Mengenal Tentang Jenis-jenis Es Krim


Dunia es krim sangat besar dan rumit. Ada banyak bentuk es krim yang bisa membuat kita menggaruk-garuk kepala dan bertanya-tanya, "Apa bedanya?". Jadi, bagaimana mereka semua berbeda satu sama lain? Baca terus untuk mencari tahu lebih lanjut.



Jenis - Jenis Es Krim


1. Es Krim

Es krim biasanya dikenal sebagai dessert paling populer. Agar memenuhi syarat sebagai es krim, campuran harus dibuat dengan lemak susu tidak kurang dari 10%, kadang-kadang disebut sebagai lemak mentega.


2. Gelato


ice cream gelato
Ilustrasi flickr.com

Gelato atau Es Krim Italia, dibuat dengan susu murni, tanpa menggunakan krim tambahan. Ini membuat persentase lemak susu jauh lebih rendah daripada es krim tradisional.

Gelato sering dibuat tanpa telur dan zat penstabil. Ketika sedang diaduk, hanya ada sedikit atau tidak ada udara yang masuk ke dalamnya, sehingga meninggalkan tekstur yang padat dan tebal.


3. Yogurt Beku (Fro-Yo)


fro-yo, frozen yoghurt with strawberry
Ilustrasi flickr.com

Yoghurt beku atau Fro-Yo, adalah bentuk es krim yang sangat populer saat ini. Makanan beku yang satu ini dibuat menggunakan beberapa bahan yang sama seperti es krim, tetapi dengan persentase lemak yang jauh lebih rendah.


4. Es Krim Mochi


ice cream mochi
Ilustrasi flickr.com

Es Krim Mochi adalah es krim yang dibungkus dengan adonan Mochi yang otentik, sehingga bisa dimakan dengan tangan. Paling sering tersedia dalam rasa teh hijau (matcha), kacang merah, vanilla, dan stroberi. Ini benar-benar membuat ketagihan.


5. Sorbet


strawberry sorbet
Ilustrasi flickr.com

Sorbet adalah makanan beku yang mengandung sedikit atau tidak ada susu. Karena dibuat dengan menggunakan beri beku dan air manis, tekstur dan rasanya sangat ringan.

Banyak orang percaya bahwa semua Sorbet adalah vegan, tetapi tidak selalu demikian. Dalam beberapa Sorbet, putih telur digunakan untuk menahan campuran sedikit lebih baik.

Kadang-kadang bahkan ada alkohol dalam resep untuk menurunkan suhu beku, dan menciptakan tekstur yang lembut namun sedingin es. Meskipun menjadi populer di Amerika, jenis ini sudah ada di Inggris, Prancis, dan Australia bahkan lebih lama.


6. Sherbet


Watermelon Sherbet
Ilustrasi Watermelon Sherbet friendlys.com

Mirip dengan Sorbet, Sherbet adalah makanan penutup beku berbasis buah, tetapi mengandung susu. Ini dibuat dengan jus buah, susu atau krim, putih telur, dan dalam beberapa kasus menggunakan gelatin.

Es krim Sherbet didefinisikan sebagai makanan penutup beku yang mengandung lemak susu tidak lebih dari 1-3%. Jika campurannya lebih dari 3%, itu dianggap es krim.


7. Dondurma


es krim turki, dondurma
Ilustrasi soranews24.com

Dondurma merupakan Es krim Turki. Campurannya termasuk tepung salep dan mastic, yang membuatnya kental dan kenyal, hampir seperti gula-gula. Tapi itu masih bisa ditempa, teksturnya harus secara konsisten dapat diaduk dan ditarik.


8. Granita


ice cream granita fruit
Ilustrasi pixabay.com/Lifeforge

Dilahirkan di Sisilia, Granita adalah campuran gula, air, dan berbagai perasa dari buah, kacang-kacangan, dan rempah-rempah, seperti stroberi, almond, dan mint. Teksturnya yang mengkristal membuatnya menjadi yang terbaik untuk dimakan dengan sendok dari cangkir atau mangkuk.


9. Kulfi


rose kulfi ice cream
Ilustrasi Rose Kulfi flickr.com

Kulfi merupakan Es krim di India yang lebih mirip custard. Teksturnya tebal dan padat, serta membutuhkan waktu lebih lama untuk meleleh. Ini membuatnya sempurna untuk disajikan pada stick. Rasanya lebih kepada gurih, dengan pilihan seperti kunyit, kapulaga, dan mawar.



Semuanya es krim di atas sama lezatnya, dengan kandungan bahan-bahan unik masing-masing. Meskipun memiliki variasi yang berbeda, semuanya sangat dekat satu sama lain, sehingga mereka sering disebut sebagai es krim. Sekarang kalian sudah tahu kan perbedaannya masing-masing.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel