6 Rasa Unik Mooncake Yang Layak Untuk Dicoba

Rasa unik mooncake
Ilustasi Mooncake Ilustrasi pixabay.com/ScribblingGeek

Festival Mid Autumn segera tiba yang artinya sebentar lagi kita akan menikmati kue bulan (mooncake). Bagi orang Tionghoa, festival ini merupakan perayaan yang luar biasa meriah. Festival ini merupakan acara tradisional terpenting kedua di Tiongkok dan paling dinanti-nantikan oleh banyak orang.

Orang Cina mulai merayakan Festival Mid-Autumn sejak zaman Dinasti Shang (1600-1046 SM). Meskipun banyak mitos mengenai asal usul festival ini, yang paling populer adalah kisah mengenai Dewi Chang'e atau dikenal juga sebagai dewi bulan keabadian. Dia akan memberkati orang-orang dengan panen yang melimpah setiap kali bulan berada dalam posisi penuh.

Salah satu tradisi paling terkenal saat festival ini adalah pembuatan kue bulan. Kue bulan telah menjadi terkenal di seluruh dunia. Kue bulan melambangkan keberuntungan, kemakmuran, dan kehormatan.

Orang sering memberikan kue bulan sebagai hadiah saat mengunjungi teman atau keluarga pada pertengahan musim gugur. Semua orang menyukai rasa kue bulan tradisional, tetapi cita rasa yang tidak konvensional telah muncul dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa bahkan mendapatkan popularitas yang tidak sedikit.

Dari tahun ke tahun muncul banyak sekali variasi rasa baru dengan desain inovatif dan kelezatan tersendiri. Kita akan membahas beberapa rasa yang cukup populer dan patut dicoba.


6 Rasa Unik Mooncake Yang Layak Untuk Dicoba


1. Ice Cream

Kue bulan ini merupakan tampilan baru dari kue bulan tradisional. Berisi es krim dengan kerak coklat di bagian luarnya. Beberapa bahkan masih memiliki kuning telur di dalamnya.

Kue bulan ini telah meningkat popularitasnya dalam beberapa tahun terakhir, terutama di kalangan anak muda. Ini merupakan cara untuk menikmati es krim dalam bentuk yang berbeda. Salah satu yang paling terkenal diantaranya Haagen Dazs Mooncake.


2. Cream Cheese

Jenis ini termasuk salah satu kue bulan yang paling moderen. Isinya berupa krim keju yang bisa dicampur dengan rasa lain, mulai dari yang manis hingga gurih.

Fitur utamanya terletak pada kulit keemasan dan renyah dengan rasa seperti susu kental. Jenis yang satu ini tidak semanis kue bulan lainnya.


3. Greentea

Teh dan kue bulan merupakan makanan Cina yang paling tradisional dan keduanya dipadukan menjadi variasi kue bulan baru. Isinya terutama terdiri dari daun teh dan bahan lainnya seperti pasta lotus.

Dengan rasa daun teh yang segar, rasa kue bulan yang biasanya berminyak menjadi seimbang dengan baik. Jenis yang satu ini sangat populer di kalangan mereka yang tidak terlalu menyukai rasa manis.


4. Vegetable And Fruit

Kue bulan jenis ini diisi dengan sayuran dan buah-buahan segar. Rasanya lembut dan halus. Isinya bervariasi, biasanya madu, lengkeng, nanas, dan lainnya. Hal ini menjadikannya lebih sehat.


5. Seafood

Kue bulan mewah ini lebih mahal daripada jenis kue bulan lainnya. Seperti namanya, bagian dalamnya diisi dengan makanan laut seperti abalone, rumput laut, hingga sirip hiu. Rasanya segar dan asin.


6. Durian

Sama seperti buahnya, mooncake durian memiliki bau yang tajam. Namun, begitu dimakan, kamu akan menikmati rasa buah yang eksotis.



Apa saja bisa menjadi rasa kue bulan, tidak ada batasan. Kedepannya akan semakin banyak pilihan rasa kue bulan dan tentunya memberikan kita pilihan lezat untuk dimakan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel