Aegyo: Cara Bersikap Imut Di Korea


Bahasa Korea tergolong cukup populer di kalangan anak muda sekarang. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh drama Korea dan budaya aegyo-nya. Ya, kalian bisa menggunakan aegyo untuk menambahkan sedikit kelucuan pada cara kalian berbicara bahasa Korea.

Ada diantara kalian yang mungkin bertanya-tanya apa arti kata aegyo dalam bahasa Korea. Tenang saja, semua itu akan dijelaskan pada artikel ini.


Apa Itu Aegyo (애교)?

Aegyo (애교) adalah cara untuk bertingkah imut yang populer dalam budaya Korea, terutama di kalangan Idols K Pop. Ini adalah saat seseorang bertindak dengan gaya yang lucu atau kekanak-kanakan, meskipun dia sendiri bukan anak kecil.

Tujuan dari aegyo adalah untuk bertindak menggemaskan, terutama untuk mendapatkan sesuatu yang diinginan. Aegyo dapat dilakukan melalui berbagai cara, misalnya melalui ekspresi wajah, cara berbicara, cara bertindak, berpakaian, mendekorasi kamar, dan sikap secara keseluruhan.


Pengucapan Aegyo (애교)

Kata 애교 - aegyo diucapkan mirip dengan "egg-yo". Namun, dalam pengucapannya harus terdengar lebih seperti "e-ggyo".


Mengapa Orang Menggunakan Aegyo (애교)?

Salah satu alasan orang menggunakan aegyo untuk bertingkah imut adalah untuk mencoba menggoda pria atau wanita yang mereka sukai. Aegyo juga bisa digunakan untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Disamping pelengkap budaya Korea moderen, aegyo merupakan cara yang bagus untuk menunjukkan kasih sayang kepada teman, keluarga, atau orang yang dicintai. Namun, tidak semua orang cocok untuk melakukan aegyo.

Jika kalian terkesan dengan aegyo yang dilakukan seseorang, maka kalian bisa mengatakan 귀여워요 - gwiyeowoyo yang berarti "imut" dalam bahasa Korea (bentuk kamusnya: 귀엽다 - gwiyeopda).


Siapa Saja Yang Menggunakan Aegyo?

Aegyo Korea pada umumnya dilakukan oleh wanita. Meski demikian, beberapa pria yang lebih feminin mungkin juga menggunakannya dari waktu ke waktu. Jika pria biasa menggunakan aegyo, mungkin akan terasa aneh.

Dewasa ini, kalian bisa melihat aegyo digunakan di banyak tempat di Korea. Bahkan, kalian bisa melihat banyak idola dan selebriti yang menggunakan aegyo. Namun sebenarnya, kebanyakan orang tidak menggunakan aegyo. Faktanya, cukup banyak orang yang benar-benar membenci aegyo.

Contoh aegyo yang lebih konyol dapat kita temukan di drama Korea atau di acara komedi. Ini bisa sangat berbeda dari cara orang menggunakannya dalam kehidupan nyata, karena drama Korea sendiri bukanlah penggambaran Korea yang akurat.


Ilustrasi aegyo BTS pinterest.com/mint_SUGAr

Bagaimana Cara Melakukan Aegyo?

Ada berbagai tingkatan aegyo. Beberapa bentuk aegyo digunakan oleh masyarakat umum dan bersifat ringan. Aegyo lainnya digunakan oleh selebriti dan idola K Pop, dan bisa sangat ekstrim. Berikut ini adalah beberapa level kelucuan dari aegyo.


Meregangkan vokal terakhir dari kata aegyo

Aegyo jenis ini bisa digunakan jika sebuah kata diakhiri dengan huruf vokal. Dalam hal ini, vokal akan direntangkan hingga terdengar lebih manis atau cengeng. Kata 오빠 - oppa (kakak laki-laki) adalah contoh yang baik dari aegyo semacam ini. Ini digunakan oleh perempuan untuk merujuk pada laki-laki yang sedikit lebih tua dari mereka.


Kata aegyo dengan tambahan "m - ㅁ" dan "ng -ㅇ"

Di Korea, jika kalian ingin mengekspresikan kelucuan dengan menggunakan aegyo dalam pesan teks, kalian punya beberapa pilihan. Salah satunya adalah dengan membumbui teks kalian dengan menambahkan konsonan ekstra dan simbol garis bergelombang di akhir setiap kata yang diakhiri dengan huruf vokal.

Pilihan lain yang juga sering digunakan orang adalah menambahkan huruf 'm' atau 'ng'. Berikut adalah beberapa contoh bagaimana aegyo dapat digunakan dengan konsonan:

  1. Mengubah 오빠 - oppa menjadi 오빵 - oppang.
  2. Mengganti 배고파 - baegopa (Saya lapar) menjadi 배 고팡 - baegopang.
  3. Mengganti 헬로 - halo menjadi 헬롱 - hellong.
  4. Mengubah 어디야? - eodiya? (kamu dimana?) menjadi 어디 얌? - eodiyam?

Huruf 요 yo di akhir banyak kalimat Korea juga sering ditulis sebagai 용 - yong, ketika orang menggunakan aegyo semacam ini. Contohnya: 뭐 해요 - mwohaeyo? (Apa yang sedang kamu lakukan?). Ini dapat diubah menjadi 뭐해 용 - mwohaeyong?

Mengirim pesan dengan cara ini tidak jarang. Beberapa orang juga melakukan aegyo selangkah lebih maju dengan menambahkan konsonan ekstra 자음 - jaeum ini saat berbicara.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel