Mengapa Truffles Harganya Sangat Mahal?

Mengapa truffle sangat mahal
Ilustrasi pixabay.com/Uzan

Pernahkah kalian mendengar tentang truffle? Meskipun sering dideskripsikan sebagai jamur, tapi truffle tidak sama dengan jamur. Jamur tumbuh di atas tanah, tetapi truffle tumbuh di bawah tanah. Mereka mirip, tetapi berbeda dari jamur. Ukurannya bervariasi dari sebesar stroberi, hingga sebesar apel.

Meskipun semua truffle tumbuh dengan cara yang sama, ada banyak varietas dan sub varietasnya. Tidak semua truffle pantas untuk dikonsumsi. Bahkan jika dapat dikonsumsi, beberapa rasanya tidak enak atau tidak memiliki rasa sama sekali.

Truffle dapat dimasak, tapi lebih sering dibersihkan dengan tangan dan diparut atau diiris tipis di atas makanan hangat, yang kemudian akan menyerap aroma dari truffle. Karenanya, penggunaannya tidak perlu banyak.


Mengapa Truffle Harganya Mahal?


Ada beberapa faktor yang menjadi alasan dari harga truffle yang mahal, diantaranya.

1. Proses Pengembangbiakannya Tidak Mudah

Truffle tumbuh dengan lambat, memiliki musim yang pendek, dan tidak bertahan lama setelah keluar dari tanah. Mereka hanya bisa hidup dalam kondisi spesifik tertentu, biasanya di tempat-tempat dimana ada kelembapan pada hari-hari yang hangat dan malam yang dingin.

Truffle khususnya tumbuh jauh di bawah tanah, di sekitar akar dari pohon-pohon tertentu seperti pohon ek, hazel, poplar, dan pinus. Pohon-pohon ini dan truffle memiliki hubungan simbiosis, dimana akar pohon menyediakan gula untuk membantu pertumbuhan truffle. Dan sebaliknya, truffle memberikan mineral dan nutrisi dari tanah untuk pohon.

Faktanya, di bawah kondisi ideal, butuh waktu hingga tujuh tahun bagi truffle untuk tumbuh dengan baik. Italia dan daerah pedesaan Prancis sangat populer sebagai tempat tumbuhnya truffle.


2. Menemukan Truffle Bukan Hal Yang Mudah

Truffle sulit untuk ditemui karena tertanam hingga sedalam satu kaki di bawah tanah. Truffle yang sudah matang atau dewasa akan mengeluarkan suatu bau yang menarik bagi hewan seperti babi.

Karena alasan inilah, perlu digunakan hewan yang telah dilatih khsusus untuk mencarinya. Secara tradisional digunakan babi untuk melakukan tugas ini, namun ada masalah dengan metode ini. Tidak hanya babi suka memakan truffle, tapi mereka cenderung menjadi sangat bersemangat saat pencarian yang kemudian merusak habitat alami truffle, dan pada akhirnya mengurangi laju produksi. Akibatnya, sekarang digunakan anjing pelacak untuk melakukan tugas ini.


3. Sulit Untuk Dipanen Dan Tidak Tahan Lama

Ketika truffle ditemukan, pemburu akan menggali truffle dengan hati-hati untuk mencegah terjadinya kerusakan. Proses pengambilan truffle yang memerlukan banyak usaha ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa harganya sangat mahal. Selain itu, semakin lama truffle keluar dari tanah, semakin cepat ia kehilangan bau dan cita rasa khasnya.



Truffle Apa Yang Paling Mahal?

Kenapa banyak orang yang rela membayar mahal hanya untuk mencicipi truffle? Jawabannya adalah karena aroma dan rasanya. Jika dideskripsikan, rasa truffle seperti umami atau berjamur, dalam arti yang baik.

Namun, tidak semua truffle sama. Variteas yang lebih terjangkau adalah black truffle karena mereka punya musim tumbuh yang lebih panjang, dapat dibekukan, serta kurang langka dibandingkan jenis truffle lainnya. Sementara white truffle lebih mahal karena kelangkaannya, memiliki musim tumbuh yang pendek, dan tidak dapat dibekukan dengan baik.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel