Tembok Besar Cina (The Great Wall - 长城) dan Pendirinya

pendiri Tembok Besar China, The Great Wall
Ilustrasi pixabay.com/Vined

Siapa yang tidak kenal dengan Tembok Besar Cina (The Great Wall - 长城), simbol ikonik Cina yang paling terkenal. Selain sebagai tempat wisata, Tembok Besar Cina juga merupakan salah satu dari keajaiban dunia yang paling menarik. Ini dapat dilihat dari desain arsitektur dan sejarah di baliknya. Namun, siapa sih pendiri Tembok Besar Cina?


Pendiri Tembok Besar Cina

Tembok Besar Cina dibangun oleh Kaisar pertama dari dinasti Qin. Setelah penyatuan Cina pada awal Dinasti Qin, Kaisar Cina pertama, Qin Shihuang menghubungkan dinding dari tiga negara di bagian utara. Pada masa itu, dibangun 5.000 kilometer pertama dari Tembok Besar Cina.

Sebenarnya Tembok Besar Cina dibangun oleh beberapa dinasti. Berikut ringkasan siapa saja yang membangun Tembok Besar Cina.

1. The Warring States Period (476 - 221 SM)

Tiga negara yang bertikai membangun tembok perbatasan kerajaan.

2. The Qin Dynasty (221 - 207 SM)

Kaisar Pertama Qin, Qin Shihuang menyatukan Tembok Besar dari tiga negara di bagian utara (Qin, Zhao, dan Yan).

3. The Han Dynasty (206 SM - 220 M)

Kaisar Dinasti Han, Han Wudi memperluas Tembok Besar ke arah barat ke Yumen Pass.

4. The Ming Dynasty (1368 - 1644)

Pahlawan Cina pada masa Dinasti Ming, Jenderal Qi Jiguang membangun kembali Tembok Besar.

5. Republik Rakyat Tiongkok (1957)

Mao Zedong membangun kembali bagian Tembok Besar Badaling.

6. Post "Opening-Up" (1978 - Sekarang)

Deng Xiaoping melakukan reformasi memulai era pariwisata asing dan pemugaran Tembok Besar Cina.


Tenaga Kerja Dibalik Tembok Besar Cina

Siapa saja tenaga kerja dibalik pembangunan Tembok Besar Cina?

1. Tentara

Tenaga kerja utama dari pembangunan Tembok Besar Cina adalah tentara yang di pimpin oleh Jenderal. Setelah penyatuan Cina, Kaisar pertama Dinasti Qin memerintahkan 300.000 tentara untuk membangun Tembok Besar.

2. Petani

Tenaga kerja tambahan yang turut berpartisipasi adalah para petani. Setiap petani pria dipaksa untuk turut serta dalam pembangunan Tembok Besar Cina.

3. Tahanan

Tenaga kerja yang ketiga adalah para tahanan yang ditangkap karena pemberontakan.


Berapa Banyak Orang Yang Membangun Tembok Besar Cina?

Tembok Besar Cina dibangun lebih dari 2.000 tahun dengan panjang total lebih dari 20.000 km. Jumlah pekerjanya secara akurat tidak diketahui, tetapi diperkirakan jutaan orang.

Menurut Historian Records, 300.000 tentara dikirim untuk membangun Tembok Besar Cina pada Dinasti Qin, dengan kurun waktu 9 tahun. Banyak yang percaya bahwa ribuan pekerja meninggal pada saat membangun Tembok Besar, dan dimakamkan di dalamnya. Kepercayaan ini didukung oleh adanya legenda seperti "Meng Jiang Nü Menangis di Atas Tembok Besar", yang menceritakan kisah seorang suami yang dimakamkan di dalam dinding Tembok Besar dan seorang istri yang menangis sampai tembok itu runtuh.

Namun, benarkah ada mayat di dalam Tembok Besar? Sesungguhnya, tidak ada bukti bahwa ada mayat di dalam Tembok Besar. Disamping itu, tidak masuk akal untuk mengubur mayat, karena akan melemahkan struktur dari bangunan saat mayat terurai.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel