Berbagai Cara Untuk Menyatakan Persetujuan "Ya" Dalam Bahasa Mandarin


"Ya" adalah kata yang sangat berguna dalam bahasa apa pun. Kalian menggunakannya untuk menunjukkan persetujuan dan antusiasme dalam berbagai situasi berbeda. Dalam bahasa Mandarin, bentuk paling dasar dari "ya" adalah 是 shì. Tetapi jika kalian menonton film Mandarin dan video dalam bahasa Mandarin, kalian akan segera menyadari bahwa 是 的 tidak selalu muncul dalam situasi "ya".

Ada banyak cara berbeda untuk menyatakan "Ya" dalam bahasa Mandarin. Dalam artikel ini, kalian akan mempelajari berbagai cara mudah namun berguna untuk menyatakan "Ya" dalam bahasa Mandarin. Ungkapan-ungkapan ini sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, karenanya kalian perlu untuk sering mempraktikkannya.


1. 是 - Shì

Kata yang paling dasar dan mungkin paling kalian kenal untuk mengatakan "Ya" dalam bahasa Mandarin adalah 是 Shì. Sebagai kata sifat, berarti "benar, betul". Berikut contoh penggunaannya yang paling sederhana.

A : 这是你的钱吗?
zhè shì nǐ de qián ma?
Apakah ini uangmu?

B : 是的
Shì de
Ya.

Kata ​​ juga bisa digunakan untuk mengecek sesuatu, misalnya untuk menanyakan apakah seseorang melakukan sesuatu atau untuk memastikan sesuatu. Perhatikan contoh berikut.

1. A : 冰箱 里 的 可乐 是 谁 喝完 的?
Bīngxiāng lǐ de kělè shì shuí hē wán de? 
Siapa yang meminum semua coke di kulkas?

B : 是 Angel (喝完 的)。
Shì Angel (hē wán de).
Angel yang melakukannya.


2. A : 请问 你 是 林先生 吗 ?
Qǐngwèn nǐ shì lín xiānshēng ma?
Permisi, apakah anda Tuan Lin?

B : 是 的, 我 是。
Shì de, wǒ shì.
Ya, saya Tuan Lin.


2. 没错 - méi cuò / 对 - duì

Kata 没错 méi cuò dan 对 duì digunakan ketika kalian ingin menunjukkan kepada seseorang bahwa kalian setuju dengan sesuatu yang mereka katakan. Kata secara harfiah berarti "benar". Jadi, mudah untuk memahami mengapa ini bisa digunakan sebagai "Ya". Sementara 没错 jika diterjemahkan secara harfiah kata per kata, berarti "tidak salah". Karena itu, ini juga sering digunakan sebagai cara untuk mengatakan "itu benar".

Dalam beberapa kasus, digunakan kata 没错 dan 对 sebagai pengganti 是. Misalnya dalam contoh sebelumnya, ungkapan "是 的" dapat diganti dengan 对 atau 没错, karena dalam hal ini artinya sama. Supaya kalian bisa memahami penggunaan dari 没错 dan 对 dalam situasi ini, mari kita pikirkan kembali contoh sebelumnya.

A : 请问 你 是 林先生 吗? 
Qǐngwèn nǐ shì lín xiānshēng ma?
Permisi, apakah Anda Tuan Lin?

B : 对 / 没错 。
Duì / Méi cuò.
Benar / itu benar.

Perhatikan bagaimana bagaimana 没错 atau 对 cocok dengan sempurna sebagai jawabannya.

Penggunaan lain yang sangat penting dari 没错 dan 对 adalah dalam percakapan yang berisi pertukaran pendapat pribadi. Faktanya, selama kalian setuju dengan pendapat orang lain, kalian dapat menggunakan baik 没错 atau 对 untuk menunjukkan persetujuan kalian. Dan karena keduanya pada dasarnya memiliki arti yang hampir sama, kalian dapat memilih untuk menggunakan yang paling sesuai dengan preferensi pribadi kalian. Perhatikan contoh berikut.

A : 这件衣服真好看。
Zhè jiàn yīfú zhēn hǎokàn.
Baju ini bagus.

B : 对/ 没错, 我也觉得。
Duì/ Méi cuò, wǒ yě juédé.
Ya, saya pikir juga begitu.


3. 行 - xíng / 好 - hǎo / 可以 - kěyǐ

Ketiga kata 行 / 好 / 可以 semuanya berarti "Ok", dan kegunaannya mirip dengan "Ok, fine, good" dalam bahasa Inggris. Ketiga kata ini kebanyakan digunakan ketika seseorang meminta bantuan dan kalian tidak keberatan untuk membantu. Perhatikan contoh berikut ini.

A : 你 需要 我 帮 你 带 早餐 吗?
Nǐ xūyào wǒ bāng nǐ dài zǎocān ma?
Apakah kamu membutuhkan saya untuk membawakanmu sarapan?

B : 好啊 , 你 不 介意 的 话.
Hǎo a, nǐ bù jièyì dehuà.
Ok, jika kamu tidak keberatan.

Kata-kata ini juga dapat digunakan ketika seseorang menawarkan sesuatu yang tidak dapat kalian tolak, seperti dalam contoh berikut.

A ; 你 今晚 想 去看 电影 吗?
Nǐ jīn wǎn xiǎng qù kàn diànyǐng ma?
Apakah kamu ingin pergi ke bioskop malam ini?

B : 可以 啊, 你 想看 什么 电影?
Kěyǐ a, nǐ xiǎng kàn shénme diànyǐng?
Boleh, film apa yang ingin kamu tonton?

Kata 好 / 行 / 可以 tidak dapat digunakan sebagai pengganti kata 是 / 对 / 没错, karena artinya tidak sama. Kok bisa? Coba bayangkan, jika seseorang datang dan bertanya apakah Anda Tuan Lin? Kalian tidak akan menjawab dengan "baik" atau "ok" bukan? Ini akan terdengar aneh dan konyol.

Gunakan kata 行 / 好 / 可以 untuk menerima permintaan atau undangan dari teman. Dengan begitu, kalian akan terdengar ramah, dan tentunya memberikan kesan yang baik pada mereka.


Apa yang harus dikatakan dalam situasi lain?

Kalian mungkin menyadari bahwa, terkadang dalam beberapa percakapan, kata-kata di atas tidak cocok atau tidak sesuai untuk digunakan. Itu wajar, karena jawaban yang diberikan harus sesuai dengan pertanyaan yang diajukan, sehingga percakapan dapat berjalan dengan lancar.

Jadi, bagaimana solusinya? Tenang saja, ada cara yang cerdas untuk mengatakan "ya", dan tentunya sangat berguna dalam semua situasi. Coba kalian perhatikan contoh berikut. Selalu ada kata utama, yang menyimpan informasi penting (perhatikan kata yang bergaris bawah).

1. A : 你 喜欢 这 双 鞋子 吗?
Nǐ xǐhuān zhè shuāng xiézi ma?
Apakah kamu suka sepatu ini?

B : 喜欢。
Xǐhuān.
Ya, saya suka.


2. A : 那个 男生 吗?
Nàgè nánshēng shuài ma?
Apakah pria itu tampan?

B : 帅.
Shuài.
Ya, tampan.

Apakah kalian melihat bagaimana orang-orang dalam contoh di atas menanggapi dengan cara yang sederhana namun sangat cerdas? Ya, yang perlu kalian lakukan hanyalah mengulangi kata kunci yang ada dalam pertanyaan. Keren bukan?

Mungkin terdapat berbagai jenis kata kunci dalam sebuah kalimat: kata kerja, kata benda, atau kata sifat, tetapi setelah kalian mengetahui apa kata kunci itu, ambillah dan gunakan kembali untuk menjawab pertanyaan. Pada akhirnya, kalian akan menyadari bahwa kalian dapat melakukan percakapan yang lancar dalam bahasa Mandarin.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel