8 Hidangan Olahan Telur Yang Populer Di Seluruh Dunia


Telur merupakan salah satu makanan yang paling praktis dan serbaguna. Ada banyak cara untuk mengolah telur. Telur bisa digoreng, direbus, dipanggang, dan banyak lagi. Beberapa kombinasi bahkan dapat menghasilkan rasa baru yang mengagumkan. Semuanya adalah tentang inovasi dan kreatifitas. Namun, jika kalian bingung ingin memasak apa, berikut ini merupakan daftar hidangan berbahan dasar telur yang populer dari seluruh dunia. Semoga ini bisa menjadi inspirasi kalian.


8 Hidangan Olahan Telur Yang Bisa Kalian Coba


1. Tamagoyaki


Ilustrasi flickr.com

Tempat asal: Jepang
Tamagoyaki merupakan hidangan telur dadar ala Jepang. Tamagoyaki pada dasarnya terdiri dari beberapa lapisan telur yang digulung, kemudian dapat dipotong-potong. Ini adalah hidangan sarapan yang khas, dapat juga dijadikan bagian dari hidangan sushi, atau dimasukkan ke dalam bento.

Tidak seperti sebagian besar hidangan telur yang memiliki rasa gurih, tamagoyaki memiliki rasa yang lebih manis dan mirip kue. Karenanya, ini sering dijadikan sebagai hidangan penutup saat dipasangkan dengan sashimi.


2. Egg Salad Sandwich

Tempat asal : Amerika Serikat
Sandwich salad telur merupakan hidangan yang sangat disukai saat piknik. Sandwich ini bisa dimakan apa adanya, atau ditambahkan dengan irisan seledri, peterseli, bahkan cabai rawit.


3. Scotch Eggs


Ilustrasi flickr.com

Tempat asal: Inggris
Scotch eggs terdiri dari telur rebus yang dibungkus dengan daging, kemudian dilapisi dengan tepung roti, lalu digoreng atau dipanggang hingga berwarna cokelat keemasan. Hidangan ini bisa juga dikombinasikan dengan keju.


4. Kari Telur

Tempat asal: Punjab, India
Kari telur merupakan hidangan India klasik berupa telur rebus yang dimasak dalam bawang dan tomat, kemudian dibumbui dengan ketumbar, kunyit, dan cabai merah. Ini menghasilkan rasa yang berapi-api. Hidangan ini bisa disajikan bersama nasi basmati kukus, roti, atau paratha.


5. Steamed Egg Custard



Tempat asal: Cina
Ini merupakan salah satu hidangan favorit di Cina. Cara membuatnya sangat serderhana. Kalian hanya perlu mengocok telur, air, dan bumbu bersama-sama, kemudian menyaring dan mengukus adonan telur. Ini akan menghasilkan tekstur telur yang sangat halus.


6. Egg Souffle

Tempat asal : Prancis
Meskipun ada berbagai macam jenis souffle saat ini, tapi egg souffle tradisional Prancis benar-benar tidak tergantikan. Hidangan ini berasal dari Perancis pada awal abad ke-18. Kalian bisa menemukan hidangan ini di banyak kafe di Prancis, tentunya dengan beragam tekstur dan rasa yang gurih.


7. Shakshuka


Ilustrasi publicdomainpictures.net

Tempat asal: Tunisia, Afrika Utara
Shakshuka adalah hidangan telur yang dimasak dengan saus tomat, dan dibumbui dengan cabai, kunyit, dan jintan. Meskipun berasal dari Afrika Utara, Shakshuka sangat terkenal di daerah Timur Tengah, terutama di Israel. Ini biasanya dimakan dengan roti.


8. Kwek Kwek / Tokneneng


Ilustrasi flickr.com

Tempat asal: Filipina
Kwek kwek merupakan jajanan khas Filipina. Secara tradisional, kwek kwek terbuat dari telur puyuh yang direbus, kemudian digoreng dalam adonan seperti tempura. Ini biasanya dimakan dengan saus barbekyu.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel