Sejarah Gelato, Es Krim Khas Italia


Gelato selalu menjadi favorit, terutama selama musim panas di mana setiap orang mendambakan secangkir es krim dingin. Apakah kalian suka Gelato? Ya, es krim khas Italia ini berbeda dari es krim tradisional lainnya, dan dikenal akan teksturnya yang sangat ringan. Ini karena Gelato dibuat dari susu, bukan krim (seperti pada es krim tradisional).

Gelato memiliki rasa yang intens dengan berbagai rasa untuk dipilih, dan beberapa bahkan disajikan dalam wadah plastik unik yang berbeda. Ini benar-benar merupakan tradisi makanan Italia. Jadi, jika kalian suka makan Gelato, kalian mungkin ingin tahu dari mana asalnya. Sejujurnya, tampaknya Gelato asli tidak berasal dari Italia melainkan dari tempat lain.

sejarah es krim gelato
Ilustrasi pixabay.com/ayeletphotography


Munculnya Gelato

Di antara banyak jenis es krim di dunia, Gelato membedakan dirinya dengan mempertahankan popularitasnya dari saat itu muncul di Renaissance Italia, hingga zaman modern ketika Gelato dapat dimakan di seluruh dunia.

Kalian mungkin terkejut bahwa Gelato pertama memiliki bahan-bahan seperti nasi, rempah-rempah, salju, dan susu. Menurut beberapa orang, asal muasal makanan penutup beku dan es adalah dari Cina.

Dahulu kala, orang-orang Cina akan membekukan nasi yang terlalu matang, bumbu-bumbu tertentu, dan susu di salju yang menghasilkan beragam gelato bersejarah. Belakangan, versi Gelato lain yang terbuat dari jus buah dan susu sangat populer di kalangan masyarakat Cina, bahkan sebelum kedatangan Marco Polo.

Pada masa itu, orang dapat dengan mudah membeli makanan beku di jalan-jalan Beijing, yang pada waktu itu dikenal sebagai Khanbaliq. Beberapa bahkan mengatakan bahwa, Marco Polo membawa ide Gelato ke dunia barat ketika ia kembali.

Dikatakan bahwa Marco Polo, penjelajah dan sejarawan ternama yang kembali ke tanah kelahirannya membawa kisah dan catatan perjalanannya yang luar biasa dari Cina. Di antara barang-barang miliknya adalah resep untuk es krim Cina yang dibuat bukan dari es serut, tetapi dengan menggunakan bahan utama susu. Inovasi ini memulai industri es krim Italia, dan menandai awal dari es krim Gelato yang kita kenal dan cintai hari ini.

Namun, es krim Italia tidak sama dengan mayoritas es krim yang populer saat ini. Dari saat mereka pertama kali muncul, es krim yang dibuat di Italia dibuat menjadi lebih keras, dengan sedikit atau tidak ada udara di dalam campurannya. Karena itu, untuk waktu yang lama, es krim tersebut tetap menjadi ciri khas mereka. Ini berhasil bertahan selama berabad-abad dengan sedikit perubahan pada resep aslinya.

Catatan dari sejarah mengatakan bahwa, orang Italia mengkonsumsi Gelato secara teratur pada abad ke 15 dan 16. Tradisi memproduksi es krim berbasis susu dibawa ke benua Eropa setelah pernikahan Catherine de' Medici dan Raja Henry II dari Perancis.

Yang lain mengklaim bahwa Gelato pertama dibuat ketika Bernardo Buontalenti menyiapkan es krim yang terbuat dari susu, kuning telur, anggur manis, lemon, jeruk, dan madu. Es krim ini kemudian disajikan kepada Raja Spanyol, Charles V.

Momen lain yang sangat penting dalam sejarah Gelato terjadi pada 1686, ketika nelayan Sicilian, Francesco Procopio dei Coltelli berhasil menyempurnakan mesin pembuat es krim pertama. Kemajuan teknologi ini memungkinkan Gelato perlahan-lahan menjadi semakin tersedia bagi masyarakat awam.

Akhirnya pada 1920-an dan 1930-an, Gelato mulai dijual oleh para pedagang kaki lima. Saat ini, Gelato adalah jenis es krim yang dikenal di seluruh dunia. Italia memiliki lebih dari 5.000 toko gelato, 15.000 penjual gelato, dan secara mengejutkan 55% dari semua es krim Gelato diproduksi oleh mereka.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel