Jenis-Jenis Keju Yang Populer Beserta Penggunaannya (Part I)

keju gouda dan kegunaannya
Ilustrasi Gouda Cheese flickr.com


Keju adalah makanan bergizi yang sebagian besar dibuat dari susu sapi, tetapi juga mamalia lain, seperti domba, kambing, kerbau, rusa, unta, dan yak. Sekitar 4000 tahun yang lalu orang sudah mulai membiakkan hewan dan mengolah susu mereka. Saat itulah, keju lahir.

Ada ratusan jenis keju di dunia. Banyak dari mereka hanya dikenal di beberapa negara atau wilayah, tetapi ada beberapa yang dikenal di seluruh dunia. Keju populer ini digunakan di sebagian besar resep, karenanya semua orang dapat menemukannya di toko bahan makanan dengan mudah.

Jika kalian bingung dengan keju mana yang harus dipilih untuk hidangan yang ingin kalian buat, berikut ini adalah penjelasan singkat tentang keju-keju yang paling populer dan penggunaannya.



♦ Mozzarella

Mozzarella mungkin merupakan keju yang paling populer. Ini adalah produk susu Italia Selatan yang secara tradisional dibuat dari susu kerbau. Mozzarella segar umumnya berwarna putih, biasanya digulung menjadi bola dengan ukuran berbeda, dari perline yang terkecil (0,03 ons / 1 gram) hingga ovoline (4 ons / 113 gram). Tetapi, dapat ditemukan dalam ukuran yang lebih besar, yaitu bola setengah pound atau pound log.

Bola Mozzarella kemudian bisa dijual segar, atau dikemas dalam air garam asin untuk menambah rasa. Segar dan kaya susu, mozzarella dihargai karena tekstur dan rasanya yang lembut seperti krim. Ada juga mozzarella kelembaban rendah, yang merupakan keju tua, lebih keras, dengan warna mentega.

Mozarella bisa digunakan pada salad Caprese sederhana atau memakannya dengan tomat di sandwich. Ingat, pizza terbaik tidak pernah tanpa mozzarella.


♦ Parmesan

Parmesan atau Parmigiano-Reggiano, dianggap sebagai salah satu keju terbaik oleh penikmat keju. Ini adalah keju keras, butiran dengan rasa yang kuat, nutty, dan pahit.

Parmesan sebagian besar diparut di atas pasta, digunakan dalam sup, dan risotto. Kalian bisa membuat kerak dengan tambahan parmesan untuk melapisi ayam sebelum menggorengnya, menaburkan di atas salad, ditambahkan ke dalam muffin, atau dimakan apa adanya, sebagai camilan atau saus keju.


♦ Cheddar

Cheddar adalah keju susu sapi yang berasal dari Somerset, Inggris. Cheddar mengacu pada kata kerja "to cheddar", proses pembuatan keju di mana dadih susu sapi dimasak dan kemudian digiling menjadi potongan-potongan seukuran nasi. Potongan-potongan tersebut kemudian ditekan ke dalam balok-balok besar untuk menekan keluar kelembaban yang tersisa.

Keju Cheddar kering dan rapuh dalam tekstur, dengan rasa tajam. Warnanya bervariasi dari gading, hingga kuning pekat, tergantung pada musim dan pakan ternak. Cheddar digunakan untuk burger top, dan juga jenis sandwich lainnya. Kalian dapat juga menggunakan Cheddar di atas casserole, atau parut dalam saus keju seperti pada mac and cheese.


♦ Gouda

Salah satu keju paling populer di seluruh dunia, Gouda adalah keju susu sapi semi-keras hingga keras dari Belanda. Seperti Cheddar, kualitas dan rasanya dapat sangat bervariasi. Saat Gouda berusia, keju mengubah rasa dan teksturnya. Gouda yang berumur memiliki rasa yang kuat, dengan rasa tajam namun manis pada saat yang bersamaan.

Gouda muda bisa meleleh, tetapi keju tua paling baik disajikan dalam parutan salad. Jika kalian memakannya apa adanya, minumlah dengan bir, jus jeruk atau apel, anggur merah, atau anggur putih.


♦ Keju Swiss

Keju Swiss menyerupai keju Emmentaler. Warnanya kuning pucat, dan agak keras. Beberapa jenis keju Swiss penuh dengan lubang yang dikenal sebagai 'eyes'. Ini adalah salah satu keju paling populer di Amerika.

Rasanya yang ringan, manis dan mirip kacang membuatnya cocok untuk sandwich, tetapi orang biasanya menambahkannya ke hidangan seperti pies, souffle, atau omelet, dilelehkan pada steak, dalam saus keju atau fondue.


♦ Emmentaler

Emmental atau Emmentaler adalah apa yang dipikirkan banyak orang ketika mereka mendengar 'keju Swiss' karena sangat mirip. Keju ini dianggap sebagai keju "Alpine-Style" atau "Mountain", artinya keju ini berasal dari susu sapi yang dibawa ke pegunungan Alpen untuk digembalakan selama beberapa musim, dan dadihnya dimasak, lalu ditekan dengan kuat.

Lubang-lubang pada keju adalah gelembung gas karbon dioksida yang terbentuk ketika bakteri mengkonsumsi asam laktat. Keju ini ringan, sedikit manis, dan agak pedas di bagian akhirnya. Dapat digunakan di banyak hidangan, tetapi terutama digunakan saat membuat cordon bleu, fondue, keju panggang, dan casserole.


♦ Brie

Brie adalah keju susu sapi lembut dari Prancis timur laut. Berwarna pucat dengan sedikit warna keabu-abuan di bawah kulit jamur putih. Keju ini memiliki rasa seperti kacang, buah, rumput, dan bahkan seperti jamur, mirip dengan Camembert. Beberapa orang merasa asamnya tidak menyenangkan.

Brie dan daging merupakan kombinasi yang enak. Kalian juga bisa menyajikan brie panggang dengan madu dan apel, sebagai hidangan manis.


♦ Camembert

Brie dan Camembert terlihat dan terasa sama, dan mereka sering disajikan dengan cara yang sama. Namun ada perbedaan halus, yaitu Camembert memiliki rasa yang lebih dalam dan lebih intens.

Sebagai salah satu keju Prancis yang paling banyak diproduksi, kualitas Camemberts dapat sangat bervariasi. Beberapa Camemberts buatan tangan dan dilindungi (misalnya raw-milk Camembert de Normandie), sementara yang lain diproduksi secara massal dari susu pasteurisasi.

Kalian bisa membuat Camembert panggang dan menyajikannya dengan kerupuk keju, atau roti bawang putih. Kalian juga bisa makan Camembert apa adanya, dengan anggur atau anggur merah.


♦ Keju Gruyère

Gruyère adalah keju keras, berwarna kuning, manis tapi sedikit asin, dengan rasa yang bervariasi tergantung pada usianya. Keju Gruyère umumnya dikenal sebagai salah satu keju terbaik untuk dipanggang karena bagus untuk meleleh. Secara tradisional, digunakan untuk membuat saus keju. Dapat juga ditambahkan ke fondue, atau diparut dalam salad dan pasta.



Berlanjut ke Jenis-Jenis Keju Yang Populer Beserta Penggunaannya (Part II)




Referensi:
https://www.cheese.com
https://sodelicious.recipes/in-the-kitchen/how-to-use-the-most-popular-cheeses/
https://www.seriouseats.com/2011/10/13-cheeses-everyone-should-know.html




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel