Hal - Hal Tabu Saat Menggunakan Sumpit Menurut Budaya Tiongkok

tabu saat menggunakan sumpit
Ilustrasi pixabay.com/katalina23

Orang Cina telah menggunakan sumpit sebagai peralatan makan sejak zaman kuno. Namun, selain berbagai tata cara penggunaan sumpit yang benar, ada juga pantangan atau hal-hal yang tabu dilakukan saat menggunakan sumpit. Pastikan untuk mengingat hal-hal berikut ini saat kalian menggunakan sumpit.


1. Jangan Mengetuk Peralatan Makan Dengan Sumpit

Ada pepatah lama yang mengatakan, "Mengetuk mangkuk dan kamu akan menjadi pengemis seumur hidup". Di masa lalu, hanya pengemis yang mengetuk mangkuk untuk menarik perhatian dan rasa kasihan dari orang yang lewat. Karenanya, orang akan menghina seseorang jika dia mengetuk mangkuknya.


2. Jangan Mengaduk Makanan Dengan Sumpit Untuk Menemukan Apa Yang Kalian Inginkan

Mengaduk makanan dengan sumpit untuk menemukan apa yang kalian inginkan dianggap sangat kasar dan tentunya tidak higenis.


3. Jangan Menusuk Makanan Dengan Sumpit

Jangan pernah menusukkan sumpit ke dalam makanan kalian, terutama ke dalam nasi. Karena hanya pada saat pemakaman sumpit ditusukkan ke dalam nasi di atas altar, di mana mereka terlihat seperti dupa, juga dibakar di atas altar untuk orang mati.


4. Jangan Arahkan Sumpit Ke Orang Lain

Mengarahkan sumpit ke orang lain dilihat sebagai tanda tindakan tidak hormat atau tuduhan, sehingga melakukannya saat makan sangat tidak dianjurkan. Demikian juga, jangan melambaikan sumpit di udara atau bermain dengan sumpit pada saat makan.


5. Jangan Mengisap Ujung Sumpit

Perilaku mengisap ujung sumpit sangat tidak sopan, belum lagi suara yang dihasilkan. Perilaku ini sangat tidak disarankan, dan biasanya dianggap sebagai hasil pengasuhan yang tidak memadai.


6. Jangan Gunakan Ujung Sumpit Yang Terbalik

Menggunakan ujung sumpit dengan terbalik menandakan bahwa kamu terlalu lapar untuk memperhatikan tata krama meja dan dengan demikian akan dipandang rendah.


7. Jangan Menaruh Sumpit Secara Acak Di Atas Meja

Sangat tidak menyenangkan untuk dilihat ketika sepasang sumpit tidak ditata rapi (ujung-ujungnya tampak berbeda panjang), karena mengingatkan pada upacara pemakaman. Dalam budaya Tiongkok, peti mati yang terbuka terbuat dari tiga papan kayu panjang dan dua yang pendek, yang panjangnya bervariasi. Karena itu, dianggap tidak beruntung menggunakan sumpit yang tidak cocok.


8. Jangan Menyilangkan Sumpit Di Atas Meja

Tabu ini hampir selalu diabaikan. Menyilangkan sumpit di meja makan adalah tanda penolakan dari semua yang lain di meja. Pada saat yang sama, itu tidak menghormati diri sendiri, karena di zaman kuno, orang hanya membuat tanda salib ketika mengaku bersalah atas semua kejahatan yang dituduhkan.


9. Jangan Biarkan Sumpit Jatuh Ke Tanah

Menjatuhkan sumpit di tanah sangat tidak sopan. Perilaku ini dianggap tidak berbakti, karena menurut kepercayaan orang Tiongkok, leluhur yang sudah meninggal bersembunyi di bawah tanah, dan sumpit yang jatuh akan mengganggu mereka.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel