Apa Itu Zucchini Dan Mengapa Banyak Yang Mengkonsumsinya ?

tentang zucchini
Ilustrasi Zucchini flickr.com

Pernahkah kalian makan zucchini, sejenis labu musim panas yang menyerupai bentuk mentimun. Zucchini tersedia dalam berbagai warna, mulai dari kuning, hijau muda, dan hijau. Tidak hanya mudah diolah, zucchini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan loh! Artikel ini akan membahas beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang zucchini.


Apa Itu Zucchini?

Kalian mungkin mengira zucchini sebagai sayuran, tapi sebenarnya zucchini adalah buah muda yang berasal dari keluarga tanaman labu Cucurbitaceae. Zucchini berasal dari Amerika Tengah, dan kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Zucchini tumbuh dengan baik dalam cuaca hangat, di tempat-tempat dengan tanah yang lembab dan subur. Diperlukan 35 sampai 60 hari sejak zucchini ditanam hingga dipanen. Untuk cita rasa terbaik, sebaiknya zucchini dipetik ketika ukurannya 4 hingga 8 inci.

Zucchini dapat tumbuh hingga ukuran besar, tetapi zucchini kecil dan menengah lebih beraroma. Semakin besar zucchini, semakin kurang aromanya. Hampir setiap bagian dari zucchini dapat dimakan. Ini termasuk buah, biji, dan kulitnya.


Bagaimana Rasa Zucchini?

Cara terbaik untuk menggambarkan rasanya adalah halus dan lembut. Meskipun sedikit manis, sebagian besar akan mengambil karakteristik dari bagaimana ia dimasak.


Apa Saja Kandungan Nutrisi Zucchini?

Zucchini rendah kalori, tinggi serat dan air, tanpa kolesterol atau lemak tak sehat. Zucchini mengandung sejumlah vitamin diantaranya vitamin B6, Riboflavin, Folate, vitamin C, vitamin K, juga mineral seperti Mangan dan Kalium. Selain itu, zucchini juga mengandung antioksidan dan anti inflamasi.


Manfaat Zucchini Bagi Kesehatan

Dengan kandungan seratnya yang tinggi, zucchini sangat sesuai bagi yang ingin menurunkan berat badan. Manfaat lainnya adalah membantu menjaga tekanan darah tetap stabil, dan meningkatkan kesehatan usus.

Kandungan Vitamin A dan C pada zucchini juga dapat meningkatkan sistem imun dan penglihatan. Namun, jangan membuang kulitnya, karena kulitnya memiliki kandungan vitamin terbanyak. Zucchini dengan kulit yang lebih gelap biasanya punya nutrisi yang lebih tinggi.

Zucchini juga kaya akan antioksidan flavonoid seperti zeaxanthin, B-carotene dan lutein, yang memainkan peran penting dalam memperlambat penuaan serta membantu mencegah penyakit dengan sifat anti-radikal nya.


Cara Memasak Zucchini

Zucchini bisa dimakan mentah atau dimasak, sehingga sangat fleksibel dengan berbagai resep. Ada banyak cara menikmati zucchini. Kalian bisa mencampurnya di sup, dibuat salad, ditambahkan pada sandwich, ditumis, dipanggang, bahkan bisa digoreng seperti kentang goreng.



Referensi:
https://foodfacts.mercola.com/zucchini.html
https://www.organicfacts.net/health-benefits/vegetable/health-benefits-of-zucchini.html



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel