Berbagai Cara Mengucapkan Terima Kasih Dalam Bahasa Jepang


Jika kalian pernah melihat film atau acara TV Jepang populer, kalian pasti pernah mendengar kata ‘arigatou’. Arigatou adalah cara yang cepat dan mudah untuk mengucapkan Terima Kasih dalam bahasa Jepang. Namun, ada lebih banyak cara untuk mengatakan terima kasih, dan itu sangat tergantung pada siapa kalian mengatakannya.

Di Jepang, status sosial sangat berarti. Dan bagaimana kalian berbicara dengan orang tergantung pada di mana posisi kelas sosial kalian. Jika berbicara dengan seseorang di kelas sosial yang lebih tinggi daripada kalian, kalian akan menggunakan bentuk kalimat yang lebih sopan. Sementara, jika berbicara dengan seseorang di tingkat sosial yang sama atau lebih rendah, kalian akan menggunakan frasa yang lebih sederhana atau santai.

Hal ini juga bisa berubah berdasarkan kapan kalian mengucapkan terima kasih. Jika kalian berterima kasih atas sesuatu yang terjadi di masa lalu, maka bagaimana cara mengatakan terima kasih juga berubah. Ini bisa menjadi rumit, tetapi penjelasan berikut akan membantu kalian.



Latar Belakang Arigatou (あ り が と う)

Karakter untuk あ り が と う terdiri dari kata kerja 有 る (あ る - aru) yang berarti ada, dan 難 い (か た い - katai) yang merujuk pada sesuatu yang sulit.

Menurut kamus Kokugo, arigatashi awalnya berarti "sulit untuk ada", yang kemudian maknanya berubah menjadi "sesuatu yang langka". Itu tidak sampai abad ke-15 yang akhirnya berarti selamat datang atau bersyukur.



8 Cara Mengucapkan Terima Kasih Dalam Bahasa Jepang


1. Terima Kasih Yang Sederhana

Arigatou (あ り が と う) adalah cara yang cepat dan mudah untuk mengucapkan terima kasih dalam bahasa Jepang. Kalian hanya harus menggunakan ini ketika berbicara dengan salah satu rekan, dan itu agak biasa. Misalnya, jika salah satu teman meminjamkan pensil, maka kalian bisa mengatakan Arigatou.


2. Sedikit Lebih Formal “Terima Kasih Banyak”

Jika kalian perlu menekankan rasa terima kasih, maka dapat menggunakan frasa "Doumo Arigatou" (ど う も あ り り が と う). Frasa ini lebih formal, dapat digunakan jika seseorang melakukan sesuatu yang banyak membantu kalian, dan itu mungkin merupakan ketidaknyamanan bagi mereka. Misalnya, jika salah satu teman kalian bangun pagi-pagi untuk mengantar kalian ke bandara, itu layak mendapatkan “Doumo Arigatou”.


3. Terima Kasih Kepada Atasan

Bagaimana jika guru kalian datang dan menunjukkan cara menyelesaikan persoalan matematika yang sulit? Kalian tidak ingin menggunakan salah satu frasa di atas, karena terlalu santai untuk situasi seperti itu. “Arigatou Gozaimasu” (あ り が と う ご ざ い ま す) adalah ungkapan yang tepat untuk digunakan dalam situasi seperti itu. Ini adalah bentuk terima kasih pertama ketika berbicara dengan seseorang di kelas sosial yang lebih tinggi daripada kalian seperti atasan atau polisi.


4. "Terima Kasih Banyak" Kepada Atasan

Jika Bos kalian memberi kalian promosi, ingat untuk menambahkan "Doumo" ke "Arigatou" untuk menekankan terima kasih. Kalian dapat melakukan hal yang sama dengan "Doumo Arigatou Gozaimasu" (ど う も あ り が と う ご ざ い ま す).


5. Terima Kasih Yang Santai

Terkadang bahkan mengatakan "Arigatou" terlalu berlebihan. Saat kalian terburu-buru, “Doumo” (ど う も) sudah cukup. Tapi ingat, jangan gunakan frasa ini jika berbicara dengan seseorang yang lebih tinggi dari kalian. Mereka bisa tersinggung karena kalian tidak meluangkan waktu untuk berterima kasih kepada mereka dengan cara yang benar. Kalian dapat menggunakan frasa ini dengan orang yang lebih rendah, seperti adik.


5. Bentuk Slang "Terima Kasih"

Bahasa gaul atau slang adalah kata dan frasa yang digunakan dalam lingkungan yang sangat kasual. Di Jepang, ada kata slang untuk terima kasih, yaitu "Azasu" (あ ざ す).


6. "Terima Kasih" Atas Apa Yang Terjadi Di Masa Lalu

Terkadang kalian lupa mengatakan "Terima kasih" atau tidak punya kesempatan. Jika kalian perlu mengucapkan terima kasih atas peristiwa yang terjadi di masa lalu, gunakan frasa, "Arigatou Gozaimashita" (あ り が と う ご ざ い ま し た). Ini adalah versi lampau dari frasa Arigatou Gozaimasu.


7. Berterima Kasih Kepada Seseorang Karena Memperbaiki Kesalahan Kalian

Orang-orang membuat kesalahan. Dan kemudian ada orang yang cukup baik untuk membantu memperbaiki kesalahan itu. Jika kalian menemukan diri dalam situasi dimana ada seseorang yang membantu, kalian dapat mengatakan "Sumimasen" (す み ま せ ん). Sumimasen dapat berarti "maaf" dan "permisi". Ini juga bisa berarti "terima kasih" ketika berterima kasih kepada seseorang karena telah membantu kalian.


8. Mengucapkan Terima Kasih Melalui Pesan Teks

Kita semua mempersingkat kalimat saat mengirim SMS, dan bahasa Jepang tidak berbeda. Seringkali kalian akan melihat berbagai bentuk ungkapan di atas. Bisa juga digunakan あ ざ す (azasu) atau あ ー と sebagai bentuk singkat dari “Arigatou Gozaimasu”. Dalam bahasa Inggris, kalian bahkan dapat mengetik AZS yang merupakan kependekan dari azasu.



Demikianlah panduan singkat tentang bagaimana Jepang menggunakan semua frasa untuk secara khusus menunjukkan ucapan terima kasih mereka berdasarkan situasi yang dihadapi. Perhatikan situasi di mana kalian berterima kasih dan kalian secara bertahap akan mengembangkan kepekaan yang lebih besar terhadap bagaimana ungkapan "terima kasih" digunakan dengan benar dalam bahasa Jepang. Baca juga cara menunjukkan rasa terima kasih dalam bahasa mandarin pada artikel ini.



Referensi:
https://www.nihongomaster.com/blog/thank-you-in-japanese/
https://cotoacademy.com/thank-you-in-japanese-arigato/




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel