Daftar Istilah Kopi (Coffee Glossary) Part III


P

Patio Drying

Mengeringkan kopi secara langsung melalui pemaparan ke panas matahari dengan menyebarkan pada teras terbuka. Alternatif yang lebih tradisional dari pengeringan mesin.

Peru Coffee

Kopi Peru terbaik beraroma, lembut, dan agak asam.

Piston Machine

Mesin espresso yang menggunakan piston yang dioperasikan oleh tuas untuk memaksa menyeduh air pada tekanan tinggi melalui kopi bubuk yang dipadatkan.

Plunger Pot, French Press

Metode pembuatan espresso yang memisahkan ampas dari kopi yang diseduh dengan menekannya ke dasar wadah dengan plunger jala.

Polishing

Prosedur opsional pada akhir pemrosesan dan penggilingan kopi, dimana biji kering yang siap dikapalkan dilakukan penggosokan untuk menghilangkan bagian paling dalam, atau silverskin, dan memperbaiki penampilannya.

Primo Lavado, Prime Washed

Kopi berkelas Mexico yang mencakup sebagian besar kopi terbaik di negara itu.

Puerto Rico, Puerto Rico Yauco Coffee

Kopi Yauco dari Puerto Rico adalah kopi yang menghidupkan kembali dan menampilkan kualitas yang membuat Jamaica Blue Mountain terkenal: keasaman yang tinggi dan rasa seimbang, serta rasa lembut yang kaya. Namun, kopi Karibia yang berpotensi terbaik ini sering dinodai oleh ketidakkonsistenan.

Pulping

Proses mengeluarkan kulit terluar dari buah kopi.

Pump Machine

Mesin espresso yang menggunakan pompa untuk memaksa menyeduh air pada tekanan tinggi melalui bubuk kopi.

Pyrolysis

Pemecahan kimiawi selama pemanggangan, dimana lemak dan karbohidrat menjadi minyak halus yang memberikan aroma dan sebagian besar cita rasa pada kopi.


Q

Quakers

Biji kopi yang rusak, yang gagal dipanggang dengan benar.


R

Regular Roast, American Roast

Kopi yang dipanggang dengan rasa tradisional Amerika.

Richness

Kepenuhan dalam hal rasa, bentuk, atau keasaman yang memuaskan.

Rio

Kelas kopi olahan kering dari Brasil dengan ciri khas obat. Istilah Rioy atau Rio-y telah diterapkan untuk setiap kopi dengan karakteristik rasa yang serupa. Rasa Rio dianggap sebagai cacat peringkat oleh pembeli Amerika Utara, tetapi dicari oleh beberapa pembeli dari negara-negara Balkan dan Timur Tengah.

Robusta, Coffea Canephora

Robusta menghasilkan sekitar 30% dari kopi dunia. Ini adalah pohon yang tumbuh lebih rendah, yang menghasilkan kopi berukuran penuh tetapi hambar dengan kualitas yang lebih rendah dan kandungan kafein yang lebih tinggi daripada Coffea Arabica. Jenis ini digunakan sebagai dasar untuk campuran kopi instan, dan untuk campuran kopi komersial yang lebih murah.


S

Santo Domingo

Kopi dari Republik Dominika. Kopi Dominika yang tumbuh tinggi adalah kopi asam yang cukup kaya dengan karakteristik klasik Karibia. Kopi Dominika yang lebih rendah cenderung lebih lunak dan kurang asam.

Semi-Dry-Processed Coffee, Pulped Natural Coffee, Semi-Wet-Processed Coffee

Kopi disiapkan dengan menghilangkan kulit luar dari buah kopi dan mengeringkan kopi dengan kulit bagian dalam masih menempel pada biji. Metode pemrosesan ini terletak di antara metode kering dan metode basah. Ini merupakan salah satu dari tiga metode pemrosesan yang dipraktikkan di Brasil, dan digunakan dalam skala kecil oleh petani di Sumatera dan Sulawesi, Indonesia.

Shade Grown

Menjelaskan kopi yang ditanam di bawah naungan kanopi.

Silverskin

Kulit buah kopi yang tipis dan paling dalam. Ini menempel pada biji kopi kering sampai dihilangkan dengan memoles atau mengapung selama memanggang dan menjadi apa yang disebut roaster chaff.

Single-Estate Coffee, Estate-Grown Coffee

Kopi yang diproduksi oleh satu peternakan, satu pabrik, atau satu kelompok pertanian, dan dipasarkan tanpa campuran dengan kopi lainnya. Banyak kopi khusus sekarang diidentifikasi dengan nama perkebunan, daripada nama daerah atau pasar yang kurang spesifik.

Single-Origin Coffee, Straight Cofee

Kopi yang tidak dicampur, berasal dari satu negara, wilayah, dan tanaman.

Sivitz Roaster

Jenis roaster kopi yang dinamai sesuai dengan penemunya, Michael Sivetz. Juga dikenal dengan istilah Fluid Bed Roaster, Fluidized Bed Roaster, dan Air Roaster. Alat pemanggang yang bekerja sangat mirip popper popcorn raksasa, memanfaatkan tekanan kolom udara panas untuk secara bersamaan mengaduk dan memanggang biji kopi hijau.

Soft Bean

Sering digunakan untuk menggambarkan kopi yang ditanam di ketinggian yang relatif rendah. Dalam konteks yang sama, kopi yang ditanam di ketinggian lebih tinggi sering disebut hard bean. Ketinggian yang lebih rendah dan akibatnya suhu yang lebih hangat menghasilkan buah yang lebih cepat matang dan kacang yang lebih ringa. Kopi soft bean biasanya menghasilkan espresso yang kurang asam dan kurang beraroma dibandingkan kopi hard bean.

Spanish Roast, French Roast, Heavy Roast

Ketentuan untuk kopi yang dibawa ke tingkat panggang jauh lebih gelap daripada versi Amerika;

Strictly High-Grown

Kopi El Salvador tingkat tertinggi.

Sulawesi, Celebes

Kopi yang berasal dari pulau Sulawesi, Indonesia. Sebagian besar berasal dari daerah pertumbuhan Toraja atau Kalossi di dataran tinggi tenggara.

Sumatra Coffee

Kopi asal pulau Sumatra, Indonesia. Kebanyakan kopi Sumatera berkualitas tinggi ditanam di dekat Danau Toba (Mandheling, Lintong) atau di Provinsi Aceh, dekat Danau Biwa (Aceh, Gunung Gayo).

Sun Drying

Mengeringkan kopi secara langsung setelah dipetik atau setelah penghilangan buah dengan memaparkannya ke panas matahari dengan menyebarkan pada rak pengeringan atau teras. Alternatif yang lebih tradisional untuk pengeringan mesin.

Sun Grown

Menjelaskan kopi yang tidak ditanam di bawah naungan kanopi. Kopi Arabika secara tradisional ditanam di tempat teduh. Di tempat lain kopi arabika secara tradisional ditanam di bawah sinar matahari penuh, atau di dekat sinar matahari penuh.

Supremo

Kopi Kolombia bermutu tinggi.

Swiss Water Process

Metode dekafeinasi bermerek dagang yang menghilangkan kafein dari biji kopi menggunakan air panas, uap, dan arang aktif daripada bahan kimia atau pelarut.


T

Tapachula, Chiapas

Negara bagian penghasil kopi di Meksiko selatan. Kopi Chiapas terbaik ditanam di sudut tenggara negara dekat perbatasan dengan Guatemala. Yang terbaik, kopi Tapachula atau Chiapas menampilkan keasaman tajam, rasa lembut, dan tubuh ringan sampai sedang dari kopi Meksiko yang lebih dikenal sebagai Mexican coffees of Oaxaca dan Vera Cruz States.

Thermal Block

Sistem untuk memanaskan air dalam pembuatan espresso yang menggunakan gulungan pipa yang tertutup di dalam elemen pemanas atau tangki air panas.

Traditional Process, European Process

Sekelompok metode dekafeinasi yang menggunakan pelarut untuk menghilangkan kafein dari biji kopi hijau. Metode pelarut tidak langsung atau pelarut air melibatkan merendam kacang hijau dalam air panas, menghilangkan kafein dari air panas dengan cara pelarut, dan menggabungkan kembali air dengan kacang, yang kemudian dikeringkan.

Typica

Berbagai botani Coffea Arabica. Varietas ini adalah salah satu varietas kopi tertua dan paling tradisional. Beberapa kopi Amerika Latin terbaik berasal dari stok typica.


V

Vacuum-Filter Method

Metode pembuatan espresso yang berbeda dari metode filter lainnya karena air pembuatannya diambil melalui kopi bubuk dengan cara vakum parsial.

Varietal Coffee

Istilah yang menggambarkan kopi yang tidak dicampur dari satu negara, wilayah, dan tanaman. Misalnya: Ethiopia Yirgacheffe, Kenya AA, atau La Minita Costa Rica Tarrazu.

Varietal Distinction, Varietal Character

Istilah mencicipi yang menggambarkan karakteristik positif yang membedakan kopi yang dicicipi dari kopi dari daerah lain. Contohnya adalah keasaman kopi Kenya yang seperti anggur atau berry

Viennese Coffee

Menjelaskan kopi yang diseduh dengan metode tetes atau filter dari campuran kopi yang dibawa ke tingkat atau kegelapan panggang yang disebut Viennese Roast; juga mengacu pada kopi yang diseduh yang atasnya diberi whipped cream.

Viennese Roast

Istilah untuk kopi dibawa ke tingkat panggang sedikit lebih gelap daripada versi tradisional Amerika, tetapi lebih ringan dari versi Prancis, atau Italia. Viennese Roast juga bisa merujuk pada campuran kacang kopi yang dipanggang sampai cokelat gelap.

Vintage Coffee, Aged Coffee

Secara tradisional, kopi disimpan di gudang selama beberapa tahun, kadang-kadang dengan sengaja, kadang-kadang secara tidak sengaja. Penuaan seperti itu mengurangi keasaman dan meningkatkan bentuk. Aged coffee berumur lebih lama dari old crop coffee atau mature coffee. Baru-baru ini, beberapa kopi Indonesia telah mengalami semacam penuaan yang dipercepat yang melibatkan pemaparan yang disengaja terhadap udara lembab, seperti halnya monsooned coffee India.


W

Wet-Processed Coffee, Wet Method Coffee, Washed Coffee

Kopi yang disiapkan dengan menghilangkan kulit dan ampas dari kacang saat buah kopi masih lembab. Sebagian besar kopi besar dunia diproses dengan metode basah, yang umumnya meningkatkan keasaman.


Y

Yemen, Yemen Mocha, Mocha, Arabian Mocha

Kopi yang berasal dari ujung barat daya semenanjung Arab, berbatasan dengan Laut Merah, di daerah pegunungan Yaman sekarang. Kopi yang dibudidayakan tertua di dunia, dibedakan oleh seluruh bentuk dan keasamannya yang khas, berwarna kemerahan.


Z

Zambia Coffee

Beberapa kopi asli dari Zambia timur (Zambia terletak di selatan-tengah Afrika) muncul di pasar khusus Amerika Utara. Mereka cenderung mengarah ke versi Afrika yang lebih lunak dan tidak asam.

Zimbabwe Coffee

Kopi Zimbabwe menunjukkan kehadiran yang luar biasa dan karakteristik keasaman yang cerah dan berkilau dari kopi Afrika Timur. Beberapa menempatkannya ke peringkat kedua di antara kopi Afrika, dalam hal kualitas setelah kopi Kenya. Sebagian besar jenis ini ditanam di wilayah Chipinga, di sepanjang perbatasan timur dengan Mozambik


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel