Fakta Menarik Tentang Marshmallow

Fakta menarik marshmallow
Ilustrasi Marshmallows pixabay.com/pixel2013

Siapa yang tidak mengenal marshmallow, makanan yang satu ini kerap dijadikan sebagai toping dessert atau es krim. Dapat pula dimakan sebagai cemilan.

Marshmallow merupakan salah satu makanan favorit banyak orang. Selain rasanya yang manis, teksturnya juga lembut dan kenyal. Ada banyak sekali variasi marshmallow, dari bentuk, rasa, hingga cara menikmatinya.


Sejarah Marshmallow

Marshmallow awalnya terbuat dari getah tanaman mallow (Althea Officinalis) yang tumbuh liar di rawa.

Tanaman mallow bukan hanya digunakan untuk membuat marshmallow, tetapi juga digunakan oleh dokter untuk meredakan flu dan sakit tenggorokan. Di Arab, tanaman ini juga digunakan untuk pengobatan seperti obat batuk, sakit tenggorokan, dan sakit gigi.

Kemudian pada tahun 1800-an, seorang pembuat gula-gula asal Prancis mengkombinasikan getah tanaman mallow dengan putih telur dan gula. Campuran inilah yang kemudian kita kenal sebagai marshmallow.

Seiring dengan berjalannya waktu, pembuat permen mulai mencari cara baru untuk membuat marshmallow dan menemukan sistem starch mogul pada akhir 1800-an. Pada masa ini getah mallow digantikan dengan gelatin untuk menciptakan bentuk marshmallow yang lebih stabil.


Fakta Menarik Tentang Marshmallow

  • Marshmallow pertama kali muncul di Mesir pada tahun 2000 SM dan dianggap sebagai makanan mewah khusus bagi keluarga kerajaan. Pada masa itu, bangsa Mesir membuat marshmallow secara manual menggunakan tangan dengan mengekstraksi getah dari tanaman mallow dan mencampurnya dengan kacang dan madu.

  • Nama ilmiah dari tanaman mallow adalah Althea Officinalis dan merupakan tanaman berbunga pink. Rawa (marsh) merupakan tempat tanaman mallow berkembang biak. Hal inilah yang mendasari asal usul sebutan marshmallow.

  • Pada tahun 1984, Alex Doumak melakukan revolusi pada proses pembuatan marshmallow. Dia menciptakan dan mematenkan proses ekstrusi. Proses ini meliputi pemasukan bahan marshmallow ke dalam tabung. Setelah itu bahan dipotong menjadi ukuran yang sama besar kemudian dikemas.

  • Pada awal 1900-an marshmallow diperkenalkan di Amerika Serikat, setelah proses pembuatan baru ditemukan. Kemudian pada tahun 1950-an, marshmallow menjadi sangat populer di Amerika dan digunakan dalam berbagai resep masakan.

  • Orang Amerika merupakan pengkonsumsi marshmallow terbesar dengan tingkat pembelian lebih dari 90 juta pon setiap tahunnya.

  • Ada banyak sekali marshmallow yang terjual selama musim panas. Lebih dari 50% marshmallow yang terjual tersebut dikonsumsi dengan dipanggang di atas api. Marshmallow panggang sangat digemari karena tekstur luarnya yang garing sementara lengket dibagian dalam.

  • Marshmallow umumnya berwarna putih, tetapi ada juga warna lain yang diperoleh dari pewarna makanan.

  • Permen Paskah yang populer yaitu peeps sebenarnya merupakan marshmallow yang berbentuk seperti anak ayam dan diselubungi dengan gula berwarna warni. Cemilan Paskah yang satu ini sudah menjadi barang kebutuhan pokok Paskah dan merupakan ikon budaya.

  • Tanggal 30 agustus ditetapkan sebagai National Toasted Marshmallow Day.

  • Ligonier, Indiana merupakan Rumah bagi Festival Marshmallow Tahunan.


Marshmallow Saat Ini

Marshmallow moderen merupakan campuran dari gelatin dan putih telur yang dikocok sampai membentuk busa kemudian dicampurkan dengan gula atau sirup jagung atau perasa lainnya.

Sekarang ini marshmallow tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, warna, serta rasa. Marshmallow jumbo biasanya digunakan untuk membuat smores, sedangkan marshmallow mini biasanya digunakan dalam coklat panas, kue, atau manisan lainnya. Bahkan ada yang membekukan marshmallow dan menjadikannya sebagai toping pizza.

Marshmallow saat ini dapat ditemukan dalam berbagai variasi rasa seperti vanila, stroberi, bahkan peppermint. Marshmallow dapat juga dipotong menjadi berbagai bentuk seperti pohon natal, tongkat permen, sampai bentuk kelinci yang lucu.

Ada satu lagi versi marshmallow yaitu marshmallow fluff, yang merupakan isian sandwich yang menjadi favorit bagi anak-anak di Amerika. Biasanya dikombinasikan dengan peanut butter.



Referensi:
https://www.thespruceeats.com/what-are-marshmallows-1328631
https://mobile-cuisine.com/did-you-know/marshmallow-fun-facts/



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel