Daftar Istilah Kopi (Coffee Glossary) Part II


F

Filter Method, Filter-Drip Method

Dalam penggunaan yang populer, metode pembuatan kopi menggunakan filter kertas untuk memisahkan bubuk dari kopi yang diseduh.

Finish

Sensasi sensorik kopi pada saat ditelan.

Flavored Coffees

Kopi yang pada saat dipanggang telah dicampur dengan penyedap rasa.

French Roast, Heavy Roast, Spanish Roast

Istilah untuk kopi yang dibawa ke tingkat panggang jauh lebih gelap daripada gaya Amerika. Dapat berkisar dari warna coklat tua hingga hampir hitam dan dalam hal rasa dari kaya dan pahit sampai encer dan menyengat.

Frothed Milk

Susu yang dipanaskan dan berbusa sebagai unsur dalam masakan espresso.


G

Ghimbi, Gimbi

Kopi olahan basah dari Ethiopia Barat.

Good Hard Bean

Golongan kopi Costa Rica yang tumbuh di ketinggian 3.300 hingga 3.900 kaki.

Green Coffee

Kopi yang belum dipanggang.

Guatamala Coffee

Kopi dengan kadar biji keras dari dataran tinggi tengah, cenderung menunjukkan keasaman yang kaya, pedas dan bentuk yang sangat baik. Kopi dari daerah pegunungan yang terpapar cuaca Pasifik atau Karibia cenderung menunjukkan sedikit keasaman dan lebih banyak buah.


H

Haiti Coffee

Kopi Haiti terbaik adalah yang rendah asam, berukuran sedang, lembut dan kaya.

Hard

Istilah perdagangan untuk kopi berkualitas rendah, berbeda dengan mild coffee. Di Brasil, Hard adalah nama tingkat untuk kopi yang telah dicemari oleh mikroorganisme selama pengeringan dan memiliki aroma yang keras.

Hard Bean

Istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan kopi yang tumbuh di ketinggian yang relatif tinggi. Dalam konteks yang sama, kopi yang ditanam di ketinggian lebih rendah sering disebut sebagai Soft Bean.

Harrar, Harar, Harer, Mocha Harrar, Moka Harar, Mocca Harar

Kopi Ethiopia terbaik yang diproses secara kering, atau alami. Tumbuh di Ethiopia Timur dekat kota Harrar. Biasanya bobotnya agak ringan tapi wangi dengan keasaman kompleks anggur, buah, atau bunga.

Hawaii Coffee

Kopi tradisional dan klasik Hawaii adalah Kona, ditanam di pantai barat Pulau Besar Hawaii.

Heavy Roast

Juga dikenal sebagai French Roast dan Spanish Roast.

Huehuetenango

Salah satu kopi terbaik Guatemala.


I

Italian Roast

Kopi panggang yang jauh lebih gelap daripada versi tradisional Amerika. Biasanya berwarna coklat tua dan kaya dan rasanya pahit, tetapi bisa beragam warnanya hingga hampir hitam dan rasanya hampir hangus.


J

Jamaika Blue Mountain Style

Berbagai campuran kopi yang dimaksudkan untuk memperkirakan kualitas dari Blue Mountain asli Jamaika.

Java, Java Arabica

Tidak seperti kebanyakan kopi Indonesia lainnya yang ditanam di pertanian kecil dan sering diproses secara primitif, kopi Jawa ditanam di pertanian atau perkebunan besar. Sebagian besar dioperasikan oleh pemerintah, dan diproses secara basah menggunakan metode modern. Old Java, Old Government, atau Old Brown adalah kopi matang dari Jawa, dibuat untuk meniru karakteristik rasa kopi Jawa asli, yang secara tidak sengaja tersimpan di kapal-kapal abad ke-18 dan 19 ketika mereka menuju Eropa.


K

Kenya Coffee

Kopi Kenya terkenal dengan keasamannya yang tinggi dan rasa buah dan berry yang kompleks. Dari kopi-kopi terbaik dunia, Kenya mungkin adalah yang paling konsisten dalam hal kualitas dan paling banyak tersedia.

Kona, Hawaii Kona

Kopi asal pantai Kona di Pulau Hawaii. Kopi Kona terbaik menampilkan keseimbangan klasik, dengan ukuran sedang, keasaman yang baik, dan kaya akan aroma dan rasa.


L

Lavado Fino

Golongan kopi terbaik dari Venezuela.

Luwak Coffee

Kopi dari Sumatra, Indonesia. Dibedakan berdasarkan cara pengolahannya yang unik. Seekor mamalia yang disebut luwak, atau musang, memakan ceri kopi yang matang, mencernanya, dan mengeluarkan biji-bijian. Biji-biji yang dikumpulkan dari kotorannya yang kering inilah asal kopi luwak. Kopi luwak merupakan salah satu kopi termahal di dunia karena keterbatasan produksinya.


M

Macchiato

Di Amerika Utara, istilah macchiato lebih cenderung digambarkan sebagai espresso dengan sedikit susu, daripada susu dengan sejumlah espresso.

Macchinetta, Flip-Drip, Neapolitan Macchinetta

Gaya pembuatan kopi dengan drip-method di mana kopi bubuk diamankan dalam saringan dua sisi di pot di antara dua kompartemen tertutup. Air dipanaskan dalam satu kompartemen, kemudian pot dibalik, dan air panas menetes melalui kopi ke kompartemen yang berlawanan.

MAM

Akronim untuk MedellĂ­n, Armenia, dan Manizales, tiga kopi paling terkenal dan terbaik di Kolombia.

Mandheling

Kopi paling terkenal di Sumatra, Indonesia. Berlokasi dari daerah Danau Toba hingga ujung utara pulau.

Maracaibo

Golongan kopi dari Venezuela, dengan banyak karakteristik khas dari negara itu.

Maragogipe (MAH-rah-goh-SHZEE-peh), Elephant Bean

Variasi coffea arabica yang dibedakan oleh kacang-kacangan berpori yang sangat besar. Ini pertama kali muncul di Maragogipe, Brasil dan sejak itu ditanam di tempat lain di Amerika Latin, terutama di Meksiko dan Amerika Tengah.

Mature Coffee

Kopi yang disimpan di gudang selama dua hingga tiga tahun. Mature coffee telah disimpan lebih lama dari old crop coffee, tetapi tidak selama old coffee atau vintage coffee.

Medium Roast, Medium-high Roast

Juga dikenal sebagai American Roast.

Middle Eastern Coffee, Turkish Coffee

Kopi yang dijadikan bubuk, biasanya dimaniskan.

Mild

Istilah perdagangan untuk kopi arabika berkualitas tinggi. Sering dikontraskan dengan kopi yang keras, atau lebih rendah.

Milling

Penghapusan secara mekanis kulit perkamen kering dari biji kopi olahan basah, atau seluruh kulit dari biji olahan kering.

Mocha, Moka, Mocca, Moca

Kopi yang berasal dari Yaman, juga minuman yang menggabungkan cokelat dan biasanya kopi. Kopi jenis ini juga disebut Mocha Arab, Yaman, atau Yemen Mocha mengambil namanya dari pelabuhan kuno Mocha. Ini merupakan kopi budidaya tertua di dunia, dibedakan dengan keasamannya yang khas dan nuansa yang menarik.

Mocha-Java, Moka-Java, Mocca-Java

Secara tradisional merupakan perpaduan antara Yemen Mocha dan Java Arabica Coffee, biasanya satu bagian Yemen Mocha dan dua bagian Java Arabica Coffee. Campuran komersial dapat menggabungkan salah satu dari berbagai kopi bulat Jawa, dan salah satu dari berbagai kopi cerah, asam untuk Mocha, sambil mengubah proporsi untuk mempertahankan rasa yang seragam. Dalam bentuk tradisionalnya, Mocha-Java adalah campuran kopi tertua di dunia.

Monsooned Coffee, Moonsooned Malabar

Kopi olahan kering asal India selatan yang sengaja dipaparkan angin muson di gudang terbuka, dengan tujuan untuk meningkatkan ukuran dan mengurangi keasaman.


N

Natural Coffee, Dry-processed Coffee, Dry-method Coffee

Kopi yang diolah dengan menghilangkan kulit atau buah setelah buah kopi dikeringkan. Jika hanya buah matang yang digunakan dan pengeringan dilakukan dengan hati-hati, kopi olahan kering bisa kompleks, fruity, dan berdimensi dalam. Kopi olahan kering terbaik dan paling terkenal adalah Yemen Coffee, Harrar Coffee dari Ethiopia, dan kopi Brasil tradisional terbaik.

Neapolitan Macchinetta, Macchinetta, Flip-Drip

Gaya pembuatan kopi dengan drip method dimana kopi bubuk diamankan dalam saringan dua sisi di pinggang pot di antara dua kompartemen tertutup.

Neapolitan Roast

Istilah untuk kopi yang dibawa ke tingkat panggang lebih gelap dari panggang espresso khas, tetapi tidak cukup hitam.

New Crop

Kopi dikirim untuk dipanggang segera setelah dipanen dan diproses.

New Guinea

Kopi asal Papua New Guinea. Kopi Nugini yang paling terkenal diproduksi di perkebunan yang sangat besar dan canggih yang menghasilkan kopi yang disiapkan dengan sangat baik, bersih, harum, berdimensi dalam, dan cukup asam. Kopi Nugini yang ditanam secara organik lainnya diproduksi di pertanian kecil dan diproses oleh petani menggunakan cara yang sederhana secara teknis, menghasilkan kopi yang unik, penuh, dan kompleks.


O

Old Arabicas

Varietas botani Coffea Arabica yang dikembangkan melalui seleksi relatif awal dalam sejarah kopi, seperti varietas bourbon dan varietas typica. Berbeda dengan varietas hibrida yang telah dikembangkan baru-baru ini dalam upaya untuk meningkatkan produksi dan resistensi terhadap penyakit.

Open-Pot Method

Merupakan metode pembuatan kopi dimana kopi bubuk diseduh (tidak direbus) dalam panci terbuka, dan dipisahkan dengan cara diendapkan.

Organic Coffee, Certified Organic Coffee

Kopi yang telah disertifikasi oleh agen pihak ketiga yang ditanam dan diproses tanpa menggunakan pestisida, herbisida, atau bahan kimia serupa.




Berlanjut ke Daftar Istilah Kopi (Coffee Glossary) Part III


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel