Kecanggihan Toilet Elektronik Di Jepang

Toilet Elektronik Di Jepang
Ilustrasi Japanese High-Tech Toilet flickr.com/mayanais

Jepang selalu menjadi negara yang memikat dengan sejarah dan budayanya. Tapi, ada satu lagi yang tidak pernah membuat orang berhenti terkagum-kagum saat mengunjungi Jepang, yaitu toilet elektroniknya.

Toilet elektronik ini merupakan toilet canggih berteknologi tinggi yang menyediakan beragam fungsi yang luas guna memudahkan penggunanya.

Saat ini toilet elektronik sudah menjadi suatu hal yang lumrah di Jepang. Kamu bisa menemukan toilet elektronik ini di banyak tempat seperti bandara, mall, stasiun kereta, restoran, bahkan di rumah pribadi.

Mungkin sudah banyak diantara kalian yang pernah mendengarnya. Ada banyak sekali variasi dan fungsi toilet yang tersedia. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai fungsi dari toilet elektronik ini.


Kategori Toilet


Di Jepang, toilet diklasifikasikan menjadi 3 kategori, diantaranya

☆ Washiki Toire (toilet tradisional jepang)

Jenis toilet ini mengharuskan pengguna untuk berjongkok.

☆ Yoshiki Toire (toilet gaya barat)

Toilet ini merupakan jenis toilet duduk, termasuk didalamnya toilet elektronik. Ada banyak jenis variasi dan fitur yang tersedia.

☆ Takino Toire (toilet multifungsi)

Merupakan jenis toilet yang disediakan bagi penyandang disabilitas, ibu hamil, maupun lansia.

Sampai saat ini masih terdapat toilet tradisional di Jepang, walaupun kebanyakan telah digantikan dengan western toilet.


Berbagai Istilah Toilet

Di Jepang, ada banyak istilah untuk menggambarkan toilet. Berikut merupakan beberapa istilah yang paling umum digunakan.
  • Otearai
  • Senmenjo
  • Keshohitsu
  • Toire
  • Toilet
  • Lavatory
  • WC
  • Restroom
  • Kawaya


Toilet Elektronik Jepang

Toilet elektronik ini dikenal dengan sebutan "washlets". Toilet ini memiliki banyak sekali fitur sehingga menjadi suatu fenomena yang ramai dibicarakan secara internasional.

Toilet elektronik Jepang menjadi yang tercanggih di dunia dan semua ini tidak terlepas dari peran perusahaan TOTO. Meskipun awalnya terlihat membingungkan, namun toilet elektronik sebenarnya sangat mudah untuk digunakan.

Pengalaman pertama menggunakan toilet elektronik mungkin sangat mengejutkan, khususnya bagi yang tidak bisa berbahasa Jepang. Hanya dengan melihat panel toilet, dapat membuat kita kebingungan karena banyaknya tombol-tombol aneh.

Control panel toilet biasanya terletak di dinding atau di bagian lengan kursi toilet. Bentuknya pun bervariasi, namun fungsi dan tombol utama tetap.


Fitur-fitur khusus toilet elektronik yang umum digunakan

♢ Heated Seat

Tombol ini akan menjaga dudukan toilet tetap hangat ketika digunakan.

♢ Noise Maker

Untuk menjaga privasi, tersedia tombol suara atau noise maker. Ketika tombol ini ditekan, akan terdengar rekaman suara musik, suara air, atau suara acak lainnya.

♢ Front Cleanse (Bidet)

♢ Back Cleanse

Fitur back cleanse berupa semprotan air untuk membersihkan area bawah. Ada 2 standar tombol. Tersedia juga tombol stop untuk menghentikan semprotan.

♢ Water Pressure Adjustment

Ketika menggunakan bidet atau black cleanse, tekanan air dapat diatur sesuai keinginan. Biasanya tersedia pilihan high, medium, low, strong, weak.

♢ Water Temperature Adjustment

Beberapa toilet memiliki pilihan untuk menyesuaikan temperatur air yang digunakan.

♢ Air Dryer

Fitur ini berfungsi untuk mengeringkan setelah mengggunakan bidet atau posterior wash. Beberapa toilet memiliki pengaturan sehingga kita bisa menyesuaikan suhu udara pengeringan.

♢ Nozzle Cleaner

Beberapa toilet akan mensterilkan pipa semprot secara otomatis, namun ada juga toilet yang memiliki tombol sterilisasi. Karenanya kerbersihan toilet selalu terjaga.

♢ Power Deodorizer

Fitur power deodorizer akan mengurangi bau tidak sedap yang tertinggal di udara setelah menggunakan toilet.

♢ Flush

Untuk menyiram toilet, tersedia tombol standar atau touch free sensor. Biasanya terdapat tulisan big dan little yang menunjukkan intensitas siraman.

♢ Toilet Lid

Biasanya tersedia tombol untuk membuka tutup toilet, namun beberapa model akan otomatis membuka tutup toilet ketika sensor mendeteksi ada seseorang yang mendekat.


Pada dasarnya toilet elektronik diciptakan untuk meningkatkan kesehatan penggunanya. Orang Jepang sangat tergila-gila akan kebersihan. Mereka juga sangat menghargai kesopanan, privasi, dan orang tua. Dengan adanya toilet elektronik ini, akan sangat mempermudah bagi orang tua dan orang dengan keterbatasan fisik.

Toilet elektronik ini jelas memanjakan pengguna dengan segala kebutuhannya. Karenanya, kamu harus menggunakan toilet ini dan merasakan kenyamanan serta manfaatnya saat mengunjungi Jepang ^.^



Referensi:
https://thetruejapan.com/how-to-use-a-japanese-high-tech-toilet/
https://www.nippon.com/en/features/jg00034/japanese-high-tech-toilets.html



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel