dengan Benar

Saat bertukar kartu nama pada sebuah pertemuan, kalian mungkin secara naluri akan memasukkannya ke dalam saku atau menulis beberapa catatan di atasnya. Jangan lakukan itu di Korea Selatan. Di Korea, kartu nama merupakan representasi dari orang tersebut, jadi pastikan kalian memberikan rasa hormat yang sesuai.

Saat pertama kali menerima kartu nama, ambillah kartu tersebut dengan dua tangan. Lihatlah sebentar (sekitar 5 - 15 detik) untuk membacanya, dan tunjukkan bahwa kalian berusaha untuk membaca kartu tersebut. Letakkan kartu di depan kalian ketika duduk, dan jangan membuat tanda apa pun pada kartu di depan orang yang bersangkutan. Ini adalah salah satu bagian yang sangat penting dari etiket bisnis Korea yang benar.


9. Jangan Membuang Ingus Di Depan Orang Lain

Di banyak negara, salah satu suara yang paling mengganggu adalah mendengar seseorang terus menerus mengendus dengan hidung meler. Di Korea, suara tersebur tidak terlalu mengganggu, namun tindakan membuang ingus cukup tidak menyenangkan untuk didengar orang Korea. Ini terutama berlaku di meja makan. Karenanya, sebaiknya lakukan hal tersebut di kamar kecil.


10. Waspada Terhadap Perbedaan Nama Keluarga

Ketika kalian bertemu dengan pria Korea yang lebih tua, dia mungkin akan memperkenalkan dirinya dengan menggunakan kata "Tuan" ditambah nama keluarganya, misalnya Tuan Kim. Kalian bisa memanggilnya seperti itu, dan akan dianggap sopan di antara kebiasaan Korea. Namun, ketika dia memperkenalkan istrinya, kemungkinan besar bukanlah Nyonya Kim. Jangan heran, menurut budaya Korea, ketika seseorang menikah, istrinya tetap menggunakan nama keluarganya. Namun, anak-anak mereka akan menggunakan nama keluarga ayahnya.


11. Menerima Undangan Untuk Keluar Malam

Saat berada di Korea Selatan, pastikan kalian tidak melewatkan kesempatan untuk bepergian bersama orang Korea. Baik itu pertemuan bisnis atau kumpul-kumpul sangat berharga. Tidak hanya kalian memberikan kesan yang baik bagi teman atau kolega kalian, hal ini juga akan membantu kalian untuk memahami budaya serta etiket Korea dengan lebih baik.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel