Makanan Musim Panas Yang Populer Di Korea


Makanan musiman merupakan andalan budaya Korea. Baik itu hidangan dingin, gurih, atau hidangan penutup yang menyegarkan, semuanya tersedia saat musim panas di Korea.

Banyak orang Korea mencoba untuk mengatasi panas dan mengatasi kelelahan saat musim panas dengan makan hidangan dingin serta makanan hangat dan sehat yang dikenal karena kekuatan pemulihan mereka.

Di Korea, tetap sehat dan sejuk selama musim panas adalah soal apa yang kamu makan. Teruslah membaca untuk mengetahui makanan-makanan apa yang menjadi favorit selama musim panas di Korea.



Rekomendasi Masakan Musim Panas Korea Yang Lezat


1. Samgyetang (삼계탕)


menu korea Samgyetang
Ilustrasi Samgyetang flickr.com

Samgyetang dikenal luas karena khasiatnya yang memulihkan. Samgyetang (sup ayam ginseng) ini dikemas dengan bahan-bahan bergizi.

Hidangan ini disiapkan dengan mengambil ayam muda dan mengisinya dengan nasi, jujube, bawang putih, kacang, sayuran, jahe, ginseng, dan rempah-rempah lainnya, tergantung pada preferensi koki. Bahan-bahan tersebut kemudian direbus bersama dan disajikan dalam kaldu yang lezat.

Meskipun tampaknya berlawanan untuk memakan makanan panas dan berat seperti samgyetang, warga Korea menikmati hidangan gurih ini untuk mengimbangi efek keringat berat pada tubuh selama musim panas.


2. Naengmyeon (냉면)


menu korea naengmyeon
Ilustrasi Naengmyeon flickr.com

Naengmyeon secara harfiah diterjemahkan menjadi "mie dingin". Naengmyeon terbuat dari mie tipis dan panjang yang terbuat dari gandum dan sayuran seperti kentang dan ubi. Hidangan ini mungkin merupakan salah satu makanan musim panas yang paling populer di Korea.

Naengmyeon disajikan dengan kaldu, serta irisan mentimun, pir, dan lobak sering ditambahkan untuk menambah rasa dan crunchy. Kaldu dibuat dari kaldu sapi atau kaldu ayam. Ini merupakan hidangan hangat yang bergizi karena adanya tambahan sayuran dan protein dalam kaldu.


3. Dalkkalguksu (닭 칼국수)


menu korea Dalkkalguksu
Ilustrasi Dalkkalguksu pinterest.com/Maangchi

Dalkkalguksu adalah menu klasik Korea untuk sup mie ayam. Mirip dengan samgyetang, dalkkalguksu menghadirkan ayam yang telah dibumbui dengan sempurna dalam kaldu panas dan gurih dan disajikan dengan mie yang sedap.

Sebagian besar variasi dalkkalguksu menonjolkan zucchini dan bawang hijau yang ditambah dengan cuka. Meskipun dalkkalguksu bukan hidangan dingin, tetapi hidangan ini membantu meringankan efek negatif dari berkeringat dan kelelahan selama musim panas dan membuat tubuh kembali dalam kondisi prima.


4. Jangeogui (장어 구이)


menu korea Jangeogui
Ilustrasi Jangeogui flickr.com

Jangeogui atau belut bakar adalah camilan musim panas populer yang kaya akan vitamin dan mineral. Rasanya sangat lezat dan tidak dapat ditemukan di hidangan lain.

Teksturnya juga bagus, sedikit lebih keras daripada ikan, tetapi ketika dipanggang akan menjadi lunak di bagian dalam dan mengembangkan tekstur yang bagus di bagian luar.


5. Kimchimariguksu (김치말이 국수)


menu korea kimchimariguksu
Ilustrasi Kimchimariguksu yelp.com/Muk Eun Ji

Mungkin sudah kamu sadari, kimchi sangat populer di seluruh Korea dan di seluruh dunia. Sulit untuk menemukan menu tanpa hidangan yang menyajikan kimchi di Korea, karena fleksibilitasnya yang luar biasa dan profil rasanya yang kuat.

Maka, tidak mengherankan jika salah satu hidangan musim panas Korea yang paling populer kimchimariguksu. Hidangan ini menggabungkan mie dingin dan campuran es kaldu yang terbuat dari kimchi dan daging. Hasilnya adalah rasa lezat yang merupakan percampuran rasa asin kimchi dengan rasa daging yang kaya dan gurih.


6. Bingsu (빙수)


menu korea Patbingsu
Ilustrasi Patbingsu koreanbapsang.com

Bingsu merupakan salah satu hidangan penutup musim panas paling populer. Bingsu terbuat dari es serut yang biasanya diberi kacang merah, buah-buahan, potongan kue beras, susu manis, es krim, dan sirup buah.

Versi asli dari bingsu yaitu Patbingsu (팥빙수) masih dinikmati sampai sekarang. Patbingsu terdiri dari es serut yang atasnya diberi beri, kacang merah manis, dan es krim. Patbingsu ada di sebagian besar menu Korea, dan kamu akan melihat banyak variasi menarik yang menampilkan rasa berbeda seperti mangga, teh hijau, dan kopi, yang mulai naik popularitasnya dalam beberapa tahun terakhir.

Saat musim panas, Korea menjadi surga bagi pecinta bingsu karena sebagian besar kafe, toko roti, dan restoran cepat saji akan menjual berbagai jenis bingsu.



Referensi:
https://www.90daykorean.com/summer-korean-food/
https://english.visitkorea.or.kr/enu/ATR/SI_EN_3_6.jsp?cid=1058712


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel