Mengenal Jenis-Jenis Xi Bing (喜饼), Kue Pernikahan Tradisional Cina


Xi Bing pada dasarnya merupakan kue pernikahan, dan termasuk salah satu dari hadiah pertunangan yang diberikan oleh mempelai pria kepada keluarga mempelai wanita. Xi Bing menandakan rasa terima kasih mempelai pria terhadap orang tua mempelai wanita karena telah membesarkan dan merawatnya selama bertahun-tahun. Ini juga melambangkan ketulusan mempelai pria dalam menikahi mempelai wanita.


Apa Itu Xi Bing?

Xi Bing (喜饼) adalah kue pernikahan tradisional Cina yang datang dalam berbagai bentuk dan isian. Kue-kue ini biasanya diisi dengan pasta kacang merah atau kacang hijau, teratai, dan kacang-kacangan.

Dinamai Xi Bing, karena kue ini memiliki karakter xi '囍' (double happiness) yang dicetak di bagian atasnya. Xi Bing kemudian akan dinikmati oleh keluarga pengantin wanita (ayahnya, ibunya, tantenya, neneknya, kerabat-kerabat lainnya), tetapi tidak untuk pengantin wanita itu sendiri. Ini karena kepercayaan bahwa pengantin wanita akan memiliki pernikahan yang gagal jika dia makan Xi Bing. Meskipun hal ini hanya takhayul, tetapi masih banyak orang yang percaya pada hal-hal semacam itu.

Ada banyak jenis Xi Bing, misalnya Gong Tang (贡 糖), Ruan Tang (软糖), Long Feng Bing (龙凤 饼), dan masih banyak lagi. Namun, pilihan dari jenis Xi Bing yang dibutuhkan pengantin akan tergantung pada kelompok suku dari pengantin wanita, apakah itu Hokkian, Kanton, atau Hakka. Untuk lebih jelasnya akan dibahas di bawah ini.


Jenis-Jenis Xi Bing Berdasarkan Suku


1. Jenis Xi Bing Untuk Keluarga Hokkian

♦ Paket Biskuit Beras dan Biskuit Wijen (米 佬 麻 佬)

Paket biskuit beras dan biskuit wijen merupakan ciri khas dari suku Hokkian. Ini melambangkan keberuntungan, kekayaan, dan kemakmuran, karena mereka dianggap sebagai hadiah premium yang tidak terjangkau di masa lalu.

♦ Paket Sugee Kacang Tradisional (传统 福建 贡 糖)

Bagian tepi bundar dari kacang sugee melambangkan pernikahan yang memuaskan untuk pasangan yang bahagia.

♦ Paket Ji Hong Sweets (吉 红 糕)

Ji Hong Sweets atau permen merah muda dan putih, melambangkan keberuntungan dan kemakmuran. Selain itu, permen ini juga mewakili harapan agar pasangan yang menikah akan saling mencintai dan menjadi tua bersama.

♦ Paket Permen Merah

Paket permen ini dibungkus dengan kertas merah, karena merah merupakan warna keberuntungan. Paket ini memiliki total 6 jenis permen berbeda, yaitu Mi Fang (米 方), Dou Tang (豆 糖), Ruan Tang (软糖), Gong Tang (贡 糖), Xiang Gao (香 糕), dan Dou Sha Bing (豆沙 饼).


2. Jenis Xi Bing Untuk Keluarga Kanton Dan Hakka

♦ Kue Naga dan Phoenix (龙凤 嫁 女 饼)

Menurut kepercayaan orang Kanton dan Hakka, naga dan burung phoenix merupakan pasangan ilahi, dan mewakili persatuan yang sempurna. Kue-kue Naga dan Phoenix harus mencakup Empat Biskuit Berwarna (四 色 饼), termasuk 2 jenis Dou Sha Bing (豆沙 饼), Hong Dou Sha (红豆 沙 饼), dan 1 kue bolu (鸡 蛋糕).

 
Ilustrasi Empat Biskuit Berwarna sg.carousell.com


3. Jenis Xi Bing Untuk Keluarga Teochew Atau Tiociu

♦ Paket Permen Wijen dan Permen Kacang Tanah (芝麻 花生 条)

Paket permen wijen dan permen kacang tanah mewakili berkah akan keturunan yang banyak.

♦ Paket Irisan Tangerine (圆满 吉 饼)

Tangerin merupakan simbol dari keberuntungan yang baik.

♦ Paket Permen Lima Warna (五色 糖)

Permen lima warna terdiri dari Dou Gong (豆 贡), Ming Tang (明 糖), Lao ma Gao (老妈 糕), Dou Run (豆 润), dan Dou Sha Bing (豆沙 饼).

♦ Lao Ma Gao (老妈 糕) dan Lao Gong Bing (老公 饼)

Kue ini hanya diberikan jika mempelai wanita masih memiliki kakek nenek.

Sebagai hadiah balasan ke keluarga mempelai pria, keluarga mempelai wanita akan memberikan Da Lao Bing (大 烙饼) atau yang juga dikenal sebagai "biskuit menantu" (女婿 饼).


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel