Apa Itu Feng Shui (风水)


Kebanyakan dari kita tidak asing dengan istilah Feng Shui. Namun, apa sebenarnya Feng Shui itu? Feng Shui (风水) adalah ilmu metafisika kuno yang dipraktikkan oleh orang Cina untuk hidup selaras dengan lingkungan serta kekuatan yang menyertainya.

Meskipun Feng Shui adalah subjek dengan cakupan yang luas, namun hanyalah merupakan salah satu bagian dari gambaran besar metafisika tiongkok yang dijelaskan dalam 5 seni.


Dasar - Dasar Feng Shui


apa itu feng shui
Ilustrasi pixabay.com/3844328

Karena ruang lingkupnya yang luas, diperlukan banyak waktu untuk mempelajari Feng Sui. Ada beberapa konsep kunci dari praktik Feng Shui yang menetapkan batasan dalam penerapannya pada hampir seluruh situasi makro dan mikro. Inti dari Feng Shui pada dasarnya adalah untuk mencapai tujuan utama, yaitu hidup dalam harmoni dan selaras dengan lingkungan.


Chi (气)

Chi berasal dari bahasa mandarin, yang mengacu pada energi. Sebagaimana energi bergerak secara internal dan eksternal di lingkungan, itu dipengaruhi oleh keberadaan dari struktur didalamnya.

Beberapa dari struktur ini memancarkan energi baik atau buruk, yang dapat secara dinamis mengubah sifat dari Chi yang ada di dalam ruang dan sekelilingnya. Dengan demikian, itu akan mempengaruhi kehidupan orang disekitarnya. Perlu diketahui, pada dasarnya segala sesuatu di alam semesta ini terdiri dari energi, bahkan kita sebagai manusia pun terdiri dari energi.


Ying Dan Yang

Inti dari konsep Ying dan Yang adalah bahwa keseimbangan harus ada dalam setiap hal yang berwujud, maupun yang tak berwujud. Contohnya, setiap niat buruk memiliki kebaikan didalamnya, dan setiap niat baik memiliki dosa didalamnya. Begitupun halnya, setiap kekuatan adalah kelemahan, dan setiap kelemahan adalah kekuatan.


5 Elemen

Energi berpusat di sekitar 5 elemen. Dan interaksi dari kelima elemen inilah yang menentukan bagaimana energi berinteraksi satu dengan yang lainnya. Kelima elemen ini adalah.
  1. Kayu
  2. Api
  3. Bumi
  4. Logam
  5. Air

Praktek Feng Shui yang kompeten memerlukan pengetahuan yang dalam akan kelima elemen ini, yang meliputi sifat serta interaksinya. Di samping itu, musim juga memainkan peran yang penting dalam menentukan kekuatan dari elemen.


Untuk Apa Feng Shui Digunakan?

Seni Feng Sui digunakan terutama dalam desain bangunan dan perencanaan tata ruang. Misalnya ketika suatu bangunan berlokasi di daerah yang tidak bersahabat, maka Feng Shui bisa membantu bangunan untuk bertahan dari kekuatan yang tidak baik itu. Atau jika suatu bangunan dikelilingi oleh energi keberuntungan, maka Feng Shui bisa membantu menarik energi lebih efisien. Ini tentunya dapat mempengaruhi aspek kehidupan berbeda yang dialami oleh penghuni bangunan tersebut. Disamping penggunaan Feng Shui untuk properti, Feng Sui dapat pula digunakan pada individu personal.

Namun, perlu diketahui bahwa ada banyak prinsip dari Feng Shui. Beberapa mungkin berbeda, tapi semuanya dimaksudkan untuk mencapai satu tujuan, yakni hidup dalam harmoni dan selaras dengan lingkungan.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel