18 Frasa Penting Bahasa Jepang Untuk Digunakan Di Restoran


Di Jepang, bahasa yang paling banyak digunakan adalah bahasa Jepang. Sebagai seorang turis, ini adalah tantangan untuk menggunakan bahasa Jepang saat berkunjung ke Jepang. Sebelum bepergian ke Jepang, sebaiknya kalian mempelajari sejumlah kata dan frasa yang berguna saat makan di luar, seperti yang akan dibahas berikut.



Setibanya Di Restoran


1. Sumimasen (Permisi)

Kalian dapat menggunakan frasa ini untuk menarik perhatian staf atau karyawan, jika tidak ada orang di dekat pintu saat masuk. Ketika kalian mengatakannya, angkat tangan sedikit, untuk membantu staf memperhatikan kalian lebih mudah.


2. Hitori desu (Untuk satu orang)

Frasa ini berharga untuk pelancong solo. Dengan itu, kalian dapat memberi tahu staf restoran bahwa kalian makan sendiri. Jika ingin meja untuk dua orang, gunakan "futari" (dua orang) daripada "hitori", dan ucapkan "futari desu". Untuk grup yang terdiri dari tiga orang atau lebih, kalian bisa mengganti "hitori" dengan kata Jepang untuk jumlah orang, seperti "Sannin" untuk tiga orang, “Yonin” untuk empat orang, "Gonin" untuk lima orang, dan seterusnya.


3. Kinen Seki Onegaishimasu (Tolong, meja bebas rokok)

Untuk mendapatkan meja di area bebas rokok di restoran, gunakan frasa ini. Jika kalian ingin ditempatkan di area merokok, ucapkan “Kitsuenseki Onegaishimasu” (Tolong, meja merokok).



Saat Memesan Makanan


Ilustrasi Sapporo Japanese Restaurant flickr.com

4. Eigo no Menyu Arimasu ka? (Apakah Anda memiliki menu bahasa Inggris?)

Ada restoran yang menyediakan menu dalam bahasa Inggris. Kalian bisa mencoba keberuntungan dengan menggunakan frasa ini, mungkin saja ada tersedia menu dalam bahasa Inggris.


5. Begitarian Menyu Arimasu ka? (Apakah Anda memiliki menu vegetarian?)

Jika kalian seorang vegetarian, jangan khawatir, kalian bisa menggunakan frasa ini untuk menanyakan ketersediaan menu vegetarian.


6. Kochira wo Onegashimasu (Saya ingin memesan ini)

Pada saat melihat menu restoran, kalian kemudian bisa menggunakan frasa ini, sambil menunjuk ke gambar atau entri, untuk menunjukkan bahwa kalian ingin memesan makanan atau minuman tertentu.


7. Korewa Nan desu ka? (Apa ini?)

Jika ada beberapa hal pada menu yang kalian tidak yakin (seperti apakah itu dari daging sapi atau ayam), kalian bisa menggunakan frasa ini dan menanyakan ke pelayan. Penting juga untuk menghafal beberapa kata umum Jepang untuk bahan dan lainnya, seperti "gyuniku" (daging sapi), "toriniku" (ayam), "sakana" (ikan), "butaniku" (daging babi), dan "begitarian" (vegetarian), untuk memahami tanggapan staf.


8. Kore wa Nama Mono desu ka? (Apakah ini mentah?)

Jika kalian ragu apakah suatu makanan disajikan mentah, kalian bisa menanyakannya kepada pelayan menggunakan frasa ini.


9. Ikura desu ka? (Berapa ini?)

Terkadang, tidak ada harga pada menu. Kalian tidak perlu ragu untuk menanyakan harga menggunakan frasa ini.


10. Biiru wa ari masu ka? (Apakah ada bir?)

Untuk memesan bir, ini adalah frasa bahasa Jepang yang bisa digunakan. Kata Jepang untuk bir adalah “biiru”. Jika ingin memesan anggur atau sake, kalian dapat mengganti "biiru" dengan "wain" atau "sake" dalam pertanyaan, dan bertanya "Wain wa ari masu ka?" Atau "Sake wa ari masu ka?". Minuman umum lainnya yang dapat dipesan di restoran di Jepang adalah "kohi" (kopi), "ocha" (teh), dan "mizu" (air).



Sementara Makan


11. Itadakimasu (terjemahan literal: saya terima)

Frasa ini secara harfiah berarti "Saya menerima". Ini adalah ungkapan yang digunakan sebelum memulai makan, untuk menunjukkan rasa terima kasih dan penghargaan atas makanan di depan kalian, dan orang-orang yang telah bekerja keras untuk menyiapkannya.


12. Kanpai! (terjemahan literal: Ceria!)

Ini adalah frasa yang digunakan saat mengangkat gelas untuk minum bersama, cheers.


13. Oishii desu (Lezat)

Sambil makan, tidak apa-apa untuk mengungkapkan betapa enak suatu makanan yang telah disajikan untuk kalian. Kalian dapat mengucapkan ungkapan ini kepada teman atau staf restoran agar mereka tahu bahwa kalian menikmati hidangan atau minuman tertentu. Kalian bisa juga menggunakan frasa "suki desu" untuk mengatakan "Saya menyukainya".


14. Gochisousama deshita (Itu lezat)

Setelah makan, kalian bisa mengatakan kalimat ini untuk mengekspresikan kesenangan dan kepuasan terhadap makanan yang disajikan.



Saat Membayar Tagihan


15. Okaikei Kudasai (Tolong beri kami tagihan)

Di beberapa restoran, staf mungkin membawa tagihan ke meja kalian dan kalian hanya perlu menyerahkan uang atau kartu, sementara di tempat lain, kalian mungkin harus berjalan ke kasir dan membayar sendiri di sana.


16. Kurejitto Kaado de Daijobu desu ka? (Apakah saya dapat membayar dengan kartu kredit?)

Tidak semua restoran di Jepang menerima pembayaran menggunakan kartu, karenanya ada baiknya memastikan hal tersebut dengan menggunakan frasa ini untuk bertanya.



Frasa Penting Lainnya Untuk Diingat


17. Arigatou Gozaimasu (Terima kasih)

Setiap kali makan di restoran di Jepang, kalian akan menggunakan frasa ini beberapa kali. Saat berterima kasih kepada staf yang menyambut kalian di pintu dan membawa ke meja, pelayan yang mengirimkan pesanan dan mengisi ulang minuman kalian, dan kasir yang membantu menyelesaikan tagihan kalian. Mereka akan senang jika kalian mengungkapkan perasaan terima kasih menggunakan frasa Jepang.


18. Toire wa Doko Desu ka? (Di mana toiletnya?)

Frasa ini cukup berguna tidak hanya saat makan di restoran tetapi juga saat jalan-jalan ke mana saja di Jepang.



Selain dari frasa-frasa di atas, kalian juga akan mendengar frasa-frasa ini di restoran:
  • Irasshaimase (Selamat datang). Kalian tidak perlu membalas salam ini, cukup tersenyum atau membungkuk.
  • Touten erabi itadaki, arigato gozaimasu. (Terima kasih telah makan bersama kami).
  • Goyukkuri dozo (Miliki waktu yang menyenangkan).
  • Dozo meshiagatte kudasai (Nikmati makanan Anda). Ini biasa diucapkan oleh juru masak atau koki.


Hafalkan beberapa Bahasa Jepang yang berguna sebelum berkunjung ke Jepang, dan jangan ragu untuk bertanya. Orang Jepang cukup baik, dan mereka akan mencoba yang terbaik untuk membantu kalian.




Referensi:
https://www.japanrailpass.com.au/13-japanese-phrases-can-use-restaurant/
https://savvytokyo.com/easy-japanese-dining-japan/




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel