Jenis-Jenis Atau Varian Mochi Yang Populer


Mochi, kue beras Jepang yang kenyal, memiliki banyak ragam dan variasi. Mochi sering menjadi komponen pada dessert, dilengkapi dengan buah dan kadang es krim. Mochi juga dapat ditemukan dalam berbagai masakan seperti Hot Pot atau Udon Loh!

Jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai apa itu mochi dan bagaimana cara membuatnya, maka pada artikel kali ini, akan dibahas tentang jenis-jenis mochi. Yuk, baca lebih lanjut!



Jenis - Jenis Mochi Yang Populer


1. Daifuku Mochi


Strawberry Daifuku
Ilusrtasi Strawberry Daifuku flickr.com

Daifuku Mochi adalah mochi berbentuk bulat besar yang umumnya diberi isian berupa pasta kacang merah yang manis (Anko) atau pasta kacang putih. Namun, sekarang sudah banyak varian rasa yang tersedia. Beberapa bahkan diisi dengan cake dan whipped cream. Salah satu varian yang cukup populer berisi stroberi utuh didalamnya.


2. Bota Mochi


Bota Mochi
Ilustrasi flickr.com

Bota Mochi merupakan kebalikan dari Daifuku Mochi. Dikatakan demikian karena pada Bota Mochi, bola mochi berada di bagian dalam, sementara isinya dilapisi di bagian luar.


3. Kinako Mochi


kinako mochi
Ilustrasi missmochi.blogspot.com

Kinako Mochi juga dikenal sebagai Abekawa Mochi. Mochi jenis ini ditaburkan dalam bubuk kedelai kinako dan gula. Rasanya paling enak ketika baru dibuat atau dihangatkan. Mochi ini memiliki keterkaitan yang erat dengan Tahun Baru Jepang.


4. Yatsuhashi Mochi


yatsuhashi mochi
Ilustrasi allabout-japan.com

Mochi yang satu ini adalah mochi khas asal Kyoto. Bentuknya segitiga dan pipih. Seperti kebanyakan mochi lainnya, mochi ini diisi dengan pasta kacang merah, dan biasanya dipanggang dengan kayu manis.


5. Kiri Mochi

kiri mochi, kaku mochi
Ilustrasi pinterest.com/souschef.co.uk

Kiri Mochi atau Kaku Mochi berbentuk blok dasar mochi yang dipotong-dipotong. Jenis mochi ini bisa ditambahkan ke berbagai hidangan seperti mie atau dipanggang dan dimakan dengan toping manis.


6. Kusa Mochi


kusa mochi
Ilustrasi pinterest.com/KazuyoshiSakamoto

Kusa Mochi secara harafiah diterjemahkan sebagai mochi rumput. Warnanya hijau alami karena dibumbui dengan mugwort (yomogi), rumput liar yang biasa digunakan dalam pengobatan di Asia dan seluruh Eropa.

Kusa Mochi memiliki aroma berdaun, yang mengingatkan kita pada teh hijau yang kuat. Mochi ini biasanya berisi anko, dan sering dijual pada musim semi.


7. Sakura Mochi


sakura mochi
Ilustrasi flickr.com

Sakura Mochi memiliki warna pink karena dibumbui dan diwarnai dengan sakura. Ini biasa disajikan pada saat Festival Cherry Blossom di musim semi.

Tekstur mochi ini lebih lengket dan lebih manis daripada mochi pada umumnya. Rasa manis diperoleh dari isian pasta kacang merah, sementara luarnya dibungkus dengan daun sakura yang diasinkan dan tentunya juga bisa dimakan. Ini menghasilkan kombinasi rasa yang menarik.


8. Hanabira Mochi


hanabira mochi
Ilustrasi dengonnet.net

Secara harafiah Hanabira Mochi diterjemahkan menjadi kelopak bunga mochi. Ini karena mochi terdiri dari dua warna, putih di bagian luar dan merah di dalam. Warna merah ini tembus ke luar sehingga menghasilkan warna merah muda yang halus. Ini dianggap menyerupai kelopak bunga prem.

Jenis mochi ini dimakan pada saat hari tahun baru dan upacara minum teh pertama tahun baru. Ini adalah tradisi yang telah dimulai oleh Keluarga Kekaisaran.


9. Hishi Mochi


hishi mochi
Ilustrasi pinterest.com/comerjapones.com

Hishi Mochi adalah mochi tradisional yang dimakan pada saat Hinamatsuri atau Festival Girl's Day. Ini untuk merayakan keberhasilan dan kesehatan anak perempuan.

Hishi Mochi berbentuk belah-ketupat yang terdiri dari 3 warna (merah, putih, dan hijau). Warna merah diperoleh dari bunga cape jasmine, warna putihnya dari water caltrop, sementara warna hijaunya berasal dari mugwort. Bentuknya yang unik ini dianggap mewakili kesuburan.


10. Dango


dango
Ilustrasi pinterest.com/mookychick.co.uk

Dango secara teknis bukanlah mochi, tetapi dimasukkan dalam kategori mochi karena dibuat dari beras, sehingga tekstur dan rasanya mirip dengan mochi.

Ada banyak jenis dango, tetapi yang paling umum terdiri dari 3 hingga 5 bola kue yang ditusuk. Pada perayaan Hanami bisa ditemui dango dengan bola berwarna pink, putih, dan hijau. Ada pula varian yang ditaburi kecap manis yang disebut Mitarashi Dango.


11. Yaki Mochi


yaki mochi
Ilustrasi flickr.com

Yaki Mochi adalah mochi yang dipanggang di atas api atau bara panas. Mochi ini akan menjadi lunak lagi saat dipanaskan. Yaki Mochi biasa dimakan pada musim dingin. Dango juga biasa dimakan dengan cara ini, dan disebut Yaki Dango.


12. Es Krim Mochi

Mochi ini berwarna-warni, dan memiliki isian es krim aneka rasa. Es Krim Mochi biasa dibuat dengan tepung mochiko, yang akan menjadi sekeras batu saat dibekukan. Jenis ini mungkin menjadi dessert paling populer dari negeri Jepang.


Ada banyak sekali varian mochi kan, tapi tidak semuanya bisa kita temui di luar Jepang loh! Yang mana yang pernah kalian coba?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel