8 Makanan Khas Macau Yang Tidak Bisa Kamu Lewatkan


Macau memiliki warisan kuliner berusia lebih dari 400 tahun. Selain itu, ia memiliki reputasi sebagai kota dimana para koki datang dari seluruh penjuru untuk memperkenalkan hidangan baru mereka ke Asia. Hal ini yang mengakibatkan UNESCO mengakuinya sebagai Creative City of Gastronomy.

Berikut adalah daftar makanan lokal yang harus dicoba, yang telah membantu menempatkan Macau sebagai kota kuliner.



8 Makanan Khas Macau Yang Patut Dicoba


1. Minchi


Macau minchi
Ilustrasi macaulifestyle.com

Dianggap sebagai salah satu 'hidangan nasional' Macau, minchi adalah kombinasi lezat dari daging sapi atau babi (atau kombinasi keduanya), kentang potong dadu yang digoreng dengan bawang, dan saus Worcestershire. Kadang-kadang disajikan dengan telur di atasnya.


2. Portuguese Egg Tart


portugese egg tart macau
Ilustrasi jingdaily.com

Ini merupakan makanan Macau yang paling terkenal. Terdiri dari cangkang kue kering, dengan custard telur yang kaya dan manis dengan konsistensi yang mirip dengan creme brulee. Atasan karamel memainkan peran penting dalam cita rasanya.

Makanan ini dapat ditemui di mana-mana, mulai dari restoran dan hotel hingga pedagang kaki lima. Namun, di antara semuanya, Lord Stow yang paling terkenal. Nama Lord Stow menjadi identik dengan Portuguese Egg Tart terbaik di Macau. Lewatkan dan kalian akan menyesal. Sebaiknya makan egg tart panas langsung dari oven, karena rasanya dua kali lebih enak saat panas.


3. Pork Chop Bun


pork chop bun macau
Ilustrasi macaulifestyle.com

Camilan jalanan Macau yang terkenal berikutnya adalah pork chop bun dan biasa disebut sebagai versi hamburger Macau. Renyah di bagian luar, dengan roti empuk yang lembut, serta potongan daging babi lembut yang diasinkan, memberikan cita rasa yang tak terlupakan. Yang terkenal dulu adalah Tai Lei Loi Kei, namun sekarang sudah banyak tempat yang menawarkan pork chop bun yang lebih lezat.


4. Serradura


serradura macau
Ilustrasi macaulifestyle.com

Serradura diterjemahkan dari bahasa Portugis yang berarti "serbuk gergaji". Ini bukan nama yang menarik untuk hidangan penutup, tetapi sangat digemari, dan merupakan salah satu ikon desert Macau.

Makanan ini dibuat dari kombinasi krim kocok, susu kental, dan biskuit Marie (yang dihancurkan super halus agar menyerupai serbuk kayu). Ini dapat ditemukan pada menu pencuci mulut dari banyak restoran di Macau. Hidangan ini juga dijual di toko roti dan penjual makanan ringan.

Disajikan sebagai puding dingin, dengan gaya semifreddo, atau sebagai es krim. Salah satu pilihan yang paling terkenal untuk versi es krim adalah Gelatina Mok Yi Kei, yang terletak di jantung kota Taipa Tua.


5. Almond Cookies dan Fillet Pork/Beef


almond cookies macau
Ilustrasi koikei.com

Camilan populer lain yang dibeli turis adalah kue almond ala Macau dan dendeng babi. Kue almondnya dipanggang di tempat, dan memiliki tekstur berpasir dan rasa pedas. Terbuat dari tepung kacang hijau. Ada juga beragam pilihan daging kering, mulai dari daging sapi pedas hingga babi hutan.

Kedua makanan ini sering dijual oleh penjual yang sama. Banyak toko kue berjejer di jalan-jalan di Makau yang menjual camilan lezat ini. Cita rasa yang unik dan harga yang murah telah membuat kue almond menjadi raja dari makanan lokal. Salah satu tempat paling terkenal untuk membelinya adalah Koi Kee Bakery, yang memiliki banyak cabang.



6. Ayam Afrika


african chicken macau
Ilustrasi theculturetrip.com

Dianggap sebagai 'hidangan nasional' Makau lainnya, ayam Afrika pada dasarnya adalah masakan Macau dari kari ayam. Terdiri dari ayam yang ditutupi dengan saus kacang, tomat, dan cabai, terkadang juga paprika.

Hidangan ini diperkenalkan ke Macau oleh penjajah Portugis. Menggunakan rempah-rempah yang dipinjam dari wilayah pada rute perdagangan Portugis. Hidangan ini telah bertahan selama berabad-abad sebagai favorit lokal.


7. Steamed Milked Pudding


steamed milked pudding macau
Ilustrasi gotravelly.com

Steam Milk Pudding dapat ditemukan di berbagai kafe dan restoran di seluruh wilayah. Namun, cabang asli Yi Shun di Makau masih dianggap sebagai tempat terbaik. Disajikan dingin atau panas. Cobalah double skinned milk pudding dengan kacang merah, atau steamed milk dengan jahe untuk cita rasa ekstra.


8. Egg Rolls


egg rolls macau
Ilustrasi ecrater.co.uk

Egg Rolls juga merupakan makanan ringan yang sangat populer di Macau. Bentuknya Mirip dengan lumpia. biasanya terdiri dari daging dadu atau udang dan sayuran parut yang dibungkus dengan adonan yang dibuat dari telur dan kemudian digoreng garing.

Ada berbagai variasi isian, dan beberapa yang terbaik dijual di toko roti Koi Kei. Bentuknya dikemas dengan indah, dan kalian akan melihat banyak turis membelinya untuk diberikan sebagai hadiah.




Referensi:
https://theculturetrip.com/asia/china/articles/11-foods-you-must-try-in-macau/
https://www.tommyooi.com/must-eat-food-in-macau/




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel