8 Search Engine Terpopuler Di Dunia

daftar search engine populer dunia
Ilustrasi flickr.com

Siapa yang tidak mengenal Google? Ya, search engine yang satu ini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Sekarang kita menjadi semakin bergantung pada search engine untuk mendapat jawaban dari pertanyaan sehari-hari. Entah itu untuk mencari tugas sekolah, hadiah ulang tahun, sampai mencari rekomendasi tempat makan.

Dapat dikatakan bahwa search engine menyediakan berbagai layanan yang meliputi gambar, video, website, maps. Tetapi, apakah search engine yang ada hanya Google? Tentu saja tidak. Ada juga beberapa search engine yang mungkin tidak terlalu terkenal, namun cukup banyak loh digunakan orang-orang.

Berdasarkan data statistik terkini, Google masih memegang posisi pertama sebagai search engine atau mesin pencarian terpopuler, dengan pangsa pasar lebih dari 80 persen. Tetapi, ada pula search engine lainnya yang patut untuk dipertimbangkan. Berikut daftarnya.


Daftar Search Engine Terpopuler Di Dunia


1. Google

Tidak perlu diragukan lagi, mesin pencarian Google adalah yang terbaik, dan merupakan produk Google yang paling populer. Dominasi Google sangat besar di seluruh negara pada device apa pun, baik itu desktop, mobile, maupun tablet.

Sebenarnya apa sih yang menjadikan Google sebagai search engine terpopuler dan terpercaya? Tentunya ini tidak terlepas dari kualitas hasil pencariannya. Google menggunakan algoritma canggih untuk memberikan hasil pencarian paling akurat bagi penggunanya. Selama bertahun-tahun algoritma peringkat Google telah diperkaya dengan ratusan faktor pendukung, termasuk bantuan machine learning.


2. Bing

Bing menempati posisi kedua sebagai search engine alternatif terbaik setelah Google. Bing diluncurkan pada tahun 2009 sebagai usaha dari Microsoft untuk menyaingi Google dalam hal pencarian.

Bing berawal dari search engine Microsoft sebelumnya (MSN Search, Windows Live Search, Live Search). Bing adalah search engine default pada PC Windows, namun meski demikian masih tidak mampu menyaingi Google, ini terlihat dari selisih pangsa pasarnya yang besar.


3. Yahoo

Yahoo adalah satu provider populer untuk email, dan menempati posisi ketiga sebagai search engine terpopuler dengan pangsa pasar yang berbeda tipis dengan Bing. Bisa dikatakan Yahoo dan Bing adalah saingan satu sama lain dibandingkan Google. Yahoo juga merupakan search engine default untuk browser Firefox.


4. Baidu

Baidu dibuat pada Januari 2000 oleh pengusaha asal cina, Eric Xu. Baidu merupakan search engine paling populer di Cina. Baidu menyediakan layanan seperti peta, berita, penyimpanan cloud, dan masih banyak lagi. Walaupun dapat di akses secara global, Baidu hanya tersedia dalam bahasa Cina.


5. Yandex

Yandex merupakan perusahaan teknologi yang membuat produk dan layanan cerdas yang didukung oleh machine learning. Mesin pencarian Yandex diluncurkan pada tahun 1997. Ini menyediakan layanan seperti Yandex Maps, Yandex Music, online translate, dan lainnya.

Berdasarkan Wikipedia, Yandex mengoperasikan mesin pencari terbesar di Rusia. Yandex juga terkenal di Ukraina, Kazakhstan, Belarus, serta Turki.


6. DuckDuckGo

DuckDuckGo terkenal akan perlindungannya terhadap privasi user. Kelebihan DuckDuckGo adalah memiliki interface yang rapi, tidak melakukan track pengguna, dan tidak penuh dengan iklan.

Sementara kekurangannya adalah tidak memiliki data sendiri, tetapi menghasilkan pencarian menggunakan berbagai sumber. Dengan kata lain bergantung pada data seperti Bing, Yahoo, Stackoverflow. Ini berbeda jika dibandingkan dengan Google yang telah memiliki algoritma untuk memberikan hasil pencarian terbaik dari semua website yang tersedia di internet.


7. Ask.com

Ask.com sebelumnya dikenal sebagai Ask Jeeves. Ini merupakan pencarian yang berdasarkan pada format Question & Answer, dimana kebanyakan pertanyaan dijawab oleh pengguna lain.

Sistem kerjanya mengintegrasikan data arsip dalam jumlah yang besar untuk menjawab pertanyaan pengguna. Karena ketergantungannya pada arsip dan kontribusi user, hasil pencariannya tidak akan sebagus hasil pencarian dari Google, Bing, maupun Yahoo.


8. AOL.com

AOL adalah perusahaan media massa global yang berbasis di New York. Perusahaan ini juga menyediakan layanan iklan seperti AOL Advertising, AOL Mail, dan AOL Platform. Jaringan AOL meliputi banyak website populer seperti engadget.com, techchrunch.com, huffingtonpost.com.


Sekarang kalian sudah tahu lebih banyak tentang search engine yang populer di dunia saat ini. Perlu diingat, daftar ini sama sekali tidak bisa dijadikan patokan, karena mungkin akan ada perubahan di masa depan. Tetapi sejauh menyangkut yang pertama, Google masih akan menjadi juara bertahan untuk waktu yang sangat lama.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel