9 Tempat Suci Yang Indah Di Seluruh Dunia


Mungkin kalian tertarik dengan tempat-tempat spiritualitas di seluruh dunia, atau hanya sekedar ingin tahu saja. Berikut ini merupakan kumpulan tempat-tempat suci di seluruh dunia yang tidak diragukan keindahannya, dan pastinya patut untuk dikunjungi.



9 Tempat Suci Indah Di Seluruh Dunia


1. Yerusalem

Yerusalem adalah salah satu kota tertua di bumi. Tempat ini sangat penting secara spiritual bagi tiga agama terbesar di dunia, yakni Yahudi, Kristen, dan Islam.

Menurut Perjanjian Lama, Raja Daud menciptakan Yerusalem sebagai ibu kota Kerajaan Israel dan putranya Raja Salomo menugaskan bait suci pertama. Perjanjian Baru menjadikan kota tempat penyaliban Yesus, dan menurut Al-Qur'an, Muhammad melakukan perjalanan malam ke Yerusalem di mana ia naik ke surga dan berbicara kepada Allah.


2. Kuil Mahabodhi, India


kuil mahabodi, india
Ilustrasi flickr.com

Kuil asli Mahabodhi di Bodh Gaya, Bihar selesai dibangun pada abad ke-7 untuk memperingati situs Pangeran Siddhartha Gautama mencapai 'pencerahan tertinggi' dan saat ia menjadi Buddha. Ini adalah tempat ziarah paling suci bagi umat Buddha di dunia.


3. Lourdes, Prancis

Lourdes adalah kota pasar kecil di wilayah Midi-Pyrenees, Prancis barat daya. Ini mendapatkan ketenaran di kalangan umat Katolik pada tahun 1858 ketika Perawan Maria diyakini telah muncul 18 kali kepada seorang gadis lokal berusia 14 tahun, Bernadette Soubirous. Sejak itu Lourdes telah menjadi tempat ziarah, dengan lebih dari 200 juta pengunjung sejak 1860. Banyak dari mereka berharap untuk disembuhkan dengan mata air dari gua.


4. Kuil Kashi Vishwanath, India


Kuil Kashi Vishwanath, India
Ilustrasi IndiaDivine.org

Terletak di tepi barat sungai suci Gangga, Kashi Vishwanath adalah salah satu kuil Hindu paling terkenal. Ini adalah Kuil Jyotirlinga, yang didedikasikan untuk Dewa Shiva, yang diyakini telah muncul di sini sebagai kolom cahaya yang berapi-api. Orang-orang Hindu diharapkan melakukan ziarah di sini setidaknya sekali seumur hidup mereka.


5. Mekah, Arab Saudi


makkah, saudi arabia
Ilustrasi flickr.com

Sebagai tempat kelahiran Nabi Muhammad dan agama yang didirikannya, Mekah adalah pusat dunia Islam. Terletak di Pegunungan Sirat di Arab Saudi dan 45 mil ke daratan dari pantai, Mekah adalah sebuah oasis di wilayah suci yang dikenal sebagai Hijaz atau Hejaz.

Ka'bah ada di sini, sebuah bangunan berbentuk kubus di dalam masjid paling suci Al-Masjid al-Haram, yang diharapkan akan dihadapi oleh semua Muslim saat sholat. Non-Muslim tidak diizinkan memasuki kota.


6. Gunung Sinai, Mesir

Ini juga merupakan tempat yang sangat penting bagi kepercayaan Yahudi, Kristen dan Islam. Gunung Sinai atau Gunung Horeb di Mesir dianggap oleh banyak orang sebagai tempat Musa menerima Sepuluh Perintah dari Tuhan. Para orang suci, nabi, peziarah, dan turis telah bepergian ke sini selama ribuan tahun.


7. Pagoda Shwedagon, Myanmar


Pagoda Shwedagon, Myanmar
Ilustrasi flickr.com

Berada pada ketinggian 100 meter di atas kota Rangoon, Pagoda Shwedagon Myanmar, menurut banyak wisatawan, adalah salah satu keajaiban dunia yang hebat. Pagoda ini terkenal karena menyimpan relik atau peninggalan empat Buddha. Pengunjung yang cerdas akan mengunjungi pada malam hari untuk menikmati nyanyian umat beriman, dupa wafting, dan stupa emas besar yang bersinar di lampu sorot.


8. Basilika San Vitale, Italia


Basilika San Vitale, Italia
Ilustrasi flickr.com

Basilika San Vitale di Ravenna, Italia adalah salah satu gereja terpenting dalam Kekristenan mula-mula. Merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, dan pengalaman yang luar biasa bagi pecinta seni dan arsitektur. Mosaik berwarna-warni yang menghipnotis adalah beberapa dari sedikit di dunia yang tersisa dari zaman Kaisar Justinian I.


9. Adam's Peak, Sri Lanka

Di atas puncak piramidal, di tengah-tengah negara teh, duduk sebongkah batu atau dikenal sebagai "sri pada" atau "sacred footprint". Para penyembah berbagai agama melakukan pendakian yang keras untuk menyembah di tumit suci ini. Tergantung pada keyakinan, mungkin merupakan tanda dari Buddha, Shiva, Adam atau Santo Thomas. Jalur peziarah mengarah ke gunung setinggi 2.244 m melalui perkebunan teh, tempat pemujaan, anak tangga yang curam, dan hutan yang dipenuhi margasatwa.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel