7 Hidangan Populer Yang Harus Kamu Coba Saat Mengunjungi Thailand


Makanan Thailand merupakan salah satu yang terkenal di dunia karena kelezatannya. Hidangan Thailand menggabungkan berbagai rasa dan tekstur yang kompleks dalam beberapa lapisan. Masakan khas Thailand meliputi bahan-bahan seperti lengkuas, santan, asam, serai, jeruk nipis, kemangi, kunyit, bawang putih, saus ikan, saus tiram dan bahan lainnya. Ada banyak sekali hidangan Thailand yang terkenal karena kepopulerannya, berikut merupakan rekomendasi yang sayang jika dilewatkan.



7 Hidangan Thailand Yang Patut Dicoba


1. Pad Thai (Mie Goreng Gaya Thailand)


Pad Thai (Mie Goreng Gaya Thailand)
ilustrasi pixabay.com/ctwtn

Pad Thai mungkin adalah hidangan makanan Thailand yang paling terkenal. Pad Thai berarti "mie goreng ala Thailand". Ini merupakan kombinasi dari bahan-bahan klasik seperti telur, tahu, kacang tanah, dan tauge.

Rasa tradisional dari Pad Thai agak asam, manis, dan tidak terlalu pedas, kecuali jika kamu menambahkan terlalu banyak cabai yang biasanya disajikan secara terpisah.


2. Tom Yum Goong (Sup Panas dan Asam dengan Udang)


Sup Tom Yum Goong, Thailand
ilustrasi pixabay.com/Waratharn

Tom Yum adalah sup Thailand paling populer, baik di dalam maupun di luar Thailand. Ini juga merupakan salah satu hidangan Thailand yang paling terkenal di Indonesia. Hidangan ini berupa sup yang jernih dan asam yang dibumbui dengan serai wangi, akar lengkuas, daun jeruk purut, cabai, dll.

Ada ratusan variasi Tom Yum tergantung pada bahan utama hidangan. Tom Yum biasanya dibuat dengan udang (Tom Yum Goong), ayam (Tom Yum Gai), ikan (Tom Yum Pla) atau makanan laut campuran (Tom Yum Taleh) dan jamur. Versi udang (Goong) dianggap paling lezat oleh penduduk setempat, karenanya, hidangan yang satu ini tidak bisa kamu lewatkan.


3. Tom Kha Gai (Sup Ayam Lengkuas Kelapa Thailand)


Sup Tom Kha Gai, Thailand
ilustrasi pixabay.com/rise-a-mui

Tom Kha Gai adalah salah satu sup yang populer diantara hidangan Thailand. Kunci hidangan ini terdapat pada "Kha" (lengkuas) untuk ramuan bumbu dan santan. Hidangan ini cocok untuk orang yang tidak bisa makan makanan pedas, karena Tom Kha jauh lebih ringan daripada Tom Yum. Penggunaan santan melunakkan rasa pedasnya. Diakhiri dengan daun jeruk nipis segar, ini menjadikannya berbau wangi, creamy dan menarik.


4. Gaeng Keow Wan Gai (Kari Ayam Hijau Thailand)


Green Chicken Curry, Thailand
ilustrasi pinterest.com/gloHoliday

Kari yang paling populer di Thailand adalah kari hijau. Ini merupakan kari yang terbuat dari ramuan dan campuran bumbu pasta kari yang dimasak dengan santan. Kari hijau tidak pedas dan agak manis.

Kari hijau merupakan hidangan yang luar biasa, terutama saat disajikan dengan nasi putih atau kanomjeen noodle. Kari ini terdiri dari potongan ayam segar, terong seukuran ceri, rebung bambu yang lembut, ketumbar, dan kemangi manis. Lalu, apa yang membuatnya bisa begitu hijau? Itu tidak lain adalah pasta kari hijau yang diaduk dengan kasar hingga menjadi santan cream ​​panas.


5. Khao Pad (Nasi Goreng ala Thailand)


Khao Pad (Nasi Goreng ala Thailand)
ilustrasi hungryforever.com

Khao Pad adalah favorit bagi semua penduduk setempat. Di Thailand, Khao berarti "nasi" dan Pad berarti "digoreng". Makanan ini biasanya termasuk daging seperti udang, ayam, babi, kepiting atau daging sapi bersama dengan telur, bawang, daun ketumbar, bawang putih, tomat dan bumbu lezat.

Nasi goreng Thailand dimasak dengan nasi jasmine, yang wangi. Biasanya disajikan dengan irisan mentimun dan limau di sampingnya.


6. Khao-soy (Mie Kari Thailand Utara)


Khao-soy (Mie Kari Thailand Utara)
ilustrasi flickr.com

Khao-soy merupakan hidangan mie kari ala Thailand Utara. Hidangan ini terbuat dari santan dan kuah kari kuning yang dituangkan di atas mie telur lembut, lalu ditambah topping berupa mie goreng renyah. Rasanya sedikit pedas, manis, dan lembut. Hidangan ini wajib dimakan jika kalian mengunjungi Chiang Mai.


7. Som Tam (Salad Pepaya Hijau Thailand)


Som Tam (Salad Pepaya Hijau Thailand)
ilustrasi flickr.com

Som Tam merupakan salad pepaya pedas dari bagian Timur Laut Thailand. Hidangan ini dapat dicampur dengan beberapa kepiting, kacang, udang kering, dan mie beras. Selain itu, bahan utamanya dapat menggunakan mangga, mentimun atau sayuran lain, bukan pepaya hijau.

Rasa Som Tam merupakan perpaduan dari bumbu cabai merah, rasa asin dari saus ikan, rasa asam dari jeruk nipis, ditambah dengan manisnya gula aren. Orang Thailand suka memakannya dengan nasi ketan.



Referensi:
www.bangkok.com/food-top10.htm
https://www.thai.lt/thai-food/thai-food-dishes-you-must-try



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel