Asal Usul Crepes, Hidangan Prancis Yang Lezat


Kata Crepe berasal dari kata latin Crispus yang artinya garing. Crepes adalah sejenis pancake yang dimasak dengan sangat tipis, sehingga renyah saat dimakan. Hidangan ini berasal dari Brittany, sebuah daerah di bagian utara Prancis.

Crepes telah dikonsumsi secara luas di Prancis, dan dianggap sebagai salah satu hidangan nasional. Crepes sering berisi sirup isian buah, beri-berian, buah-buahan segar, atau krim lemon. Lalu, bagaimana sebenarnya crepes tercipta?


Ilustrasi Strawberry Chocolate Crepes flickr.com

Asal Usul Crepes

Percaya atau tidak crepes tercipta secara tidak disengaja. Berasal dari bagian kecil wilayah di Prancis, tepatnya di Britanny, crepes memiliki sejarah yang menarik. Orang Prancis kemudian menyempurnakannya dan membuatnya menjadi sebuah seni, hingga menjadi hidangan nasional Prancis.

Membuat pancake dari beberapa jenis biji-bijian dapat ditinjau kembali ke masa kuno, dan ada pada setiap budaya. Sebelum ada pancake, biji-bijian direbus dalam air hingga membentuk bubur. Menurut legenda, seorang ibu rumah tangga di Brittany secara tidak sengaja menumpahkan adonan bubur tipis di atas kompor datar yang panas. Melalui kesalahan inilah muncul penemuan mengenai betapa enaknya pancake tipis yang renyah.

Meskipun ini adalah legenda urban di Prancis, mungkin ada benarnya juga, mengingat begitu banyak hidangan baru yang dibuat secara tidak sengaja.


Jenis Crepes

Crepes sangat populer di seluruh Prancis. Bahan yang umum digunakan dalam pembuatan crepes adalah tepung, telur, susu, mentega, dan sedikit garam. Crepes biasanya terdiri dari dua jenis, yaitu:

  • Crepes manis (crêpes sucrées). Ini dibuat dengan tepung terigu dan sedikit manis.
  • Crepes gurih (crêpes salées) dibuat dengan tepung soba dan tanpa pemanis.

Crepes manis disajikan dengan stroberi dan krim kocok. Merupakan praktik yang cukup umum untuk menggulung atau membungkus crepes dan kemudian menggorengnya sebentar atau memanggangnya.

Adonan crepes Prancis asli biasanya dibuat dengan tepung terigu putih saat disajikan sebagai crepes manis, dan dibuat dengan tepung soba saat disajikan sebagai crepes gurih. Adonan yang terbuat dari 100% tepung soba adalah bebas gluten. Ini sangat sesuai untuk orang yang memiliki alergi gluten atau mereka yang ingin menghindari gluten.

Dimungkinkan juga untuk membuat crepes tanpa telur dan tanpa susu. Ini umum yang dipraktikkan oleh binaragawan dan disebut "Crepes Binaragawan". Resepnya secara secara tradisional dibuat dengan bubuk protein whey, penyedap rasa, putih telur, dan bahan populer lainnya seperti keju, oat, dan selai kacang.

Crepes Binaragawan disiapkan dengan cara yang sama seperti crepes biasa, tapi terkadang bisa dimasak lebih cepat. Ada pula dessert crepes, misalnya crepes yang diisi olesan hazelnut atau diisi selai dan gula halus. Variasi lain dari crepes yang juga populer adalah Mille Crêpe. Ini merupakan kue Perancis yang terbuat dari banyak lapisan crepes. Kata "Mille" ("mil") disini berarti "seribu", yang menyiratkan banyaknya lapisan crêpes.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel