13 Ide Souvenir Dari Jepang Yang Bisa Kamu Bawa Pulang


Bingung oleh-oleh apa yang bisa kalian berikan untuk teman atau keluarga saat mengunjungi Jepang? Tentunya mencari souvenir-souvenir yang bermakna dari petualangan kalian di luar negeri akan membantu memicu kenangan indah tentang perjalanan tersebut setiap kali kalian melihatnya kembali.

Ada banyak barang-barang otentik dan kerajinan tangan yang cukup terjangkau yang bisa kalian beli. Beberapa bahkan memiliki makna tertentu, seperti membantu mendukung pekerjaan atau bisnis. Berikut ini adalah ide-ide untuk souvenir Jepang yang lucu, otentik, bahkan unik.



13 Ide Souvenir Dari Jepang


1. Makanan Ringan


KitKats rasa wasabi
Ilustrasi KitKats Wasabi flickr.com

Kit-Kats Jepang adalah souvenir Jepang yang unik, karena kombinasi citarasanya yang gila. Mulai dari matcha (teh hijau), sakura, sake, wasabi, hingga miso bisa kalian temui. Kalian pasti akan menemukan rasa yang membuat kalian cukup penasaran ingin mencobanya.

Selain itu, ada juga Tokyo Banana, Tokyo Honey Sugar Butter Cookies, Edo Musubisen dan ratusan makanan ringan lainnya di Jepang yang juga dapat dijadikan oleh-oleh.


2. Ramen Instan


ramen instan jepang
Ilustrasi flickr.com

Karena Jepang adalah negara mie instan, kalian bisa membeli ramen sebagai oleh-oleh. Terkadang kalian bahkan bisa mendapatkan cangkir atau paket hadiah di supermarket dengan harga di bawah 100 yen.


3. Teh

Teh bisa menjadi salah satu souvenir terbaik dari Jepang. Siapa yang tidak suka teh? Bahkan orang yang tidak suka teh berpura-pura menyukai teh Jepang, karena itu adalah budaya.


4. Furikake


japanese nori furikake
Ilustrasi Nori Komi Furikake flickr.com

Jika teman-teman kalian suka dengan nasi, belikan mereka beberapa paket furikake. Itu adalah bumbu yang dapat ditaburkan di atas nasi. Kalian bisa mendapatkan rumput laut, prem kering, dan rasa lain yang mungkin tidak akan mereka temukan di rumah. Ini adalah salah satu opsi hadiah termurah.


5. Sumpit

Sumpit menjadi souvenir favorit, karena sumpit kebanyakan dihiasi dengan pemandangan khas Jepang seperti Gunung Fuji. Selain itu, sumpit praktis ditemukan di mana-mana. Kalian dapat membelinya di toko 100 yen, atau memilih varietas yang lebih menarik di toko-toko spesialis souvenir.


6. Kipas Lipat


sensu motif sakura
Ilustrasi Sakura Sensu flickr.com

Kipas lipat atau "sensu" sangat berguna saat musim panas di Jepang. Asal-usul mereka dapat ditelusuri kembali ke awal abad ke-6, dan juga digunakan dalam upacara minum teh dan tarian tradisional Jepang seperti Kabuki.

Kipas lipat adalah souvenir yang sangat berarti dari Jepang dan biasanya terbuat dari bambu atau cemara Jepang yang kemudian dihubungkan dengan kertas washi. Kipas sutra dianggap yang paling berharga.

Tahukah kalian, sensu dikatakan menyerupai kehidupan? Potongan kayu dimulai pada satu titik awal, yang bisa dikatakan adalah kelahiran, dan perlahan-lahan bercabang di sepanjang berbagai jalur sepanjang perjalanan kehidupan.

Kemakmuran juga terkait erat dengan kipas ini, karena lipatan mereka dapat disamakan dengan bunga mekar atau kekayaan yang tumbuh. Jika kalian berpikir untuk membeli sensu untuk seseorang yang spesial, pertimbangkan simbolisme berikut:
  • Bunga Sakura melambangkan cinta orangtua.
  • Bunga Prem mewakili awal yang baru.
  • Sepasang burung mewakili pasangan yang penuh kasih.
  • Derek dan Kura-kura mewakili umur panjang.
  • Ikan Koi mewakili umur panjang dan keberuntungan.
  • Bambu dan Pinus mewakili kesabaran.
  • Singa mewakili kekuatan.
  • Dua Kupu-kupu mewakili pernikahan yang bahagia.


7. Keramik

Tahukah kalian, Jepang adalah rumah bagi beberapa tradisi keramik tertua di dunia. Ada bukti yang menunjukkan tembikar dan keramik Jepang (tōgei 陶 芸) diciptakan pada awal 10.000 SM selama periode Jōmon.

Selama berabad-abad orang Jepang telah berhasil menguasai bentuk seni ini, yang meliputi barang tembikar, periuk, dan barang porselen. Kualitas dan perhatian terhadap detail berada di level yang tinggi. Set sake, mangkuk, piring, cangkir, teko, dan sejenisnya adalah souvenir untuk keperluan rumah tangga yang populer untuk dibeli di Jepang.


8. Maneki Neko

Kalian mungkin pernah melihat Maneki Neko saat memasuki toko atau restoran Asia. Pernahkah kalian bertanya-tanya apa arti kucing kecil yang lucu ini. Kucing keberuntungan ini memiliki latar belakang yang menarik dan alasan mengapa mereka sangat populer. Baca disini untuk penjelasan lebih lanjut.


9. Boneka Daruma


boneka daruma jepang
Ilustrasi flickr.com

Dalam budaya Jepang, bentuk bulat boneka daruma dikaitkan dengan frasa "jatuh tujuh kali, delapan kali bangkit", yang melambangkan memiliki semangat juang untuk mengatasi kesulitan dan kemalangan.

Jika dilihat lebih dekat, kalian akan melihat beberapa alis Daruma sebenarnya adalah crane yang saling berhadapan dan janggutnya terdiri dari bentuk kura-kura, keduanya merupakan simbol umur panjang di Jepang.

Boneka Daruma menjadi cinderamata Jepang yang bagus karena mewakili kegigihan dan keberuntungan.


10. Alat Tulis Jepang

Jepang secara harfiah adalah surga bagi pecandu alat tulis. Dari berbagai macam kertas washi, stiker, buku catatan, dan sejenisnya. Alat tulis Jepang sering menduduki peringkat teratas dalam daftar "terbaik", karena kualitasnya berstandar sangat tinggi.


11. Omamori


japanese omamori
Ilustrasi flickr.com

Omamori adalah sejenis jimat berukuran saku dan sangat populer baik untuk penduduk lokal maupun turis. Dengan asal-usul dari Shintoisme dan Buddhisme, tujuan mereka adalah mengusir roh-roh jahat dengan lonceng yang terpasang dan menjaga pemiliknya dari kemalangan.

Saat ini ada omamori untuk hampir semua yang jenis, dari yang lebih tradisional seperti kemakmuran dan kebahagiaan, hingga variasi yang lebih modern, seperti untuk berkendara dengan aman. Omamori juga bisa berbentuk tas sutra kecil dengan doa di dalamnya. Kalian dapat menemukan omamori di berbagai kuil dan pusat perbelanjaan di seluruh Jepang.


12. Facepack Keren


face mask japanese
Ilustrasi flickr.com

Souvenir yang satu ini cukup unik. Kalian dapat menemukan paket wajah dalam berbagai bentuk dan gaya, mulai dari kabuki, gambar karakter seperti hello kitty, rilakkuma, sampai binatang-binatang lucu.


13. Kimono

Kimono dan yukata adalah hadiah besar yang agak luar biasa. Jika ingin membeli dengan harga terjangkau, kalian dapat mengambil barang bekas berkualitas baik, tentunya jika kalian tahu di mana mencarinya.



Referensi:
https://www.theinvisibletourist.com/souvenirs-from-japan-what-to-buy/
https://tokyocheapo.com/shopping-2/cheap-japanese-souvenir-ideas/




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel