Tentang Dalgona Coffee Dan Kepopulerannya

dalgona coffee dan kepopulerannya
Ilustrasi kimchimari.com

Kopi, tidak diragukan lagi merupakan minuman paling populer di dunia. Karenanya, tidak mengherankan jika semakin banyak varian kopi yang bermunculan. Dan yang paling populer baru-baru ini adalah Kopi Dalgona atau Dalgona Coffee.

Dalgona Coffee sudah menjadi viral baru-baru ini. Kopi ini sangat populer di berbagai media sosial seperti Instagram, Youtube, Tik Tok. Banyak orang dari seluruh dunia yang mem-posting upaya mereka dalam membuat kopi yang satu ini. Apa sih sebenarnya Dalgona Coffee dan mengapa itu sangat populer?


Apa Itu Dalgona Coffee?

Dalgona Coffee adalah susu dengan busa dibagian atasnya yang terbuat dari latte dan gula. Teksturnya kental dan lembut. Kreasi kopi ini tidak sepenuhnya baru, meskipun menjadi viral baru-baru ini.

Sebenarnya minuman ini berasal dari India, Pakistan, dan Macau, yang juga dikenal sebagai Whipped Coffee atau Beaten Coffee. Faktanya, berdasarkan India Today, Dalgona Coffee sangat mirip dengan minuman India yang populer yang dikenal sebagai Beaten Coffee. Satu-satunya perbedaannya adalah bahwa pada versi Dalgona Coffee, campuran latte berbusa ditambahkan ke atas susu.


Kepopuleran Dalgona Coffee

Dalgona Coffee mencapai puncak popularitasnya saat muncul di acara TV Korea bernama Pyunstorang pada Januari lalu. Di acara itu, aktor terkenal Jung Il Woo melakukan perjalanan ke Macau, dan mencoba minuman ini. Ia menamainya Dalgona, karena kemiripannya dengan permen kapas tradisional korea Dalgona. Sejak saat itu, Kopi Dalgona telah muncul berulang kali oleh pengguna di berbagai media sosial di seluruh dunia.


Bagaimana Cara Membuat Dalgona Coffee?

Faktor utama yang menjadikan Dalgona Coffee sangat viral adalah karena kemudahannya untuk dibuat dengan bahan yang sederhana. Hanya perlu sedikit waktu dan bahan-bahan yang diperlukan mungkin dapat kalian temukan di dapur kalian.

Bahan-bahannya adalah air panas, kopi instan, gula, dan basis susu pilihan kalian. Untuk cara membuatnya pun sangat mudah.
  1. Campurkan dengan perbandingan sama (2 sdm) masing-masing, air panas, gula, dan kopi instan ke dalam mangkok.
  2. Gunakan mixer atau whisk dan kocok campuran tersebut sampai teksturnya menjadi kental dan berbusa. Ini memerlukan sedikit waktu. Proses pengocokan ini akan menghasilkan warna coklat latte yang lebih ringan.
  3. Jika sudah puas dengan teksturnya, tuangkan susu ke dalam gelas. Kalian bisa juga menambahkan beberapa es batu jika suka.
  4. Selanjutnya tambahkan campuran kopi yang telah di kocok di atasnya. Ini akan menghasilkan layer yang indah.
  5. Campur semua layernya, dan kopi siap untuk dinikmati.

Kalian dapat juga menambahkan beberapa bahan untuk membuat Kopi Dalgona kalian lebih indah, misalnya potongan Oreo atau taburan bubuk kayu manis atau cokelat. Bagi kalian pecinta teh, kalian juga bisa membuat teh susu ala Dalgona. tampaknya Dalgona Coffee cocok untuk semua orang. Bisa dikatakan Dalgona Coffee merupakan pengganti praktis untuk secangkir kopi yang biasa kalian diseduh.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel